alexametrics

Curug Sikarim, Keindahan yang Abadi

listiawan
Curug Sikarim, Keindahan yang Abadi
Curug Sikarim (Googlemaps.com/pohonbumi)

Jika Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah punya julukan “Kota Atlas“, di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah tepatnya di kawasan Dieng mempunyai julukan “Sebuah Mutiara Yang Terpendam“. Hal ini dikarenakan banyak sekali wisata yang ada berkumpul di sini, dalam satu kawasan yang tak berjauhan. Sepertinya Kamu akan dibawa ke dimensi lain begitu memasuki kawasan Dieng Plateau ini, dari mulai Bukit Sikunir, Telaga Warna, Situs Candi, Kawah Sikidang dan masih banyak lagi wisata yang ada di Dieng Plateau ini. fenomena matahari yang terjadi di sini menambah kesan terbaik karena dipadukan dengan udaranya Wonosobo dan cantiknya Dieng.

Tiap-tiap wisata yang ada di Dieng punya sejarah unik tentang asal mulanya dan itu seperti magis untuk menarik wisatawan singgah menikmati bagian–bagian dari Dieng tersebut, selain panorama alam dan keindahannya. Semua yang ada di sini sangat spesial dan membekas dalam benak pengunjung, sebab Kamu tidak bisa menyelesaikan semua wisata yang ada di sini hanya dalam waktu singkat. Maka dari itu, Dieng Plateau menjadi sangat populer di mata wisata indonesia, bahkan dunia karena tak jarang ada turis mancanegara yang berkunjung ke sini.

Air yang mengalir melewati rupa mimpi Sikarim

Bagian dari Dieng yang tidak bisa dipisahkan adalah, Air Terjun Sikarim atau Curug Sikarim, wisata Curug Sikarim ini sangat terkenal karena lokasinya berada sangat dekat dengan Desa Sambungan, yaitu desa yang terkenal dengan sebutan desa diatas awan. Curug Sikarim ini juga berada di tengah antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir, pada ketinggian 1800mdpl, juga panjang dari curug ini 125m yang dimana airnya tak pernah berhenti mengalir. Pohon pakis juga tumbuh disekeliling curug ini sehingga menambah kesan segar saat mengunjungi Curug Sikarim ini.

Di tebingnya juga dipenuhi berbagai macam flora yang tersebar merata, seperti tanaman kacang, sledri, pisang dan masih banyak lagi. untuk sensasi yang ada di sini jangan ditanya, mengunjungi Wonosobo saja sudah terasa cantik dengan suasana daerahnya yang dingin menyejukkan, ditambah Dieng dimana dengan julukannya yang terkenal dan ditambah pemandangan akan Curug Sikarim ini. 3 dari unsur tersebut mereflesikan keseruan yang mendalam akan wisata, mungkin berlibur ke sini dan wisata lainnya yang ada di Dieng bisa menjadi wisata terbaikmu sepanjang hidup.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan jika berkunjung ke sini, karena lokasinya curug ini tinggi membuat jalan yang sudah beraspal menanjaknya agak terjal, Kamu harus memakai kendaraan yang cukup untuk bisa melawan tanjakan yang ada disini, tetapi setelah semua itu lulus, keindahan dan asrinya alam Wonosobo menunggu untuk dijelajah. Jangan lewatkan dengan tidak berfoto ria, karena walau masih dalam tahap pengembangan tempat, Curug Sikarim ini sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas pendukung seperti gazebo, jembatan penyebrangan air terjun dan spot–spot foto menarik.

Harga adalah teman

Harga tiket untuk menikmati air yang ada di Curug Sikarim ini Cuma Rp.10.000 per orangnya, sangat dan sangat sangat murah untuk wisata yang memberikan paket terbaik tentang alam. Kamu juga bisa mengadakan camping di sini, karena khusus sabtu dan minggu buka 24 jam sedangan untuk weekdays buka dari 7 pagi hingga jam 5 sore. Fasilitas publik lainnya yang disediakan adalah toilet, musala dan warung makan.

Rute menuju lokasi

Lokasi Curug Sikarim ini berada di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Rute menuju Curug Sikarim ini mudah karena hanya ada satu jalan, jika Kamu dari pusat kota, pergi ke sisi barat lalu jaran terus menuju arah Dieng, lalu pergi ke arah desa mlandi, disana Kamu akan melewati jalan berkelok dengan tanjakan yang sedikit curam. Setelah sampai atas akan ada penunjuk arah menuju Curug Sikarim ini, dan menikmati bagaimana alam bekerja disini.

Penginapan terdekat

Penginapan terdekat ada Homestay Sikarim yang beralamat di  Jln Sikunir, Kejajar, Sembungan, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Harga dimuali dari Rp.250.000 per malamnya, Kamu akan mendapat fasilitas yang layak dan lengkap juga melihat Wonosobo dari atas sini cukup indah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak