alexametrics

Telaga Cebong, Keindahan dalam 2 Sisi Pandangan

listiawan
Telaga Cebong, Keindahan dalam 2 Sisi Pandangan
Telaga cebong (Googlemaps.com/ahmadnurfaqihalthof)

Selamat datang di dimensi Dieng, dimensi di mana keindahan terbungkus dalam satu cerita yang tak kunjung usai, sebab Dieng dan bagian-bagiannya seakan menebarkan pesona keindahan yang tidak ada tandingannya. Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Dieng ini menjadi tempat yang berbatasan langsung dengan kabupaten Banjarnegara. Banyak wisata di Dieng atau biasa disebut Dieng Plateau ini yang menyimpan sejuta cerita untuk dicoba, yang mana tempat wisata di Dieng rata-rata memiliki satu ciri khas tersendiri. Seperti warna air yang berbeda di Telaga Warna, Golden Sunrise di Sikunir dan masih banyak lagi.

Berbicara mengenai Dieng, ada beberapa kategori tempat wisata yang ada di sini, seperti gunung, perbukitan, telaga, situs bersejarah, pemandian air panas, dan lain-lain. Pun yang sudah tadi disebut, telaga di kawasan Dieng menjadi destinasi terbaik bagi para wisatawan yang ingin liburan menenangkan hati dengan panorama alam di telaga, ada banyak telaga di Dieng, dimana pasti ada satu ciri khas yang bisa membedakan antara telaga 1 dan lainnya. Termasuk telaga yang satu ini, yaitu Telaga Cebong.

Bagian keindahan dari Dieng

Telaga Cebong adalah salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi, setidaknya sekali dalam seumur hidup, telaga ini salah satu bagian dari keindahan dari Dieng. meskipun telaga ini tidak sepopuler dibanding teman telaga lain di Dieng, akan tetapi untuk urusan panoramanya tidak kalah jauh bagusnya bahkan bisa disejajarkan danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Telaga Cebong tidak begitu populer dikarenakan lokasinya sangat dekat dengan Bukit Sikunir sehingga namanya tenggelam di balik kepingan surganya yang bersembunyi.

Telaga ini dulunya bekas kawah purba, yang mana banyak sekali spesies cebong atau berudu hidup di dalam telaga ini sehingga penamaan kata cebong berasal dari sini, juga kalau dilihat–lihat pola dari Telaga Cebong ini mirip sekali dengan bentuk cebong. Berdiri di ketinggian 2.036 MDPL dan memiliki luas 12 hektar, lokasi dari Telaga Cebong ini juga sangat cantik kalau dilihat dari puncak bukit sikunir. Alamat persisnya Telaga Cebong ini berada di Desa Sambungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Perlu diketahui Desa Sambungan merupakan desa tertinggi dan mempunayi julukan desa di atas awan.

Kamu bisa mencoba camping di sini, karena memang tempat ini difasilitasi area untuk camping, diiringi juga fasilitas lainnya seperti pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari yang menambah keseruan camping di tempat ini. fasilitas publik lainnya ada musala, toilet, warung makan dan area parkir. Karena Telaga Cebong dimanfaatkan untuk aliran sumber air warga setempat, kebersihan menjadi satu perhatian yang wajib di tempat ini.

Harga bukan sebuah masalah

Harga tiket masuk ke Telaga Cebong sebesar Rp.10.000, harga tiket masuk ke telaga sini juga termasuk harga tiket masuk ke Air Terjun Sikarim sehingga satu tiket masuk bisa untuk 2 tempat yang berbeda. Camping di Telaga Cebong bisa menjadi alternatif saat Bukit Sikunir ramai penuh dengan pengunjung, pemandangannya juga tak kalah bagusnya. Jadi jangan kecewa jika rencana campingmu gagal karena ramai pengunjung, akan ada banyak jawaban di Dieng, salah satunya telaga ini.

Rute menuju lokasi

Untuk bisa ke Telaga Cebong, jika Kamu berada dari pusat kota Wonosobo, menuju ke sisi barat lalu pergi ke arah Dieng, jalan menuju ke telaga ini hanya satu jalan saja, tiba di kawasan Dieng pergi ke arah Desa Sambungan yang mempunyai medan tanjakan curam, sesampainya di atas Kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Telaga Cebong dimana akan ada penujuk arah.

Penginapan terdekat

Penginapan terdekat ada Homestay Sikarim yang beralamat di  Jln Sikunir, Kejajar, Sembungan, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Harga dimuali dari Rp.250.000 per malamnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak