alexametrics

5 Fakta Menarik Valentino Rossi yang Tidak Banyak Diketahui

ahmaddahri
5 Fakta Menarik Valentino Rossi yang Tidak Banyak Diketahui
Dalam file foto ini diambil pada 11 September 2016 Pembalap Movistar Yamaha MotoGP Italia Valentino Rossi merayakan tempat kedua dalam balapan Grand Prix Moto GP San Marino di Sirkuit Marco Simoncelli di Misano. [AFP Photo]

Pebalab Valentino Rossi resmi pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini. Dalam sebuah konferensi pers, (Kamis 5/8/2021), 'The Doctors' akhirnya gantung helm di usia yang menginjak 42 Tahun.

Pemilik 9 gelar kemenangan di MotoGP itu ternyata memiliki beberapa fakta yang tidak banyak orang tahu. Berikut adalah 5 fakta tentang Valentino Rossi, dari surat cinta kepada motornya, sampai rival terberatnya

1. Lonceng Gereja Tavullia yang Dibunyikan Saat Valentino Rossi Menang

Di kampung halamannya, Avullia, ada sebuah gereja yang membunyikan loncengnya setiap kali Valentino Rossi menjuarai balapan. Bel itu akan terus dibunyikan selama satu jam, tanpa peduli waktu pagi, siang, atau malam sekalipun.

2. Rossi adalah seorang Bisnisman

Selepas dari pensiun di ajang balap MotoGP, agaknya Rossi akan memulai bisnisnya yang tidak jauh-jauh dari arena balap. Ia dikabarkan juga memiliki team MotoGP sendiri. Bahkan ada akademi balap APAREL yang ia kelola. Pembalap-pembalap muda binaannya juga menunjukkan kehebatannya di ajang balap setiap kelas.

Dalam file foto ini diambil pada 31 Mei 2019 Valentino Rossi dari Italia melambai di tribun selama sesi latihan bebas kedua untuk Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello di Scarperia e San Piero.
Dalam file foto ini diambil pada 31 Mei 2019 Valentino Rossi dari Italia melambai di tribun selama sesi latihan bebas kedua untuk Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello di Scarperia e San Piero.

3. Surat Cinta Kepada Motornya

Valentino Rossi begitu jatuh hati dengan motor M1 Yamaha. Saat meninggalkan tim itu menuju Ducati pada 2010, Valentino Rossi pernah menulis surat cinta perpisahan.

Begini potongan isi surat cinta tersebut: "Kenangan akan terus bertahan dan tak akan ada yang bisa merenggutnya dari kita. Seperti di GP Welcome 2004, saat kita pertama berciuman di atas rumput tak jauh dari lintasan. Kamu melihat tepat ke mataku, dan berucap dengan pelan I Love' You".

4. Pernah menjajal Mobil F1

Sudah berulang kali Valentino Rossi mencoba mengendarai mobil F1. Sejak tahun 2004, dia sudah empat kali berada di balik kokpit F1. Kedekatannya dengan dunia kecepatan dan Ferrari khususnya membuat warganet mengira bahwa ia akan pindah balap di arena F1.

5. Max Biaggi, Tinju, dan Rival terberat

Di samping Marquets dan Lorenzo, Max Biaggi adalah salah satu rival berat Valentino Rossi. Bahkan Rossi sempat memukul Biaggi tepat di wajahnya.

Setelah GP Barcelona di 2001, di mana Rossi jadi juara di depan Biaggi dengan selisih waktu 2,5 detik, keduanya terlibat perkelahian. Rossi memukul wajah Biaggi hingga meninggalkan luka.

Itulah 5 Fakta menarik dari Valentino Rossi. Smoga usai pensiun ini, Valentino Rossi memberikan yang terbaik khususnya kepada para fansnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak