alexametrics

Never Have I Ever: Dari Percintaan Remaja Hingga Lika-Liku Tradisi India

Made Dinda Y S
Never Have I Ever: Dari Percintaan Remaja Hingga Lika-Liku Tradisi India
Never Have I Ever. (Netflix)

Jika kamu ingin menghabiskan waktu untuk menonton serial yang ringan dan menghibur, sepertinya Never Have I Ever akan cocok dimasukkan ke dalam wishlist mu! Serial dengan genre komedi bercampur romansa ini merupakan original series dari Netflix yang dirilis pada 27 April 2020 silam.

Never Have I Ever merupakan karya dari seorang komedian sekaligus penulis asal Amerika Serikat bernama Mindy Kaling. Uniknya, serial ini sekaligus menjadi tempat Mindy untuk menuangkan pengalamannya dalam menjalani hidup di Amerika Serikat sebagai orang berdarah India.

Sinopsis

Devi yang sedang berdoa kepada Dewa. (Netflix)
Devi yang sedang berdoa kepada Dewa. (Netflix)

Serial ini mengisahkan tentang seorang gadis keturunan India yang menetap di Amerika Serikat bernama Devi Vishvakumar yang diperankan oleh Maitreyi Ramakrishnan. Devi berusaha keras untuk menjalani kehidupan remaja layaknya remaja Amerika Serikat. Sayangnya, pergaulan bebas yang dijalankan oleh remaja Amerika Serikat bertabrakan dengan tradisi timur India yang harus dianut Devi.

Ia tidak diperbolehkan memakai baju yang terbuka, tidak boleh menghadiri pesta, hingga dilarang untuk berpacaran oleh ibu kandungnya, Nalini (diperankan oleh Poorna Jagannathan). Tentu saja semua aturan dan tradisi tersebut dilanggar oleh Devi, sebab ia merasa lebih tertarik dengan tradisi kebarat-baratan.

Gambaran tentang gejolak batin remaja

Devi dan Paxton. Netflix
Devi dan Paxton. Netflix

Meskipun merupakan anak yang ceria, cerdas, dan ambisius, Devi memiliki kelemahan dalam dirinya semenjak kematian sang ayah. Ayah Devi, Mohan (Sendhil Ramamurthy), adalah sosok yang sangat mendukung Devi walau anaknya tidak seperti gadis keturunan India pada umumnya. Devi sangat menyayangi mendiang ayahnya, oleh karena itu ia selalu bersikap denial bahwa ayahnya telah tiada.

Devi selalu bersikap ceria dan berlagak seolah tidak terjadi apa-apa sebagai pelampiasan dari kepergian ayahnya. Sayangnya, tubuh Devi tidak dapat berbohong. Tekanan mental yang dialami oleh Devi menyebabkan ia mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya selama 3 bulan.

Setelah ia sembuh dari lumpuh, Devi berambisi untuk mengubah reputasinya dari gadis India yang lumpuh menjadi gadis India yang populer. Demi meraih popularitas,  Devi mengajak kedua sahabatnya untuk mencari kekasih yang populer di sekolah.

Serial ini juga tidak terlepas dari genre coming of age yang ditunjukkan oleh sifat Devi yang kerap kali impulsif dan banyak membuat kesalahan. Devi bahkan sempat meninggalkan kedua sahabatnya hanya demi seorang laki-laki bernama Paxton Hall-Yoshida (Darren Barnet). Selain itu, sifat impulsif Devi ditunjukkan dengan kejadian saat ia meminta Paxton untuk melakukan hubungan badan dengannya. Sama seperti pada remaja coming of age pada umunya, Devi pun selalu bertindak seenaknya dan kemudian menyesali hal yang telah terjadi.

Lika-Liku tradisi India

Momen saat Devi, ibunya, dan Kamala menghadiri tradisi upacara India. Netflix
Momen saat Devi, ibunya, dan Kamala menghadiri tradisi upacara India. Netflix

Bukan hanya Devi yang merasakan sulit dan terkekangnya menjadi gadis berdarah India di Amerika Serikat, namun hal tersebut juga dirasakan oleh sepupunya, Kamala (Richa Moorjani). Kamala adalah sepupu Devi yang tinggal bersama Devi dan Ibunya.

Orang tua Kamala berencana untuk menjodohkan Kamala dengan pria keturunan India. Padahal, Kamala pada saat itu telah memiliki kekasih yang merupakan teman kampusnya. Kamala dihadapkan pada sebuah pilihan yang besar, yakni memilih kekasih atau menjalankan tradisi dengan menikahi pria pilihan orang tuanya. Dalam kisahnya, Devi juga turut membantu Kamala dalam mengatasi dilema ini.   

Season 2 yang dinanti hingga kini

Akhir kisah Never Have I Ever adalah sebuah akhir yang cenderung plot twist dan tidak disangka-sangka oleh para penontonnya. Pada akhir serial ini, terdapat pesan bahwa serial ini akan merilis season 2 yang akan mengisahkan tentang kisah cinta Devi selanjutnya. Untuk kamu yang sudah menyaksikan serial ini, kira-kira siapa pria yang akan menjadi pilihan Devi?

Nah, itu dia ulasan tentang serial Netflix, Never Have I Ever. Serial ini sangat layak untuk ditonton, terlebih untuk kamu yang ingin refresh pikiran dengan serial yang ringan dan tentunya menghibur. Jangan lupa masukkan serial ini ke dalam wishlist kamu ya! Happy Watching!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak