alexametrics

Kebun Teh Tambi, Kepingan Surga yang Tersembunyi

listiawan
Kebun Teh Tambi, Kepingan Surga yang Tersembunyi
Kebun Teh Tambi (Instagram.com/kebuntehtambiofficial)

Berbicara tentang Temanggung, berbicara juga soal ciri khas dan identitasnya sebagai kota yang terkenal dengan tembakaunya ini, apalagi jika kita melebarkan sayap ke pariwisata yang ada di Temanggung,  meski kota ini kurang populer dibanding kota kota sebelahnya, tapi untuk urusan pariwisatanya, kota Temanggung ini sepertinya tidak takut bersaing.

Jika ditelusuri lebih dalam, akan ada banyak tempat singgah yang menawarkan ‘healing ‘ padamu, dengan panorama gunung Sindoro dan Sumbing serta perbukitan yang ada di sekitarnya, membuat tempat-tempat singgah yang ada di Temanggung hampir mendekati sempurna, kamu seperti dibawa ke kepingan surga.

Entah dingin yang menusuk, pagi buta dan mataharinya, jika kamu bisa merasakan komposisinya, mungkin akan membuat pengalaman datang ke Temanggung seperti tidak terlupakan. Setiap titik di sini tidak ada yang mengecewakan meskipun hanya kota kecil dan tak sepopuler kota-kota lain.

Kepingan surga di Temanggung

Salah satu kepingan surga tersebut adalah Tambi, kebun teh peninggalan Belanda yang berada tepat dibawah lereng gunung Sindoro, bahkan tempat ini juga menjadi start awal para pendaki yang ingin naik ke gunung Sindoro. Lokasi ini juga dikenal karena selain akses menuju ke Dieng yang berada di Wonosobo sekitar 16 km ke arah utara, juga berada di tengah-tengah antara gunung Sindoro dan gunung Kembang. Dengan ketinggian yang mencapai 800 hingga 2000 MDPL  membuat Tambi memiliki udara yang sejuk nan menawan, ditambah pemandangan kebun teh yang alami dan pemandangan atas Temanggung.

Jalan menuju tempat ini juga menjadi jalan terbaik di daerah Temanggung, keistimewaan itu didapat karena perpaduan antara gunung Sindoro dan kota Temanggung dari atas sehingga panorama yang disajikan sangat sangat berkesan. Meskipun lokasi Tambi ini sudah masuk ke Wonosobo, tetapi sangat berdekatan dengan Temanggung, karena Tambi terletak pas di perbatasannya, tepatnya di Desa Tambi, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo.

Karena hanya berjarak 20 menitan dari Dieng, tempat ini menjadi sebuah alat pemanas ketika ingin berlibur ke Dieng, seperti permulaan dan beradaptasi dengan suhu yang ada di sana. Nantinya, akan ada pemandu dari sana yang menemani kamu berkeliling ke kebun teh yang luas ini, sambil melihat lihat karyawan yang memetik daun teh hingga melihat proses daun teh tersebut menjadi teh yang siap disajikan.

Semuanya itu bisa kamu dapatkan di sini, mengistirahatkan sejenak kehidupan karena selain merasakan alam pegunungan, kamu juga bisa menikmati keindahan sunrise. Untuk menikmati sunrise yang ada disini, kamu dapat mendatangi Tambi pada jam 4 pagi, nantinya kamu akan dibawa ke Tapak Sikatok yang ada disini.

So? jangan menunggu jauh jauh hari, kebun teh yang dibalut hamparan awan putih ditambah pemandangan matahari seperti cincin emas yang sewaktu waktu bisa terjadi, menunggu kaki kamu dipijakkan di sini. Untuk harga tiket masuknya pun sangat murah meriah, hanya Rp.5000 untuk kamu yang bawa mobil, dan Rp.2000 untuk kamu yang bawa sepeda motor. Fasilitas yang ada juga sudah lengkap, antara lain, area parkir yang luas, toilet, musala, camp area, warung makan dan wahana yang disediakan dengan berbagai macam paket, dengan minimal 10 orang yaitu paket standar harganya Rp.27.500 per orang, lalu ada paket eksklusif Rp.55.000 per orang dan yang terakhir ada paket eksklusif outbond dengan harga Rp.115.000 per orang. Cukup murah kan?

Rute menuju lokasi

Jalan menuju tempat ini jika dari pusat kota Temanggung, kamu mengambil ke Parakan, lalu lanjut ke arah Ngadirejo, terus naik utara ke arah Kabupaten Wonosobo, uniknya kamu akan melewati Jumprit yang terkenal sebagai pemandian air suci dan juga Wappit dengan pohon pinusnya, setelah melewati Jumprit, naik lagi hingga sampai di Tambi yang berada di desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Penunjuk kamu sudah sampai di sini yaitu ada gapura selamat datang Wonosobo karena lokasi ini berada pas di perbatasan.

Penginapan terdekat

Penginapan yang ada disini juga banyak yang menyediakan, salah satunya ada Pondok Wisata Tambi, yang berada di sekitar kebun teh Tambi, dari mulai harga 400an untuk 2 orang dan harga tersebut sudah termasuk semua, seperti sarapan, asuransi, pajak. Nomor untuk reservasinya adalah (0286) 3399032.

Jangan lama lama memutuskan untuk pergi ke Tambi, karena ini bukan pilihan, tapi jawaban.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak