alexametrics

Hajar Taiwan, Ini Hitung-hitungan Timnas Indonesia jika Ingin Lolos

Aditiya Pratama
Hajar Taiwan, Ini Hitung-hitungan Timnas Indonesia jika Ingin Lolos
Selebrasi kemenangan Timnas Indonesia usai mengalahkan Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021). (Dok PSSI)

Timnas Indonesia sukses hajar Taiwan di leg 1 babak play Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021). Laga itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan skuad Merah Putih. Dua gol Timnas Indonesia sukses dicetak Ramai Rumakiek dan Evan Dimas Darmono.

Timnas Indonesia di leg 1 berstatus sebagai tuan rumah meskipun laga digelar di stadion Chang Arena, markas dari klub Thailand, Buriram United.

Skuad asuhan Shin Tae-yong menargetkan pertandingan di leg 1 tanpa kebobolan. Namun sayang, menjelang akhir pertandingan, Timnas Indonesia justru harus kehilangan satu gol tandang yang dicetak pemain Taiwan, Hsu Heng-pin pada menit ke-90+1. 

Meski sukses meraih kemenangan, tetapi dengan selisih hanya satu gol jelas belum aman untuk Timnas Indonesia. Hal ini dungkapkan gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas seusai pertandingan.

"Mungkin kita menang kali ini, tapi kami masih ada satu pertandingan lagi jadi harus kerja keras lagi dan belum bisa santai. Kami harus bekerja lebih keras lagi untuk pertandingan berikutnya," ucap Evan Dimas disadur dari laman PSSI.

Meski gagal mengakhiri laga tanpa kebobolan, gelandang dari klub Bhayangkara FC itu yakin di leg 2 nanti Timnas Indonesia mampu kembali menang. Ia menilai rekan setimnya sudah bekerja keras di pertandingan ini.

"Terima kasih kepada staf pelatih, ofisial, dan rekan setim semua yang saling mendukung baik di dalam maupun di luar lapangan. Kita sudah bekerja keras dan saya bersyukur atas hasil ini," tuturnya.

Hitung-hitungan agar Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Unggul satu gol dari Taiwan membuat Indonesia harus bekerja keras di pertandingan berikutnya. Di leg kedua nanti, Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Taiwan pada, Senin (11/10/2021). Di laga ini, Timnas Indonesia akan berstatus tim tamu. Sedangkan Taiwan akan berstatus sebagai tuan rumah.

Keberhasilan Taiwan dalam mencetak gol ke gawang Indonesia membuat mereka hanya butuh kemenangan tipis 1-0 saja untuk lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Lantaran mereka sudah unggul gol tandang dari Indonesia di leg 1 kemarin.

Sedangkan untuk Indonesia meski hasil imbang saja sudah berhasil meloloskan mereka ke babak selanjutnya, tetapi kemenangan akan tetap diincar skuad asuhan Shin Tae-yong. Kemenangan menjadi hal yang sangat berarti guna menambah poin dan menaikkan peringkat Indonesia di FIFA.

Kemenangan atas Taiwan menguntungkan karena Taiwan memiliki peringkat lebih tinggi dibanding Indonesia. Saat ini Taiwan berada di posisi 151 dunia, sedangkan Indonesia menempati peringkat 175 dunia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak