alexametrics

Menikmati Keindahan Matahari Tenggelam di Pantai Kejawanan Cirebon

Xandra Junia In
Menikmati Keindahan Matahari Tenggelam di Pantai Kejawanan Cirebon
Kejawanan Cirebon saat Sunset (merahputih)

Siapa bilang Cirebon tidak memiliki tempat untuk menikmati sunset? Bagi kamu yang belum tahu, Cirebon memiliki pantai kebanggaan bernama Kejawanan. Lokasinya berada di Jl. Yos Sudarso. Tepatnya di dekat Pelabuhan serta Taman Wisata Ade Irma. Memang cukup jauh dari pusat kota, namun tempat ini sangat mudah dijangkau. Jika bertanya pada warga sekitar, kamu pasti akan diarahkan.

Kejawanan menjadi objek wisata yang paling diminati dari berbagai kalangan. Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam bersama orang terkasih. Selain menikmati pemandangan yang indah, kamu juga bisa berenang saat air laut surut. Namun, tetap perlu waspada, ya. Hal ini dikarenakan banyak bebatuan di sekitar pantainya. Selain itu, ada juga hewan laut yang dapat membahayakan telapak kakimu. Rasanya sakit dan gatal begitu kamu meyentuhnya. Lalu, di pagi hari, kamu akan bertemu dengan nelayan yang sibuk mencari ikan. Mereka juga biasa datang di sore hari.

Di sana, kamu dapat berkeliling mengitari pantai dengan perahu motor milik nelayan. Kamu pasti akan ditawari oleh mereka saat melewati area penyewaan tersebut. Tarifnya terbilang murah, yaitu Rp10.000. Sedangkan tiket masuk ke pantai itu sendiri hanya Rp2.000. Bahkan seringkali tidak perlu membayar. Tidak lupa juga menyiapkan pengeluaran untuk parkir.

Kejawanan terdapat para penjual yang menawarkan kuliner nikmat. Salah satunya, kerang bambu. Makanan laut ini sangat lezat. Terlebih jika disantap sambil memandangi indahnya pantau satu-satunya milik Cirebon ini. Selain kerang bambu, masih banyak menu lain yang bisa kamu cicipi. Untuk harga, tidak perlu khawatir. Dimulai dari belasan ribu, kamu sudah bisa kenyang. Namun, jika ingin lebih hemat, bisa dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Bagi kamu yang berencana akan turun ke laut, disana menyediakan tempat untuk mandi, kok. Sedangkan yang sekadar duduk, sangat direkomendasikan untuk mengambil tempat di bebatuan pinggir pantai. Seru, banget! Terlebih jika ditemani seseorang yang spesial. Kejawanan memiliki beberapa spot foto. Kamu tidak perlu malu berfoto disana, meskipun ramai. Hal ini dikarenakan banyak pengunjung lain yang melakukan hal serupa. Bahkan ada juga model yang memilih untuk melakukan pemotretan disana.

Kejawanan memiliki mitos bahwa air lautnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama kulit. Maka dari itu, tempat ini cukup ramai didatangi para orang tua. Pantai ini sempat kotor dikarenakan pengunjung yang membuang sampahnya sembarangan. Kemudian, diadakanlah kegiatan kerja bakti. Salah satu Youtuber terkenal asal Korea Selatan, Jan Hansol pun turut serta dalam pembersihan tersebut. Antusiasme Hansol dan warga Cirebon lainnya sangat membantu pantai ini menjadi seperti sedia kala.

Kejawanan biasa ramai dikunjungi saat akhir pekan atau sore hari. Kamu dapat menggunakan kendaraan apapun untuk mendatangi lokasinya tersebut. Jika dari pusat kota, diperlukan waktu sekitar 20 menit. Tempat ini sempat tutup dengan waktu yang cukup lama akibat Covid-19. Namun, kini, kamu dapat kembali menenangkan diri dan berwisata bersama orang-orang terdekat disana. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak