alexametrics

Jelang Olimpiade, Ini Head to Head Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon dengan Lawannya

Nabila Prajna
Jelang Olimpiade, Ini Head to Head Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon dengan Lawannya
Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melalui babak pertama All England 2021 dengan menyingkirkan wakil tuan rumah Matthew Clare/Ethan Van Leeuwen dengan rubber game 21-12, 19-21, 21-9 di Utilita Arena Birmingham, Rabu. (dokumentasi PP PBSI)

Ditargetkan membawa pulang emas bagi Indonesia, sektor ganda putra memang sektor yang cukup menjanjikan bagi badminton Indonesia. Kevin Sanjaya - Marcus Gideon menjadi salah satu tumpuan ganda putra Indonesia, dengan prestasi yang telah mereka ukir sepanjang kariernya.

Namun, perjalan pertama di Olimpiade Tokyo 2020 sudah mendapat batu krikil. Kevin-Marcus dianggap kurang beruntung dalam undian grup karena mereka berada di grup "neraka" yang diisi oleh para raksasa ganda putra dunia.

Urutan kedua pada grup A diisi oleh wakil dari Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin yang berada pada ranking tiga dunia. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon vs Lee Yang/Wang Chi-lin sudah bertemu sebanyak 3 kali. Di antaranya dua kali bertemu pada tahun 2019 di ajang Malaysia Open dan Sudirman Cup grup 1. Pada laga Malaysia Open 2019, pertandingan dimenangkan oleh pasangan Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon dengan dua gim, 21-13, dan 21-12.

Selang satu bulan, mereka kembali bertemu pada Sudirman Cup. Pertandingan ini juga dimenangkan oleh Kevin/Marcus dengan skor 21-17 dan 21-17. Pertemuan terakhir mereka di ajang All England Open 2021. Walaupun saat itu tim Indonesia tidak diizinkan main, namun Kevin/Marcus berhasil memetik kemenangannya atas Lee Yang/Wang Chi-Lin melalui straight game langsung 21-18 dan 21-13.

Melihat head to head melawan Lee Yang/Wang Chi-Lin, pasangan Kevin/Marcus memang berada di atas angin dengan menang 3-0. Namun, pasangan dari Taipei ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab selain memiliki tenaga bagaikan kuda, tahun 2020 mereka berhasil menjuarai BWF World Tour Finals. Dengan begitu, pasangan ini menjadi lawan pertama yang harus diwaspadai oleh Minions.

Di bawah Lee Yang dan Wang Chi-Lin, diisi oleh pemain Eropa dari Inggris yaitu Ben Lane/Sean Vendy. Berada di ranking 18 dunia, namun Ben Lane/Sean Vendy belum sekalipun bertemu dengan Kevin/Marcus. Di akhir pertandingannya, Ben Lane/Sean Vendy berhasil menjadi juara pada European Championships yang diselenggarakan di Kyiv, Ukraina. Dengan hasil yang cukup memuaskan, pasangan ini bisa menjadi kambing hitam pada grup A.

Posisi terakhir diisi oleh pasangan muda dari India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Setty. Rankireddy/Chira Setty saat ini berada pada ranking 10 dunia, mereka juga pasangan yang sering bertemu dengan minions dibanding dua lawannya. Dari delapan pertandingan, Minions melahap abis 8-0. Namun, pertandingan terakhir terjadi pada tahun 2019, pada laga China Open. Pertandingan terakhir mereka dapat dikatakan cukup lama, sehingga Minions harus mempersiapkan diri bertemu dengan pasangan muda asal India ini.

Itulah head to head Minons dengan tiga lawannya yang akan dihadapi di grup A. Jika dilihat dari head to head, Minions berada diatas awan. Namun, bisakah Minions berjalan dengan mulus pada fase grup A?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak