Yoursay Class: Pentingnya Kemampuan Creative Leadership, Gen MZ Wajib Tau!

hesti ya
Yoursay Class: Pentingnya Kemampuan Creative Leadership, Gen MZ Wajib Tau!
Yoursay Class ‘HOW TO DEVELOP CREATIVE LEADERSHIP’ (Yoursay.id)

Berbicara tentang creative leadership atau kepemimpinan kreatif, gen MZ (generasi Milenial dan generasi Z) wajib tau nih, apa pentingnya kemampuan tersebut.  Lewat program Yoursay Class ‘HOW TO DEVELOP CREATIVE LEADERSHIP’ yang digelar pada 24 November 2022, Yoursay.id mengajak para pemimpin untuk tau apa sih pentingnya kemampuan kepemimpinan kreatif untuk saat ini.

Tidak dipungkiri bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi, kita semua dituntut untuk lebih kreatif. Creative Leadership adalah salah satu aspek yang wajib dikembangkan oleh semua orang, termasuk gen MZ yang nantinya akan jadi generasi penerus.

Barlian Juliantoro, seorang Member Komunitas Proxsis HR Professional Senior Project Manager, yang kali ini berkesempatan untuk mengisi materi pada program Yoursay Class, menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan Creative Leadership.

Baca juga: Link Streaming Piala Dunia 2022 Uruguay vs Korea Selatan Secara Gratis

Creative Leadership merupakan gabungan dari dua kata 'Kreatif' dan 'Kepemimpinan' 

Mengutip dari Forbes, Leadership atau kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi sosial dengan langkah memaksimalkan upaya orang lain, menuju pencapaian suatu tujuan.

Ada 2 tipe kepemimpinan menurut Barlian Juliantoro. Pertama, Leader Struktural atau pemimpin yang terstruktur atau tercatat. Misalnya nih, seorang manajer, CEO, ketua organisasi, ataupun ketua kelas.

Sedangkan yang kedua, ada Leader Kultural atau pemimpin yang suaranya banyak didengar. Pemimpin yang satu ini tidak melulu memiliki jabatan namun, bicaranya mampu mengubah kebijakan atau mempengaruhi orang lain.

Seorang pemimpin harus mampu menjalin kedekatan dengan seseorang yang memiliki kemampuan Leader Struktural agar mampu menjangkau semua anggota.

Baca juga: Usai Dress Seksi Amanda Manopo Dinyinyiri, Kini Outfit Ria Ricis di Nikahan Glenca Chysara Disentil: Nyaingi Pengantin

Jika berbicara tentang kreativitas, seorang pemimpin harus memiliki Creative Thinking agar dapat memberikan solusi dari berbagai sudut pandang.

Creative Thinking sendiri terdapat banyak jenisnya: (1) Divergent Thinking, (2) Lateral Thinking, (3) Inspirational Thinking, (4) Systemic Thinking, dan (5) Aesthetic Thinking.

Mengapa kepemimpinan dan kreativitas harus disatukan? Agar seorang pemimpin mampu membawa dampak yang positif, memberikan solusi kreatif, tanpa dinilai terlalu mendikte pengikutnya.

Kalau kata Jack Welch, pebisnis Amerika nih, “Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others.

Baca juga: Klarifikasi, Kabar Naysila Mirdad Mualaf Akhirnya Terjawab

Bagaimana cara menumbuhkan Creative Leadership tidak hanya bagi kalian tapi juga tim?

Kalian bisa mempelajari 21st century life skill yang banyak sekali dibicarakan. Kemudian kalian juga bisa nih, memunculkan Creative Leadership dan meregenerasikannya berdasarkan tips dari Barlian Juliantoro jika saat ini posisi kalian adalah seorang pemimpin.

1. Tentukan standar

Kalian bisa menentukan standar pribadi yang harus satu tingkat lebih tinggi dari standar perusahaan. Misalnya, standar kalian harus menyelesaikan pekerjaan maksimal h-1 maka, secara tidak langsung tim kalian akan turut menyesuaikannya

2. Hadirkan lingkungan suportif

Berusahalah untuk menjauhkan lingkungan yang toksik dan bentuklah perasaan aman untuk anggota. Sebagai ketua sebisa mungkin untuk tidak memarahi tim kalian. 

Jika ada salah berusahalah untuk maju, meminta maaf atau menjelaskan kepada klien. Dengan begitu anggota kalian akan memiliki perasaan tidak takut untuk mencoba namun, mereka akan mengoreksi diri ketika ada salah.

Baca juga: Link Streaming Piala Dunia 2022 Swiss vs Kamerun Secara GRATIS

3. Give credit, take responsibility

Berikan pujian jika kepada tim jika mereka memberikan hasil yang baik. Namun, jika tidak maka, lakukanlah seperti yang dijelaskan pada nomor 2 tadi.

4. Sering jalan-jalan “Keliling Dunia” (tanpa biaya=browsing)

Ajak tim untuk mencari ide dengan menjelajah dunia. Kemudian gunakan kemampuan Creative Thinking kalian untuk memutuskan sebuah solusi.

Keempat tips di atas bertujuan untuk menciptakan great team bukan hanya great leader. Jika kalian memiliki Creative Leadership maka, secara tidak langsung kalian akan mendorong orang lain untuk turut menjadi lebih kreatif.

Itu dia, beberapa hal yang berkaitan dengan Creative Leadership dari Barlian Juliantoro yang disampaikan lewat Yoursay Class ‘HOW TO DEVELOP CREATIVE LEADERSHIP’. Gimana nih, menurut kalian?

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak