alexametrics

Dapat Kritikan, Ganda Putra Indonesia Siap Bangkit di Piala Thomas 2020

Aditiya Pratama
Dapat Kritikan, Ganda Putra Indonesia Siap Bangkit di Piala Thomas 2020
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon di Piala Sudirman 2021. [BWF/Badminton Photo]

Usai gagal di Piala Sudirman 2021, Tim Bulu Tangkis Indonesia akan kembali bertarung di ajang Piala Thomas-Uber 2020 yang digelar di Aarhus, Denmark pada 9-17 Oktober 2021.

Pada Selasa, (5/10/2021) siang waktu Denmark, Tim Indonesia sudah tiba di Bandara Billund. Setelahnya para pemain dan staf pelatih langsung menjalani tes PCR di hotel tempat mereka menginap.

Tim Bulu Tangkis Indonesia berangkat ke Piala Thomas-Uber 2020 dengan rasa semangat setelah sebelumnya gagal meraih prestasi di Piala Sudirman 2021 usai harus mengakui keunggulan dari Malaysia dengan skor 3-2.

Menurunnya performa Indonesia di kategori beregu memang sangat terlihat. Khususnya di sektor ganda putra dan tunggal putra.

Dari sektor ganda putra Indonesia sendiri pada saat di perempat final melawan Malaysia ditempati Marcus/Kevin. Keduanya gagal menyumbangkan poin usai kalah dua set langsung 12-21, 15-21.

Banyak pihak yang mengatakan bahwa turunnya performa Minions efek dari kekalahan mereka di Olimpiade Tokyo beberapa waktu yang lalu. Namun hal itu dibantah sang pelatih, Herry IP.

"Tidak ada efek dari kekalahan mereka di Olimpiade lalu. Tapi secara keseluruhan keadaan di lapangan membuat mereka kurang segar, smash nggak tembus-tembus, dan Malaysia memang sedang on fire banget. Ini bukan Minions yang biasanya," kata Herry IP disadur dari Jawa Pos.

Selain bukan efek Olimpiade kemarin, cedera juga bukan menjadi alasan utama dari kekalahan mereka atas pasangan Malaysia. Kevin memang sempat mengalami cedera bahu sebelum berangkat ke Piala Sudirman 2021. Marcus/Kevin mendapat kritikan dari pecinta Bulu Tangkis tanah air lantaran dinilai mereka loyo saat menghadapi Malaysia.

"Saat di Piala Sudirman, saya melihat kondisi Marcus/Kevin yang paling siap untuk tanding. Hanya saja mereka kurang fight, itu iya. Mereka juga menerima kritik itu," tambahnya.

Dengan performa yang masih angin-anginan, ditakutkan situasi hal yang sama terjadi di Piala Thomas nanti. Dalam pembagian grup, Indonesia sendiri di Piala Thomas 2020 tergabung di Grup A, bersama Taiwan, Thailand, dan Aljazair.

Indonesia sendiri sejatinya masih memiliki pasangan ganda putra lain seperti Hendra/Ahsan, Fajar/Rian, dan Leo/Daniel yang dibawa ke Piala Thomas ini. Herry IP nantinya akan mengevaluasi di sektor ganda putra agar bisa bangkit kembali dan menyumbangkan poin untuk tim Bulu Tangkis Indonesia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak