alexametrics

4 Pebulu Tangkis Pria Indonesia yang Tampil Perdana di Piala Thomas

Nabila Prajna
4 Pebulu Tangkis Pria Indonesia yang Tampil Perdana di Piala Thomas
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito. [Dok. PBSI]

Perebutan salah satu piala spektakuler di ajang bulu tangkis akan segera dimulai. Sudah 27 kali berpartisipasi dalam ajang Thomas Cup, Indonesia telah mengantongi 13 kali juara. Namun sayang, juara terakhir diraih pada 2002.

Kini, skuad merah putih mengerahkan kemampuannya pada ajang Thomas Cup dengan membawa 12 pemain andalannya, terbagi atas 4 pemain tunggal dan 4 pasang ganda. 

Dari 12 daftar nama yang masuk skuad merah putih, Indonesia membawa empat pemain barunya untuk tampil dikejuaraan Thomas Cup. Siapa sajakah empat pemain yang akan tampil perdana di ajang Thomas Cup? Berikut daftar 4 pemain tersebut:

1. Shesar Hiren Rhustavito

Vito dipilih sebagai tunggal ketiga setelah Jonatan Christie. Pemain dengan ranking 19 dunia ini dipercayai oleh coach Hendry Saputra masuk dalam skuad merah putih. 

Pada tahun 2021, Vito telah melakoni 4 turnamen besar BWF. Pencapaiannya yang paling baik ialah sebagai semifinalis Spanyol Master S300 lalu. 

2. Chico Aura Dwi Wardoyo

Kakak dari Ester Wardoyo ini terpilih menjadi tunggal putra keempat yang masuk dalam skuad Indonesia. Saat ini Chico menduduki ranking 64 dunia, atau unggulan keempat atlet Pelatnas PBSI.

Di tahun ini, Chico hanya bermain pada dua turnamen BWF. Pertama, ia turun di Orelans Master S100 dan langsung terhenti di babak 32 besar. Selanjutnya, Chico melakoni laga di Spanyol Master S300. Pada laga semifinal, ia berhasil mengalahkan rekan senegaranya Vito dengan dua gim langsung. Namun, saat laga final, ia dikalahkan oleh pemain Prancis Toma Popov. 

Menjadi runner-up di Spanyol Master S300 menjadi pencapaian terbaik Chico. Sehingga, tahun ini ia dipercaya masuk skuad Thomas Cup 

3. Daniel Marthin

Peraih juara dunia junior dan asia junior ini menjadi salah satu pemain termuda yang diboyong masuk skuad merah putih diajang Thomas Cup. 

Pencapaian terbaiknya dilevel Senior, menjadi semifinalis pada Thailand Open S1000. Daniel akan bermain perdana di Thomas Cup.

4. Leo Rolly Carnando

Berpasangan dengan Daniel Marthin dari tingkat junior, Leo telah mendapatkan banyak prestasi dilaga prestisius junior. Juara dunia junior dan asia junior menjadi bukti yang dihasilkan oleh Leo/Daniel. 

Menduduki ranking 38 dunia, Leo/Daniel berhasil melajukan ranking dengan cepat. Ia pun dipercaya oleh coach Herry IP sebagai ganda pelapis keempat setelah Fajar/Rian. Dipilihnya dalam skuad menjadi pencapaian baik untuk Leo dikemudian hari.

Itulah empat pebulu tangkis pria yang akan tampil perdana pada laga Thomas Cup yang akan digelar di Aarhus, Denmark.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak