alexametrics

Viral Video Diduga Gadis Afghanistan Sesenggukan Meminta Tolong ke Tentara Amerika

Funcrev
Viral Video Diduga Gadis Afghanistan Sesenggukan Meminta Tolong ke Tentara Amerika
Tangkapan layar video viral gadis dan warga Afghanistan yang histeris meminta pertolongan tentara. [TikTok: @bigozafg]

Viral video seorang wanita muda, anak-anak, hingga beberapa orang dewasa yang mencoba melarikan diri dari Afghanistan dengan putus asa, memohon bantuan kepada tentara yang diduga adalah pasukan Amerika Serikat (AS) untuk melindungi mereka dari kejaran kelompok Taliban yang telah menguasai wilayahnya.

Video viral itu dibagikan oleh seorang jurnalis bernama Abhishek Saxena (@tagabhishek), yang juga dibagikan kembali oleh jurnalis News Nation, Madhurendra Kumar dalam akun Twitter resmi miliknya.

Video-video serupa juga banyak beredar di laman media sosial lain seperti Tiktok yang diunggah oleh @bigozafg dan telah ditonton lebih dari 13,5 juta kali. Dalam video tersebut menunjukkan bagaimana seorang wanita muda dan diduga beberapa warga Afghanistan yang terlihat sudah putus asa. 

“Tolong, tolong, tolong, tolong Taliban mendatangi saya,” ungkap seorang wanita muda memohon pertolongan kepada para tentara yang diduga adalah pasukan Amerika Serikat dari balik pintu yang digembok dengan rantai.

Beberapa orang dewasa lainnya tampak memegang kertas berisi permintaan tolong saat mereka mendorong ke arah pasukan.

Video yang beredar di media sosial tersebut telah mengungkapkan adegan kacau di Kabul ketika pasukan AS terus dievakuasi, setelah Taliban mendapatkan kembali kendali atas negara yang dilanda perang itu.

Disadur dari New York Post, video-video tersebut diyakini diambil di Bandara Hamid Karzai Kabul, di mana pasukan AS tambahan diterbangkan untuk membantu mengamankan daerah itu dan melindungi warga Amerika yang masih berusaha mengungsi setelah ribuan warga Afghanistan menyerbu ke landasan dan mencoba naik ke pesawat militer AS.

Bandara tersebut adalah tempat terakhir di Afghanistan yang masih dijaga oleh militer AS setelah Taliban menggulingkan pemerintah yang didukung Barat pada hari Minggu (15/8/2021). Sejak itu, AS dan sekutunya berjuang untuk mengembalikan warganegara dari negara itu.

Gedung Putih mengatakan 13 penerbangan pada Selasa (17/8/2021) menerbangkan 1.100 warga AS, penduduk setempat dan keluarga mereka dari bandara Kabul, dan diperkirakan akan terus meningkat pada hari Rabu (18/8/2021) dan seterusnya. 

Video semacam itu semakin banyak bermunculan hanya beberapa hari setelah Taliban menguasai Kabul dan seluruh Afghanistan. Bahkan sebelumnya ramai beredar sejumlah warga Afghanistan yang saling berebut masuk ke dalam pesawat milik tentara Amerika Serikat yang kemudian disusul dengan potrait tumpukan massa di dalam pesawat tersebut. Beberapa waktu lalu juga viral beberapa video dan foto bayi yang berusaha diselamatkan oleh para tentara Amerika yang diangkat melewati pagar berduri. 

Sumber:

Emily Crane. Afghan woman begs for help from troops, crying, ‘Taliban is coming’. Diakses pada 24 Agustus 2021 melalui New York Post. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak