alexametrics

3 Pemain Bulu Tangkis yang Punya Medali Lengkap Olimpiade

Nabila Prajna
3 Pemain Bulu Tangkis yang Punya Medali Lengkap Olimpiade
Chen Long saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020 (Reuters / Leonhard Foeger)

Olimpiade dilakukan empat tahun sekali. Atlet yang bisa ikut secara terus-meneruslah harus bisa mempertahankan performanya. Berikut para pemain bulutangkis yang berhasil koleksi 3 medali Olimpiade:

1. Gil Young Ah

Pemain asal Korea ini menjadi pemain pertama yang berhasil mengumpulkan tiga tipe medali Olimpiade. Gil bermain di nomer ganda putri bersama Shim Eun-Jung dan ganda campuran bersama King Dong Moon. Di awal kariernya bersama Shim Eun-Jung, Gil berhasil mendapatnya perunggu di Olimpiade Barcelona 1992.

Pada Olimpiade selanjutnya, ia menguprage medalinya menjadi perak di Olimpiade Atlanta 1996. Turun pada dua nomer, Gil pun berhasil sabet emas Olimpiade Atlanta 1996 bersama Kim Doong-Moon. Dengan begitu, Gil Young Ah berhasil mengoleksi 3 medali secara berbeda dari dua sektor.

Berikut torehan medalinya:

  • 1992 Barcelona (WD) - Perunggu
  • 1996 Atlanta (WD) - Perak
  • 1996 Atlanta (XD) - Emas

2. Gao Ling

Gao Ling adalah pemain ganda asal China pertama yang berhasil merebut tiga jenis medali Olimpiade. Tampil pada dua sektor, membuat Gao Ling menjadi superior.

Pada sektor ganda campuran, ia dipasangkan dengan Zhang Jun. Gao Ling/Zhang Jun berhasil merebut emas Olimpiade Sydney 2000 setelah menumbangkan pasangan Indonesia, Minarti Timur/Tri Kusharjanto.

Masih di Olimpiade Sydney 2000, Gao Ling dengan berbeda pasangan pun berhasil meraih medali perunggu di ganda putri bersama Qin Yijuan.

Kembali ikut di Olimpiade selanjutnya, Gao Ling kembali turun di dua sektor. Pada Olimpiade Athena 2004, Gao Ling tampil lebih superior, sehingga medali yang ia dapat lebih baik dari Olimpiade lalu.

Kembali dipasangkan bersama Zhang Jun, Gao kembali menorehkan emas di nomor ganda campuran pada Olimpiade Athena 2004.

Berbeda dengan Olimpiade sebelumnya, pada sektor ganda putri di Olimpiade Athena 2004, Gao harus berganti partner. Namun siapa sangka, bahwa dengan bergantinya partner, Gao malah sukses mengupgrade medali ganda putrinya. Berpasangan dengan Huang Sui, Gao berhasil torehkan perak di Athena 2004.

Berikut torehan medalinya:

  • 2000 Sydney (WD) - Perunggu
  • 2004 Athena (WD) - Perak
  • 2000 Sydney (XD) - Emas
  • 2004 Athena (XD) - Emas

3. Chen Long

Hidup dibayang-bayang Lin Dan, namun Chen Long berhasil membuktikan pada masyarakat. Chen Long adalah pemain kedua China yang berhasil merebut tiga jenis medali Olimpiade setelah Gao.

Pada Olimpiade London 2012, Chen Long harus bertemu dengan pemain Korea Lee Hyun-il untuk memperebutkan medali perunggu. Tampil dengan baik, Chen Long berhasil rebut medali pertamanya di Olimpiade. Chen Long mengalahkan Lee dengan skor 21-12, 15-21, dan 21-15.

Masih ikut di Olimpiade selanjutnya, Chen Long berhasil menganti medalinya dengan lebih baik. Menumbangkan pemain Malaysia, Lee Chong Wei, Chen Long berhasil rebut emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Setelah berhasil menumbangkan Ginting, Chen Long berhasil melaju ke final Olimpiade kedua kalinya. Pada final Olimpiade Tokyo 2020 ia dihadapkan oleh pemain Denmark, Viktor Axelsen. Namun sayang ia harus menyerah dengan 15-21 dan 12-21.

Berikut perolehan medalinya
2012 London (MS) - Perunggu
2020 Tokyo (MS) - Perak
2016 Rio de Janeiro (MS) - Emas

Itulah tiga pemain bulutangkis yang berhasil koleksi tiga jenis medali yang berbeda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak