alexametrics

Olimpiade Tokyo 2020 Trending, Ini 5 Rekomendasi Film Olahraga Indonesia

Xandra Junia In
Olimpiade Tokyo 2020 Trending, Ini 5 Rekomendasi Film Olahraga Indonesia
Film 3 Srikandi. (3srikandi.com)

Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang merupakan ajang olahraga internasional. Acara ini seharusnya dilaksanakan pada musim panas tahun lalu.

Namun, terjadi penundaan guna menghindari penyebaran virus corona yang saat itu tengah meninggi di hampir seluruh negara.

Bagi kamu pecinta olahraga dan juga seni peran, tahukah kamu bahwa ada banyak film yang bertemakan kegiatan menyehatkan tersebut?

Misalnya, 5 film Indonesia di bawah ini yang direkomendasikan untuk kamu tonton di waktu luang bersama keluarga.

1. King

Film ini disutradarai oleh Ari Sihasale yang dirilis pada 25 Juni 2009. King mengambil cerita kehidupan anak laki-laki bernama Guntur (diperankan oleh Rangga Raditya) yang bercita-cita menjadi atlet bulutangkis. Ia dan ayahnya yang merupakan komentator pertandingan antar kampung, sangat mengidolakan Liem Swie King.

Setiap hari, Guntur rajin berlatih agar dapat membanggakan daerah dan negaranya, Indonesia. Ia harus melewati berbagai rintangan, termasuk rivalnya, Arya, yang dibintangi oleh pebulutangkis muda populer, Jonatan Christie.

Selain Jonatan Christie, ada juga para atlet bulutangkis lainnya yang turut meramaikan film King. Mereka adalah Kevin Sanjaya, Maria Kristin, Hariyanto Arbi, Hastomo Arbi, Ivanna Lie, Rosiana Tendean, dan Liem Swie King.

Film ini juga meraih lima piala pada Festival Film Bandung dan Indonesia di tahun perilisan. Keren, ya!

2. Garuda di Dadaku

Press conference pemain serial Keluarga Garuda di Dadaku. [Suara.com/Yazir Farouk]
Press conference pemain serial Keluarga Garuda di Dadaku. [Suara.com/Yazir Farouk]

Garuda di Dadaku meraih jumlah penonton sebanyak 1,2 juta di hari pertama perilisannya, yakni 18 Juni 2009. Tak hanya itu, film ini juga meraih piala penghargaan dalam kategori Film Anak Terbaik pada Festival Film Indonesia.

Ceritanya, Bayu yang diperankan oleh Emir Mahira adalah seorang anak yang cinta akan sepak bola. Ia sangat ingin menjadi atlet yang mengharumkan nama bangsa. Namun, impiannya tersebut digagalkan oleh sang Kakek.

Bayu yang tak kenal putus asa, terus berlatih hingga masuk Timnas U-13 dan menjadi Kapten Timnas U-15 pada sekuel keduanya yang dirilis tiga tahun kemudian.

3. 6,9 Detik

Aries Rahayu Susanti merupakan atlet panjat tebing yang berhasil memenangkan medali emas pada Asian Games 2018.

Waktu puncak yang hanya 6,9 detik tersebut, membuat kisahnya diangkat menjadi film layar lebar dan dirilis pada 26 September 2019.

Tak hanya itu, di dalam cerita juga menjelaskan bagaimana perjuangan Aries Rahayu. Berawal dari gadis desa, tergabung pada Pelatnas Panjat Tebing Nasional, hingga dikenal dunia sebagai Spiderwoman.

4. 3 Srikandi

Film 3 Srikandi. (3srikandi.com)
Film 3 Srikandi. (3srikandi.com)

Film ini dirilis pada 4 Agustus 2016 dan berlatar waktu Olimpiade Musim Panas Seoul di tahun 1988. Saat itu, tiga pemanah asal Indonesia, yakni Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan), dan Kusuma (Tara Basro) berhasil memenangkan medali emas pertama.

Tiga srikandi ini memiliki masing-masing masalah rumit beberapa hari sebelum pertandingan. Salah satunya, batal untuk diberangkatkan. Namun, dengan menerapkan semangat tinggi, mereka akhirnya dapat membanggakan negeri pada cabang olahraga panahan.

5. Susi Susanti: Love All 

Rilis poster film Susi Susanti: Love All. [Yuliani/Suara.com]
Rilis poster film Susi Susanti: Love All. [Yuliani/Suara.com]

Nama Susi Susanti pasti tidak asing di telinga banyak masyarakat lokal karena prestasinya sebagai pebulutangkis. Perjalanan hidupnya ini dituangkan ke dalam film Susi Susanti: Love All yang dirilis pada 24 Oktober 2019.

Tokoh Susi Susanti diperankan oleh Laura Basuki. Sedangkan suaminya, yakni Alan Budi Kusuma yang juga pebulutangkis, diperankan oleh Dion Wiyoko.

Film ini menuai prestasi dengan tiga piala dari beberapa acara penghargaan. Tak hanya itu, pendapatan yang diperoleh juga tidak tanggung-tanggung, Rp4,1 miliar. Keren!

Itulah kelima rekomendasi film Indonesia bertemakan olahraga yang bisa kamu tonton. Tidak lupa juga untuk terus melihat aksi para atlet kita di seluruh cabang pada Olimpiade Tokyo.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak