alexametrics

5 Film Biografi Terbaik yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi Meraih Mimpi

Funcrev
5 Film Biografi Terbaik yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi Meraih Mimpi
Film Stephen Hawking. (Youtube)

Film biografi atau biopic adalah jenis film yang sangat menginspirasi karena diangkat dari kisah nyata tokoh. Selain sebagai wadah entertainment, biopic biasanya juga dijadikan sebagai metode pembelajaran. Pasalnya, dengan film biografi kita dapat lebih mengenal tokoh tersebut, apalagi jika digarap secara profesional dengan riset mendalam berdasarkan fakta-fakta sejarah.

Biasanya, dalam film yang biografi juga disisipkan banyak pesan moral yang bisa memberikan pelajaran baik bagi para penontonnya. Dan berikut adalah 5 daftar film biografi terbaik yang akan menginspirasi kamu dalam mengejar mimpi-mimpi.

1. The Theory of Everything (2014)

Tangkapan layar trailer film The Theory of Everything (2014). (YouTube: Universal Picture UK)
Tangkapan layar trailer film The Theory of Everything (2014). (YouTube: Universal Picture UK)

Bagi seorang yang bercita-cita sebagai seorang ilmuwan, film ini wajib banget untuk kalian tonton. Film menceritakan kisah tentang fisikawan jenius dan terkenal bernama Stephen Hawking (Eddie Redmayne) dalam menjalani kehidupannya sebagai seorang fisikawan. Tidak hanya menceritakan Stephen Hawking sebagai seorang fisikawan, tetapi juga mengupas lebih dalam kehidupan pribadi Stephen Hawking.

Tidak ketinggalan, di film kisah nyata terbaik ini juga diceritakan bagaimana Stephen Hawking bisa terkena penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) yang menyerang sistem motoriknya dan membuatnya harus berada di kursi roda seumur hidup Nya.

Film biography terbaik ini juga berhasil meraih satu piala Oscar untuk kategori Aktor Terbaik, yaitu Eddie Redmayne sebagai Stephen Hawking.

2.  The Social Network (2010)

Tangkapan layar trailer film The Social Network (2010). (YouTube: Sony Picture Entertainment)
Tangkapan layar trailer film The Social Network (2010). (YouTube: Sony Picture Entertainment)

Punya keinginan untuk menjadi seorang ahli IT yang handal, mungkin film ini cocok untuk mendorong semangat kamu dalam meraih mimpi. Film ini menceritakan seorang pria bernama Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) yang nantinya akan menjadi salah satu orang terkaya di dunia karena karyanya berupa media sosial bernama Facebook.

Film ini tidak hanya menceritakan Mark Zuckerberg seorang, namun juga menceritakan kisah bagaimana Mark dan kawan-kawannya menciptakan media sosial yang saat ini menjadi paling populer. Drama dan perselisihan dalam penciptaan Facebook menjadi sebuah cerita yang seru dan menegangkan dalam film produksi Sony Picture ini.

3. Snowden (2016)

Tangkapan layar trailer film Snowden (2016). (YouTube: Open Road Film)
Tangkapan layar trailer film Snowden (2016). (YouTube: Open Road Film)

Masih dalam tokoh di dunia teknologi informasi, film kali ini berasal dari seorang ahli IT dan juga cyber, Edward Snowden. Film biografi ini merupakan film drama kriminal bertema hackers atau intelijen di mana ceritanya dibuat berdasarkan kisah nyata Edward Snowden yang terjadi pada tahun 2013.

Film ini bercerita tentang seseorang bernama Edward Joseph Snowden yang tidak lulus SMA ingin mengabdikan hidup pada negaranya yaitu Amerika Serikat. Sebelum tergabung dalam CIA, Ia sempat menjadi seorang tentara. Karena mengalami banyak masalah, akhirnya Ia memutuskan berhenti dan melanjutkan kiprah pengabdiannya dalam dunia cyber.

Dalam menjalani pekerjaan barunya, Edward Snowden menemukan sebuah tindakan kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika serikat. Dengan susah payah dan segala strategi yang telah disiapkan, akhirnya Snowden berhasil memberi tahu dunia terkait kejahatan tersebut.

4. Bohemian Rhapsody (2018)

Tangkapan layar trailer film Bohemian Rhapsody (2018). (YouTube: 20th Century Studios)
Tangkapan layar trailer film Bohemian Rhapsody (2018). (YouTube: 20th Century Studios)

Memiliki mimpi menjadi seorang penyanyi super star, film ini sepertinya cocok untuk kamu saksikan. Film ini menceritakan tentang kehidupan Freddie Mercury, musisi dan vokalis dari band legendaris Queen. Judul filmnya sendiri diambil dari salah satu judul lagu Queen yang paling populer.

Lewat film ini, penonton bisa melihat kehebatan seorang Freddie Mercury dalam bermusik, termasuk menciptakan menciptakan lirik dan nada yang rumit. Musisi yang memiliki nama asli Farrokh Bulsara ini berhasil membawa Queen menjadi salah satu band terbaik di dunia. Melalui film ini juga, penonton dapat menyaksikan awal kehidupan Freddie sebelum terkenal.

5. The King's Speech (2010)

Tangkapan layar trailer film The King's Speech (2010). (YouTube: Transmission Films)
Tangkapan layar trailer film The King's Speech (2010). (YouTube: Transmission Films)

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang publik figur dan mampu memengaruhi banyak orang dengan public speaking, filmi ini cocok untuk kamu. Sebuah film biografi yang menceritakan kisah Raja George VI (Colin Firth) yang juga merupakan ayah dari Ratu Elizabeth yang sekarang menjabat sebagai Ratu Inggris. George sebagai seorang raja memiliki sebuah penyakit, yaitu selalu gagap jika berbicara atau pidato di depan orang banyak.

Hal tersebut membuat sebagian orang di istana menganggap King George tidak pantas untuk menjadi Raja Inggris. Perjuangan King George dalam mengatasi gugup dan penyakitnya tersebut menjadikan sebuah cerita biopic yang menarik untuk kita saksikan. Sisi ceritanya yang sangat inspiratif, film biography terbaik ini juga berhasil meraih empat Piala Oscar.

Itulah tadi lima film biografi yang dapat kamu jadikan sebagai inspirasi dalam mengejar mimpi-mimpi kamu. Film mana yang jadi favoritmu? Film tentang biografi adalah tontonan yang tidak akan merugikan apalagi jika digarap secara berkualitas. Banyaknya nilai kehidupan dan pesan moral menjadi ciri khas tersendiri dari film biografi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak