alexametrics

Menang Tipis! Simak Statistik Timnas Indonesia vs Taiwan

Aditiya Pratama
Menang Tipis! Simak Statistik Timnas Indonesia vs Taiwan
Pesepak bola Indonesia Asnawi Mangkualam (kanan) mencoba melewati dua pesepak bola Taiwan pada babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021). [ANTARA FOTO/Humas PSSI]

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Taiwan di leg 1 babak play off Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021). Berlaga di stadion Chang Arena, skuad Garuda menang tipis 2-1 atas Taiwan.

Dua gol dari Indonesia dicetak Ramai Rumakiek pada menit 19 dan Evan Dimas pada menit 51. Sedangkan satu gol dari Taiwan dicetak Hsu Heng-pin pada menit ke-90+1.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang saja untuk lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Modal bagus ini menjadi pelecut semangat anak asuh Shin Tae-yong agar bisa tampil baik di leg kedua.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Taiwan di leg 2 pada Senin (11/10/2021). Laga ini akan digelar di stadion yang sama pada pukul 20.00 WIB.

Statistik Timnas Indonesia vs Taiwan

Menyadur dari Lapangbola, Timnas Indonesia tampil apik sepanjang pertandingan dengan menguasai bola sebanyak 76 persen, berbanding 24 persen milik Taiwan. Selain itu, skuad Garuda juga mencatatkan shots on target sebanyak 9 kali. Dari statistik ini membuktikan bahwa Timnas Indonesia tampil lebih dominan ketimbang sang lawan.

Pada menit-menit awal, Timnas Indonesia sempat mendapat tekanan dari Taiwan. Mereka mencoba menekan melalui bola-bola mati hasil dari sepak pojok. Namun, usaha mereka berhasil digagalkan M. Riyandi yang kokoh menjadi benteng terakhir sang merah putih.

Indonesia baru keluar dari tekanan pada 5 menit lebih. Evan Dimas dan kawan-kawan mencoba melakukan penguasaan bola hingga setengah lapangan.

Akhirnya Indonesia mendapati gol pertamanya di menit 19 dari kerja sama antara Miftah Anwar Sani dan Ramai Rumakiek. Miftah yang tahu posisi Rumakiek ada di depan, langsung memberikan umpan cantik. Rumakiek sempat memperdaya bek lawan dan langsung menendang bola menggunakan kaki kirinya yang tak mampu dihalau kiper Taiwan.

Merasa tertinggal, Taiwan kembali mencoba melakukan serangan. Mereka terlihat kesulitan menembus barisan pertahanan Indonesia yang dijaga dua bek kokoh, Fachrudin Aryanto dan Victor Igbonefo. Serangan Taiwan hanya berkutat di lini tengah.

Setelah gol pertama, Taiwan terlihat lebih bermain kasar. Korban pertama dari permainan kasar Taiwan yakni pencetak gol, Ramai Rumakiek. Pemain Persipura itu harus diganti pada menit 28 karena cidera. Di saat ini juga, Shin Tae-yong langsung mengganti Rumakiek dengan Egy Maulana Vikri.

Hingga menjelang babak pertama usai, Indonesia masih menekan Taiwan dengan menguasai separuh lapangan. Taiwan terlihat kesulitan ketika ditekan saat mencoba memegang bola. Hingga babak pertama, skor tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Di babak kedua, Indonesia kembali menguasai penguasaan bola. Hasilnya pada menit 51, Evan Dimas mampu mencetak gol berkat assist dari Kushedya Hari Yudo yang melakukan penetrasi di sisi sayap kiri.

Setelah gol kedua lahir, Indonesia kembali mendapat peluang 5 menit kemudian. Namun sayang, Kushedya Hari Yudo gagal memanfaatkan peluang emas lewat serangan balik cepat.

Peluang dari Indonesia selanjutnya lahir dari Egy Maulana Vikri dengan mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tendangan Egy jauh melambung dari gawang Taiwan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sempat melakukan penyegaran pemain dengan memasukkan beberapa pemain baru seperti Yabes Roni, Syahrian Abimanyu, dan Kadek Agung. Ketiga pemain itu menggantikan Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, dan Kushedya Hari Yudo.

Memasuki menit akhir Indonesia terus-terusan menguasai jalannya pertandingan dengan mencoba membongkar pertahanan ketat dari Taiwan. Pihak lawan yang menggunakan strategi parkir bus terlihat kesulitan ditembus para pemain Indonesia. 

Indonesia terpaksa harus kecolongan di menit-menit akhir jelang babak kedua usai. Pada menit 90+1, Taiwan berhasil memperkecil ketertinggalan berkat sontekan dari Hsu Heng-pin yang berawal dari tendangan bebas yang ditanduk pemain Taiwan.

Sesai gol tersebut, Indonesia kembali menaikkan intensitas serangan. Namun wasit terpaksa harus meniup pluit akhir yang menandakan laga leg 1 telah usai. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia. 

Dengan hasil ini Timnas Indonesia harus mengindari kekalahan di leg 2. Setidaknya skuad Merah Putih minimal meraih hasil imbang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak