alexametrics

Mengenal KAP Big Four, Perusahaan Impian Anak-anak Akuntansi

hestika
Mengenal KAP Big Four, Perusahaan Impian Anak-anak Akuntansi
Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Alex K)

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan besar? Tidak hanya start up saja yang menjadi perusahaan idaman para kaum muda. Namun, beberapa perusahaan besar ini juga menjadi incaran para kaum muda.

Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar mengenai KAP Big Four. Untuk anak ekonomi khususnya akuntansi, tentunya keempat perusahaan ini sudah tidak asing lagi untuk di dengar.

KAP Big Four

Big Four merupakan empat KAP (Kantor Akuntan Publik) terbesar yang memberikan konsultasi pajak dan berbagai layanan manajemen lainnya. Di mana keempat perusahaan tersebut yaitu, Deloitte Touche Tohmatsu, PwC (PricewaterhouseCoopers), EY (Ernst & Young), dan KPMG.

Disebut sebagai KAP Big Four karena keempat firma tersebut memiliki nilai aset yang besar dan jaringan yang luas. Keempat firma tersebut sering melayani perusahaan Global Fortune 500.

Sebelum menjadi Big Four, sekitar tahun 1980-an, terdapat 8 firma besar. Namun, karena terdapat beberapa masalah sehingga terjadilah merger perusahaan yang menyisakan 4 firma besar atau yang saat ini disebut sebagai Big Four. Kecuali KPMG yang berpusat di Belanda, ketiga firma lainnya berpusat di Britania Raya.

Deloitte

Deloitte (Unsplash/Dan Visan)
Deloitte (Unsplash/Dan Visan)

Layanan yang diberikan Deloitte yaitu jasa audit dan asuransi, konsultasi, laporan keuangan, hukum, laporan resiko, serta pajak. Deloitter memiliki pegawai yang mencapai lebih dari 312.000 orang dan kantor yang tersebar di 150 negara. Di Indonesia sendiri, terdapat dua kantor Deloitte yang berada di Jakarta dan Surabaya.

Dari review yang diberikan oleh pegawai yang masih ataupun sudah berhenti bekerja di Deloitte, melalui website Job-Like diketahui bahwa rating yang diberikan untuk :

Gaji & Benefit = 3,1 / 5

Work/Life Balance = 2,2 / 5

Senior Manajemen = 3,8 / 5

Nilai & Budaya = 3,4 / 5

Jenjang Karir = 3,2 / 5

Dengan gaji yang akan diterima oleh pegawai Deloitte Indonesia beragam mulai dari 8,2-49,1 juta per bulan untuk bidang manajemen, 24-41,9 juta per bulan untuk bidang pelayan, dan beragam lainnya tergantung dari bidang dan tingginya jabatan.

EY (Ernst & Young)

EY telah melayani 84% perusahaan Fortune Global 500 and 73% perusahaan Forbes Global 2000. EY bekerja sama dengan 200.000 klien dengan memberikan layanan konsultasi, asuransi, pajak, strategi dan transaksi. EY juga berkolaborasi untuk menciptakan layanan perintis, yang didukung oleh berbagai teknologi seperti  AI, blockchain, Internet of Things, dan cybersecurity.

Dari review yang diberikan oleh pegawai yang masih ataupun berhenti bekerja di EY, melalui website Job-Like diketahui bahwa rating yang diberikan untuk :

Gaji & Benefit = 3,4 / 5

Work/Life Balance = 2,8 / 5

Senior Manajemen = 3,4 / 5

Nilai & Budaya = 3,6 / 5

Jenjang Karir = 3,8 / 5

Dengan gaji yang akan diterima oleh pegawai EY beragam mulai dari 3-78,4 juta per bulan untuk eksekutif, 48-50,2 juta per bulan untuk bidang pelayanan, dan beragam lainnya tergantung dari bidang dan tingginya jabatan.

PwC (PricewaterhouseCoopers)

PwC (Unsplash/Alex Rainer)
PwC (Unsplash/Alex Rainer)

Disadur dari lamannya, PwC tersebar di 155 negara dengan lebih dari 284.000 pegawai. PwC memberikan layanan asuransi, pajak, dan advisory. PwC telah memberikan layanan kepada 84% perusahaan Global Fortune 500 dan lebih dari 100.000 bisnis wirausaha dan swasta. Sampai 30 Juni 2020, PwC mendapatkan pendapatan kotor sebesar US$43 miliar.

Dari review yang diberikan oleh pegawai yang masih ataupun berhenti bekerja di PwC, melalui website Job-Like diketahui bahwa rating yang diberikan untuk :

Gaji & Benefit = 3,4 / 5

Work/Life Balance = 2,8 / 5

Senior Manajemen = 3,4 / 5

Nilai & Budaya = 3,6 / 5

Jenjang Karir = 3,8 / 5

Gaji yang akan diterima oleh pegawai PwC beragam mulai dari 4-70 juta per bulan untuk bidang manajemen, 27-30 juta per bulan untuk tax manager akuntansi, dan beragam lainnya tergantung dari bidang dan tingginya jabatan.

KPMG (Klynveld Peat Marwick Goerdeler)

KPMG merupakan hasil merge dari Klynveld Main Goerdeler (KMG) and Peat Marwick pada tahun 1987. KPMG memberikan layanan asuransi dan audit, pajak, konsultasi di semua industri. KPMG beroperasi di 146 negara dengan total 227.000 pegawai.

Dikarenakan hanya terdapat 1 review untuk KPMG di website Job-Like, maka rating tidak dimasukkan. Sedangkan untuk gaji yang akan diterima oleh pegawai KPMG melalui laman Job-Like beragam, mulai dari 5-7 juta per bulan untuk bidang akuntansi, 2-3 juta per bulan bagi internship di bidang Teknologi Informatika, dan beragam lainnya tergantung dari bidang dan tingginya jabatan.

Jurusan yang Dibutuhkan

Tenang saja, untuk bekerja di Big Four tidak hanya diperuntukkan bagi mereka dari lulusan akuntansi melainkan jurusan lainnya pun ada.

  1. Jurusan Computational Science
  2. Jurusan Keuangan
  3. Jurusan Bisnis & Manajemen
  4. Jurusan Matematika
  5. Jurusan Ilmu Aktuaria
  6. Jurusan Perpajakan
  7. Jurusan Ekonomi, dll.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa langsung cek di laman masing-masing perusahaan.

Dengan budaya perusahaan, fasilitas, gaji yang berbeda-beda tentunya masing-masing perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Jadi, tergantung kalian mau menilai bagaimana dan memutuskan ingin bekerja dimana.

Lalu bagaimana apakah kalian berkeinginan untuk bekerja di sana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak