alexametrics

7 Ombak Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia

Lintang
7 Ombak Terbesar dan Paling Mematikan di Dunia
Ilustrasi ombak. (Shutterstock)

Apabila berbicara tentang ombak besar, maka secara tidak langsung akan berkaitan dengan olahraga selancar, atau biasa dikenal surfing. Surfing sendiri adalah olahraga yang berisiko, karena cuaca dan ombak tidak dapat diprediksi. Surfing dapat dilakukan oleh orang-orang ahli dan yang sudah berpengalaman. 

Di Indonesia sendiri, atlet selancar yang baru saja melaksanakan Olimpiade Tokyo 2020 adalah Rio Waida. Rio Waida bersaing ketat dengan Kanoa Iragashi. Namun, Rio Waida harus kalah dengan skor tipis 12,00 - 14,00.

Berikut ini adalah beberapa ombak terbesar yang tersebar di seluruh dunia, biasa digunakan oleh peselancar profesional

1. Mavericks - Half Moon Bay, California

Maverick adalah ombak brutal yang memisahkan pelabuhan Pillar Point di Half Moon Bay, Princeton-by-the-Sea, California. Tinggi Mavericks sendiri bisa mencapai 60 kaki.

Mavericks adalah salah satu lokasi olahraga berselancar yang pernah merenggut nyawa seorang peselancar legenda dari Hawaii, Mark Foo.

2. Jaws/Peahi - Maui, Hawaii

Berlokasi di pantai utara Maui, Ombak Jaws atau juga dikenal dengan Peahi mencapai 30-80 kaki. Jaws adalah ombak tercepat, terberat, dan terbesar di Samudra Pasifik.

3. Cortes Bank - San Diego, California

Ombak yang unik ini terletak kira-kira 100 mil dari lepas pantai California Selatan. Tempat ini merupakan sebuah pulau kecil, tepat di bawah permukaan laut terbuka. Ketika gelombang besar dari barat menarik keluar jauh ke arah pantai barat, mereka dapat meledak tepat di atas pulau kecil yang terendam di Cortes Bank. Hal itu yang membuat lokasi ini menjadi satu tempat selancar dengan gelombang besar dan paling berbahaya di dunia.

4. Praia do Norte - Nazaré, Portugal

Nazare sebenarnya merupakan tempat memancing yang berada di Portugal. Namun, dari sini dapat terlihat ombak besarm kemudian dijadikan tempat untuk berselancar. Kekuatan Nazare sangat besar dan berat, bahkan beberapa menyebutnya “The Surfboard Breaking Machine” atau mesin penghancur papan selancar. Ombak ini hampir mengambil nyawa peselancar profesional Maya Gabeira dan peselancar veteran Ross Clarke-Jones.

5. Ghost Tree - Pescadero Point, California

Berlokasi di lepas pantai Pebble Beach di California Utara, Ghost Tree merupakan ombak terberat di California. Di sini juga dipenuhi banyak ikan hiu daripada tempat lainnya di dunia. Hal yang meyakinkan bahwa ini merupakan gelombang berbahaya di California adalah adanya batu-batu besar yang berada di sekitar pantai.

6. Teahupoo - Tahiti, Polinesia Perancis

Teahupoo merupakan salah satu ombak yang menantang bagi para peselancar, karena ombak yang mematikan. Teahupoo berlokasi di ujung barat daya Tahiti, pulau utama dari kepulauan Polinesia Prancis. Hal yang membuat Teahupoo unik adalah terdapat seperti lipatan lautan di dalamnya.

7. Cyclops - Espérance, Australia Barat

Lokasinya terletak di pantai lepas Esperance, Australia Barat. Untuk menuju Cyclops, hanya bisa diakses dengan perahu. Perubahan kedalaman yang ekstrim akan membawa ke arah karang yang tajam. Nama cyclops berasal dari barel oval yang membentuk ombak tebal menyentuh karang. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak