facebook

Dahsyat! Atlet Renang Amerika Serikat Boyong 5 Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Pekik
Dahsyat! Atlet Renang Amerika Serikat Boyong 5 Emas di Olimpiade Tokyo 2020
Perenang Amerika Serikat, Caeleb Dressel tampil di Olimpiade Tokyo. [Oli SCARFF / AFP]

Sejarah baru bermunculan di ajang olahraga Olimpiade Tokyo 2020. Tak terkecuali atlet renang asal Amerika Serikat (AS), Caeleb Dressel, yang berhasil meraih lima medali emas dari berbagai nomor pada cabang olahraga renang. Dalam satu periode Olimpiade, baru pertama kali ada atlet yang mampu menyabet 5 medali emas sekaligus.

Sebenarnya ada atlet lain yang juga memecah rekor di Olimpiade Tokyo 2020 pada cabang olahraga renang di berbagai nomor. Dia adalah Emma Mckoen yang mewakili negara Australia yang mampu menyabet 7 medali. Hanya, ketiga medalinya berupa perunggu dan sisanya empat medali emas. Medali yang diraih Emma adalah terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade.

1. Tiga rekor dunia yang lain juga dipecahkan Caeleb Dressel

Sumbangan medali emas pertama Dressel adalah lomba balap renang di nomor 100 meter. Dia juga berhasil memecahkan rekor dunia, yakni kecepatan dalam berenang dengan waktu 49,45 detik. Selisih lebih unggul sebesar 0,05 detik dari rekor pendahulunya.

Selain mendapatkan emas pada nomor 50 meter gaya bebas, Dressel mampu mencatatkan lomba di nomor 50 meter selama 21,07 detik. Pemegang rekor tercepat pada nomor ini sebelumnya adalah 21,30 detik.

Tidak hanya itu, ternyata atlet renang yang lahir di Florida AS ini kembali berhasil menjadi juara pertama di cabang renang nomor 4x100 meter estafet gaya ganti putra. Sekaligus dengan ketiga rekannya mampu mencatat rekor tercepat selama 26,78 detik. Dua medali emas lainnya dihasilkan dari nomor 100 meter gaya bebas dan nomor 4x100 meter estafet gaya bebas.

2. Emma Mckeon pemecah rekor dunia yang mendapatkan medali terbanyak di Olimpiade Tokyo

Tak kalah berprestasinya dengan Dressel, seorang atlet renang putri dari Australia mampu memborong medali olimpiade sebanyak 7 medali. Dialah Emma Mckeon yang mendapatkan medali emas dari cabang olahraga renang pada nomor 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 4x100 meter estafet gaya bebas dan 4x100 meter estafet gaya ganti.

3 medali sisanya adalah medali perunggu. Emma mendapatkan 3 medali perunggu tersebut diperoleh dari lomba renang nomor 100 meter gaya kupu-kupu, 4x100 meter estafet gaya ganti campuran dan 4x200 meter gaya bebas putri.

7 medali yang diboyong Emma berhasil meruntuhkan juara bertahan peraih medali terbanyak, Kristin Otto yang juga mampu meraih 6 medali pada Olimpiade Beijing tahun 2008.

3. Skor Perolehan Mendali sementara, Indonesia peringkat ke 39 dan yang pertama adalah Tiongkok

Raihan medali sementara pada hari ini Jum'at (6/8/2021) masih dipimpin oleh Tiongkok yang capaian medalinya sampai 75 medali. Mereka berhasil membawa pulang 34 emas, 24 perak dan 17 perunggu. Adapun urutan perolehan medali seterusnya adalah kedua Amerika, ketiga Jepang, dan keempat itu Australia, yang masih sengit mengejar ketertinggalan di belakang Tiongkok.

Sementara, negara Indonesia sendiri dalam tingkatan perolehan medali secara total, berada pada urutan ke 46 dari 205 negara kontestan. Atlet Indonesia berhasil menorehkan satu emas dari cabang bulutangkis ganda putri, satu perak dari cabang angkat besi dan dua perunggu juga dari cabang angkat besi dan satu perunggu lagi dara cabang olahraga bulutangkis tunggal putra.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak