facebook

Rayakan Waisak dengan Khidmat di Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung

Delia Sanjaya
Rayakan Waisak dengan Khidmat di Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung
Perayaan Waisak di Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung (Dok. Pribadi/deliasanjaya)

Senin (16/5/2022), umat Buddha Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung terlihat sedang merayakan detik-detik Waisak 2566 BE/2022 dengan sangat khusyuk, Perayaan Waisak digelar di Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung.

Hampir semua umat Buddha yang bertempat tinggal di Rangkaskasbitung, beramai-ramai pergi ke Vihara dengan sangat antusias untuk bersama-sama merayakan Hari Tri Suci Waisak yang penuh kebahagiaan. 

Puja bakti dimulai pukul 10.00 WIB, dan akan diawali dengan puja bakti membacakan paritta-paritta suci yang diikuti oleh seluruh umat Buddha yang datang ke Vihara yang terletak di Kota Rangkasbitung. Sebelum puja bakti dimulai, para umat diberikan sebuah buku acara detik-detik Waisak, lilin, dan bunga sedap malam. 

Kemudian para umat melaksanakan pradaksina atau mengitari Vihara Ananda Avalokitesvara sebanyak 3 kali, sambil membawa satu tangkai bunga sedap malam, hio dan lilin yang sudah dinyalakan. Pradaksina dipimpin oleh Bhikkhuni Ayya Piyakanti.

Para umat pun melakukan pradaksina sambil memanjatkan paritta suci yang terus saja diucapkan sampai pradaksina selesai dilakukan. Sekitar beberapa menit sebelum detik-detik Waisak, para umat duduk bersila dan bermeditasi sambil menunggu detik-detik Waisak tiba.

Saat tepat pukul 11.13.46 WIB, bel dari pemimpin puja bakti akan dibunyikan, itu menandakan bahwa tibalah puncak dari detik-detik Waisak 2566 BE/2022.

Prosesi waisak terus berjalan lancar sesuai dengan susunan acara. Bhikkhuni Ayya Piyakanti juga mengucapkan selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 untuk seluruh umat Buddha dan berpesan agar terus melakukan cinta kasih kepada siapa pun.

Setelahnya, seluruh umat Buddha yang berada di Vihara Ananda Avalokitesvara bersama-sama menyanyikan lagu yang tidak pernah terlupakan saat perayaan Waisak telah tiba. Lagu yang berjudul "Malam Suci Waisak" yang dinyanyikan dengan penuh khidmat oleh para umat di sana.

Selanjutnya akan dilakukan puja bakti penutup, yang menandakan telah usai perayaan detik-detik Waisak di Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung. Sekitar kurang lebih dua jam perayaan detik-detik Waisak dilaksanakan dengan khidmatnya.

Tidak ketinggalan dengan ucapan-ucapan selamat Hari Waisak yang langsung saja dilontarkan dari para umat Buddha di Vihara Ananda Avalokitesvara yang saling menyapa satu sama lain sambil bersukacita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak