alexametrics

Air Kawa, Cara Menikmati Kopi yang Berbeda Khas Jambi

Sri Nur Isnaini Isnaini
Air Kawa, Cara Menikmati Kopi yang Berbeda Khas Jambi
Ilustrasi Pohon Kopi. (pexels.com)

Menikmati secangkir kopi sore hari ditemani aneka kue tentu sangat menyenangkan. Aroma biji kopi berkualitas yang digiling dan diseduh selalu membangkitkan semangat.

Selain bijinya, ternyata ada bagian lain dari pohon kopi yang dapat dinikmati, yaitu daun. Seduhan daun kopi yang sudah disangrai tidak kalah nikmatnya. Bagi kamu pecinta kopi, wajib mencoba Air Kawa, seduhan daun kopi khas Jambi.

1. Asal usul  Air Kawa

Jambi adalah salah satu wilayah penghasil kopi yang terkenal di Indonesia. Kualitas kopi dari propinsi ini tidak diragukan lagi. Kabupaten Merangin merupakan penghasil kopi jenis Robusta. Bagi yang menyukai jenis Arabika, Kabupaten Kerinci pusatnya. Sedang yang menyukai kopi jenis Liberika, Kabupaten Tanjung Jabung Barat gudangnya.

Minuman Air Kawa ada sejak jaman kolonial. Kualitas kopi Jambi mengundang penjajah untuk datang. Panen kopi yang berlimpah diangkut oleh penjajah sedang penduduk lokal tidak dapat menikmatinya. Sebagai gantinya penduduk memanfaatkan daun kopi agar dapat menyeruput kopi yang nikmat.

Nama kawa berasal dari Bahasa Arab, yaitu kahwa yang berarti kopi. Selain di Jambi, Air Kawa juga banyak dijumpai di daerah Minangkabau. Wilayah Minangkabau juga merupakan penghasil kopi berkualitas di Sumatera.

2. Cara pembuatan

Meski saat ini produksi kopi yang melimpah dapat dinikmati oleh semua masyarakat, tradisi minum Air Kawa masih dilestarikan. Jika kamu ingin mencobanya langsung, kamu dapat datang ke pedesaan di wilayah Kerinci. Air Kawa banyak dijual di warung-warung dan menjadi minuman yang disuguhkan kepada tamu.

Pembuatan Air Kawa cukup mudah. Daun kopi yang berkualitas disangrai sampai kering kemudian ditumbuk halus dan diseduh. Seduhan Air Kawa kemudian disaring dan ditambah dengan gula sebagai pemanis. Air Kawa mempunyai rasa yang sepat dan aroma yang khas.

3. Keunikan Air Kawa

Air Kawa menjadi minuman tradisional khas Jambi, khususnya di Kabupaten Kerinci. Seduhan daun kopi ini dapat menghangatkan badan di wilayah pegunungan yang dingin. Ingat Kerinci, ingat Air Kawa.

Jika biasanya kopi disajikan dalam gelas atau cangkir, berbeda dengan Air Kawa. Minuman tradisional ini disajikan dalam wadah berupa tempurung kelapa dengan tatakan dari bambu. Ciri khas wadah ini menjadikan keunikan tersendiri.

Kenikmatan rasa Air Kawa akan bertambah jika diminum dengan ditemani aneka kue tradisional. Prosesi meminum Air Kawa bersama-sama dapat menciptakan suasana kekeluargaan dan keakraban.

4. Khasiat Air Kawa

Minum satu wadah Air Kawa bukan hanya dapat menghangatkan badan. Air Kawa mempuyai khasiat yang baik untuk kesehatan, yaitu mengobati reumatik, diabetes dengan menurunkan kadar insulin, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah serta menyembuhkan sakit magh.

Ingin mencoba minum Air Kawa dalam wadah tempurung kelapa ini? Datanglah ke Kabupaten Kerinci. Menyeruput Air Kawa, ditemani aneka kue tradisional di tengah hamparan pegunungan yang alami tentu akan menimbulkan sensasi tersendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak