Yoursay Class New Year, New Financial Habit: Belajar Bareng Seputar Pengelolaan Keuangan

hesti ya
Yoursay Class New Year, New Financial Habit: Belajar Bareng Seputar Pengelolaan Keuangan
Yoursay Class: New Year New Financial Habit (Instagram/@yoursay_id)

Yoursay Class: New Year New Financial Habit mengajak para pesertanya untuk mengenal tahapan keuangan dan tipe kepribadian keuangan yang dimilikinya.

Tahun 2023 sudah di depan mata, nih. Untuk memulai tahun baru dengan semangat, Yoursay baru saja menggelar Yoursay Class bertajuk ‘New Year New Financial Habit’ pada 21 Desember 2022.

Berbicara tentang finansial atau keuangan tentunya sangat penting di kehidupan kita. Lewat Yoursay Class: ‘New Year New Financial Habit’ kali ini, seorang Financial Planner dari Finansialku.com yang bernama Shierly, S.E., MBA., CFP membagikan berbagai hal seputar keuangan.

Piramida Perencanaan Keuangan

Piramida Perencanaan Keuangan (Yoursay.id)
Piramida Perencanaan Keuangan (Yoursay.id)

Jika berbicara tentang keuangan, ada yang namanya Piramida Perencanaan Keuangan. Piramida Perencanaan Keuangan merupakan tahapan kemampuan keuangan dari setiap individu.

Ada 5 susunan Piramida Perencanaan Keuangan di mana susunan paling bawah mencakup tentang cash flow, dana darurat, pinjaman. 

Berikutnya ada Manajemen Risiko yang biasanya dikelola untuk berbagai asuransi. Jika dua susunan piramida tersebut telah dilalui maka, kalian telah mencapai yang namanya ‘keamanan keuangan’

Setelah untuk Tujuan Keuangan, pada tahap ini kalian bisa menyisihkan uang untuk membeli kebutuhan tersier seperti membeli rumah, kendaraan, hingga liburan. Jika sudah mencapai tahap ini maka, keuangan seseorang tersebut dapat dikatakan ‘kenyamanan keuangan’.

Selain itu untuk ‘kenyamanan keuangan’, ada pula Rencana Pensiun. Jika kalian telah berhasil merencanakan keuangan untuk pensiun maka, kalian telah mencapai tahap  ‘kenyamanan keuangan’.

Susunan tertinggi Distribusi Kekayaan yang mencakup harta yang bisa diwariskan ataupun dihibahkan.

The 7 Money Personality Types

The 7 Money Personality Types (Yoursay.id)
The 7 Money Personality Types (Yoursay.id)

Gak kalah menarik dengan tipe kepribadian seperti MBTI, keuangan ternyata juga ada tipe kepribadiannya, loh. 

The 7 Money Personality Types merupakan tipe kepribadian yang menggambarkan pengelolaan keuangan seseorang. The 7 Money Personality Types dikemukakan oleh Ken Honda, penulis buku Happy Money.

1. The Compulsive Saver: Seseorang yang suka menghemat uang tanpa henti. Biasanya orang-orang dengan kepribadian ini, sulit untuk membelanjakan uangnya karena prinsipnya untuk terus-terusan berhemat.

2. The Compulsive Spender: Seseorang yang sering berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan. Seseorang yang suka berbelanja ketika sedang stres biasanya masuk tipe kepribadian yang satu ini, nih.

3. The Compulsive Moneymaker: Seseorang dengan prinsip ‘uang adalah segala’. Orang tersebut percaya bahwa menghasilkan uang sebanyak mungkin akan membantu kehidupannya menjadi lebih baik.

4. The Indifferent-To-Money: Berkebalikan dengan tipe sebelumnya, seseorang dengan tipe kepribadian ini jarang memikirkan tentang uang. Menurutnya uang tidak akan mempengaruhi keputusan dalam hidupnya.

5. The Saver-Splurger: Orang dengan kepribadian yang satu ini merupakan kombinasi dari Saver dan Splurger. Seseorang yang bisa jadi sangat hemat dalam suatu waktu, sekaligus bisa juga menjadi sangat boros. 

6. The Gambler: Kepribadian yang mengkombinasikan Spenders dan Moneymakers. Seseorang tersebut berani membuat resiko besar dengan uangnya. Orang tersebut akan menjadi sangat senang ketika keuangannya berhasil tetapi ia juga akan menjadi sangat depresi ketika kehilangan.

7. The Worrier: Seseorang yang selalu khawatir uangnya akan hilang. Orang tersebut tidak memiliki kepercayaan diri dalam meraih financial freedom. Karena kekhawatirannya tersebut, ia juga sering membuat perencanaan untuk uangnya.

Gimana nih, kira-kira kalian tipe kepribadian keuangan yang mana? 

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak