facebook

6 Negara yang Tidak Diperkuat oleh Pemain Andalannya pada Sudirman Cup 2021

Nabila Prajna
6 Negara yang Tidak Diperkuat oleh Pemain Andalannya pada Sudirman Cup 2021
Lee Yang (kiri) dan Wang Chi-lin dari Taiwan berfoto dengan medali emas bulu tangkis ganda putra mereka pada upacara Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli 2021. Pedro PARDO / AFP

Piala Sudirman Cup 2021 ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, para negara berlomba-lomba untuk membawa atlet andalannya untuk bisa tampil. Namun lain halnya dengan tahun ini, beberapa negara mengesampingkan atlet bulu tangkis andalan. Berikut daftar 6 negara yang harus rela tidak tampil secara 100%:

1. China

Setelah melihat skuad China dalam ajang Sudirman Cup 2021, cukup mengagetkan para penggemar bulu tangkis. Tidak seperti biasanya, China tidak membawa skuad yang lengkap dalam multievent penting. Pasalnya, di Sudirman Cup 2021, China mempercayakan kepada para atlet juniornya untuk berlaga.

Sedikitnya ada 4 atlet pemain andalan China yang tidak dibawa ke Sudirman Cup 2021. Pemain tersebut yaitu:

  1. Zheng Siwei/Huang Yaqiong
    Pasangan ganda campuran ini tidak memungkinkan dibawa karena Zheng sedang mengalami cidera.
  2. Li Junhui/Liu Yuchen
    Sampai saat ini belum ada alasan yang pasti mengapa tidak ada nama twins tower dalam skuad China.
  3. Chen Long
    Tidak lagi muda sebenarnya bukan jadi alasan untuk China tidak membawa Chen Long dalam skuad Sudirmannya. Pasalnya, ia masih sangat kompetitif dalam dunia bulu tangkis. Bahkan ia bisa membanggakan China lewat tunggal putranya. Sampai saat ini pun belum ada kabar alasan Chen Long tidak ikut Sudirman Cup.
  4. Li Yinhui
    Peraih perak Asian Games 2018 pun tidak tercatat pada skuad Sudirman Cup 2021. Padahal, pasangannya Du Yue tercatat dalam skuad. Belum ada kabar mengenai tidak terdaftarnya Li Yinhui dalam skuad China.
  5. Han Cheng Kai
    Pemain underdog yang sempat membuat pasangan minions kesusahan ini pun tidak masuk skuad China. Hal ini terjadi karena ia mengundurkan dari Pelatnas China pada Senin (14/9/2021). 

2. China Taipei

Peraih satu emas dan satu perak dalam Olimpiade ini  tidak mengeluarkan skuad terbaiknya pada ajang Sudirman Cup 2021. Berikut daftar 3 Pemain andalan timnas China Taipei tidak tercatat dalam skuad Sudirman:

  1. Lee Yang dan Wang Chi-Lin
    Pasangan yang baru saja mencetakan rekornya di ajang Olimpiade ini adalah orang pertama yang tidak tercatat dalam skuad Sudirman. Tidak diketahui mengapa Lee/Wang tidak ikut sertaa dalam Sudirman Cup, padahal ia adalah pasangan andalan pertama yang dimiliki oleh China Taipei. 
  2. Tai Tzu Ying
    Pemain ranking satu dunia ini menjadi orang kedua China Taipei yang tidak ikut dalam ajang Sudirman Cup 2021. Belum diketahui apa alasan Tai Tzu Ying tidak ikut serta dalam Sudirman Cup, padahal ia menjadi pemain nomer satu di tunggal putri negaranya.
  3. Wang Tzu Wei
    Tunggal kedua milik China Taipei pun tidak ikut serta dalam piala Sudirman. Tidak terlihat nama Wang Tzu Wei dalam jajaran skuad. 

3. Jepang

Kekuatan sektor yang merata membuat Jepang patut diwaspai oleh semua negara. Namun, siapa sangka, di Sudirman Cup 2021 skuad Jepang tidak tampil secara 100 persen. Berikut 4 pemain Jepang yang tidak masuk skuad Sudirman:

  1. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda
    Jelang Sudirman Cup pasangan ini mundur dari Pelatnas Jepang serta gantung raket.
  2. Hiroyuki Endo
    Pemain ganda putra nomer satu Jepang ini pun mengumumkan gantung raket jelang Sudirman Cup.
  3. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota
    Cideranya Hirota saat jelang Olimpiade membuat pasangan nomer satu ini harus mundur. Cideranya membuat pasangan ini tidak bisa tampil 100% pada Olimpiade. Jelang Sudirman pun Sayaka harus menjalani pemulihan, sehingga tidak bisa tampil. 

4. India

Satu grup dengan China, skuad India malah tidak diisi oleh para punggawanya di tunggal putri. PV Sindhu dan Saina Nehwal tidak turun dalam Sudirman Cup 2021.

5. Thailand

Satu grup besama India dan China, Thailand harus rela kehilangan tunggal putri andalannya. Intanon Ratchanok harus mundur dalam skuad Sudirman Cup karena masih berduka. Jelang Sudirman, Ratchanok harus ditinggal oleh Ibundanya karena mengalami positif covid-19. 

6. Indonesia

Pasangan ganda campuran nomer dua Indonesia, Hafiz/Gloria tidak terdaftar dalam skuad garuda. PBSI menggeser Hafiz/Gloria, dan memasukan nama juniornya Rinov/Phita. 

Menurut Rionny, alasan Rinov/Phita dibawa karena beberapa waktu lalu berhasil menjadi juara di Spanyol Master. 

Itulah 6 negara yang tidak membawa para pemain andalannya diajang perebutan Piala Sudirman Cup 2021. Tidak membawa skuad dengan kekuatan penuh, siapakah yang berhasil membawa piala Sudirman?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak