alexametrics

Debut Perdana di Sudirman Cup Viral, Ester Wardoyo Tuai Pujian

Nabila Prajna
Debut Perdana di Sudirman Cup Viral, Ester Wardoyo Tuai Pujian
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo saat menjalani debut di Piala Sudirman 2021, di Lapangan 3 Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Senin (27/9/2021) malam WIB. [BWF/Badminton Photo].

Pebulu tangkis muda milik Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo turun di laga perdana Sudirman Cup 2021. Walaupun belum bisa menyumbang poin untuk tim, nama Ester mendapat banyak pujian di jagat sosial media. 

PBSI dinilai cukup berani dalam membuat daftar pemain yang akan tanding saat melawan Kanada. Dari lima sektor, Indonesia menurunkan empat pemain pelapisnya, salah satunya dari tunggal putri yang diwakili oleh Ester Wardoyo.

Masih berusia 16 tahun, Ester dipercaya untuk tampil di laga besar Piala Sudirman 2021. Tidak hanya itu, Sudirman Cup pun menjadi laga debut Ester di kancah internasional. 

Pada laga debutnya, Ester Nurumi Tri Wardoyo harus berhadapan dengan runner up kejuaraan Pan Am 2021, Rachel Chan yang berusia setahun di atasnya.

Pada babak pertama, Ester cukup tampil percaya diri serta berhasil memimpin kedudukan sementara dengan 7-3. Tampil saling menyerang, Ester masih pertahankan keunggulan hingga interval gim pertama dengan 11-9. 

Seusai turun minum, Rachel sempat ingin memperkecil keadaan. Tekad kuat Ester pun terpancarkan dengan menjauh tiga poin dari lawannya dengan 17-14.

Arsip - Atlet bulu tangkis tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo. (ANTARA/HO-Tim Humas PBSI)
Arsip - Atlet bulu tangkis tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo. (ANTARA/HO-Tim Humas PBSI)

Tidak tinggal diam, Rachel pun berhasil menyamakan kedudukannya dengan 19 sama. Bahkan saat sudah menyentuh game point, kedua pemain sama-sama tidak ingin menyerah begitu saja dan berhasil deuce hingga poin 22. Terus tampil all out, Ester meraih kemenangan melawan Rachel dengan skor 24-22.

Berbeda dengan gim pertama, Ester harus tertinggal jauh saat interval gim kedua dengan 4-11. Tidak diberi ampun, Rachel semakin memperjauh poinnya dengan Ester. Laga pun ditutup dengan 8-21.

Gim ketiga menjadi penentu bagi keduanya. Di awal gim ketiga, Ester berhasil leading dengan 2 poin, namun itu tidak terjadi lama karena Rachel membalas dengan 3-6. Hingga turun minum dipartai ketiga pun Ester masih tertinggal empat poin. 

Masih berusaha, Ester semakin tertinggal jauh oleh Rachel hingga lima poin dengan skor 11-16. Belum menyerah, Ester pun berhasil kumpulkan enam poin beruntun, dan menyalip Rachel dengan 17-16. Namun, Rachel kembali membalasnya dengan 17-19. Laga ketiga pun ditutup dengan skor 18-21 dengan kemangan yang diraih oleh Rachel. 

Kekalahan Ester membuat Kanada menyamakan kedudukan sementara, dan ia pun gagal menyumbangkan poin untuk Indonesia.

Walaupun begitu, Ester justru mendapat apresiasi dari para penggemar bulu tangkis Indonesia. Nama Ester pun sempat viral, bertanggar di trending topik Twitter usai berlaga di Sudirman Cup 2021.

"Ester you did well, semoga jadi pembelajaran yaa. Selamat atas debutnya di sudirman cup," ungkap @snlimyy

"Ester sgt patut diberi apresiasi, baru 16thn udh brhasil main di Level Sudirman Cup," tulis akun @_Adityaprima 

"a good start to yout debut in SC, Semangat Ester!" tulis @hotcchoco

"It's okay ester! You've been fighting! Debut pertama diturnamen senior, dalam usia 16 tahun! KEREN," tulis akun twitter @lezazel

"kelahiran 2004 dan debut internasional, di level turnamen beregu, salah satu "5 stars tournament". well done, Ester! she deserves to be appreciated!" tulis @fghfrs

"KALAH JANGAN DIBULLY MENANG HARUS DIAPRESIASIEster kan masih pemula bahkan baru pertama kali ikut pertandingan international dan langsung ikut major event. Mentalnya bagus bisa mengejar di point-point kritis!!" ungkap @banyuarisandee

"wow, this match must be the most valuable with a lot of lessons for Ester. Congratulations! memulai debut di panggung turnamen internasional dan langsung jd representatif negara di event beregu bukan hal yang biasa dan tidak mudah sama sekali.bahkan bisa rubber?! SHE’S GREAT!" tulis @chitattooes

Perlu diketahui, bahwa kejuaraan Sudirman Cup 2021 merupakan Sudirman Cup pertamanya, dan ia langsung diberi kepercayaan untuk tampil. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak