alexametrics

Mengenal Lebih Dalam Piranha, Ikan Paling Mematikan di Dunia

Lintang Larissya
Mengenal Lebih Dalam Piranha, Ikan Paling Mematikan di Dunia
Ikan Piranha [unsplash]

Piranha memang dikenal sebagai salah satu ikan yang paling mematikan. Hidup berkoloni, ikan yang sering difilmkan dalam Hollywood ini diidentifikasikan sebagai ikan yang ganas dan dapat menyerang manusia.

Piranha merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan piranha juga sering ditemui di beberapa lembah hingga sungai yang berada di Amerika Selatan. Piranha juga dapat ditemukan di sekitar perairan Cina, Inggris, dan Texas. Tetapi ikan-ikan ini berasal dari ikan peliharaan yang dilepaskan ke sungai. 

Ternyata ikan piranha memiliki 60 spesies, beberapa bisa dipelihara dan diperjual belikan di pasaran, sedangkan beberapa tidak disarankan. 

Sedangkan di Indonesia sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014, bahwa ikan piranha dilarang masuk ke wilayah perairan Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan yang juga disebut piraña ini merupakan ikan predator dan dapat memangsa ikan lain, tak hanya itu ia juga akan melahap udang, katak, hingga burung yang akan membahayakan ikan asli di Indonesia. 

Meski digambarkan sebagai ikan yang memakan daging atau karnovira, beberapa piranha merupakan omnivora. Makanan piranha umumnya adalah serangga, ikan, krustasea, cacing, bangkai, biji, dan tanaman lainnya. Namun apabila sumber makanan berkurang, piranha dapat menyerang dan memakan sesama perkawanannya baik hidup ataupun yang sudah mati. 

Piranha tidak akan memakan manusia hidup-hidup, biasanya piranha akan memakan bangkai manusia yang sudah dalam keadaan sekarat atau mati begitu pula dengan kabar piranha yang memakan hewan yang lebih besar. 

Piranha tertarik dengan percikan air, suara, dan darah. Mereka akan terpancing dengan darah dan menjadi agresif. 

Studi yang dilakukan pada tahun 1872 mengatakan bahwa ikan piranha perut merah akan menyerang mangsanya mulai dari ekor atau mata mereka. Peneliti mengungkap strategi ini dilakukan karena dapat melumpuhkan mangsa dengan efektif. 

Dalam film-film dikisahkan bahwa piranha akan menyerang manusia, hal tersebut dikarenakan manusia mengganggu ketentraman piranha atau saat merasa telur-telur mereka terancam bahaya. 

Dapat disimpulkan bahwa piranha sejatinya bukanlah hewan yang berbahaya bagi manusia. Gambaran piranha dalam film memang terlalu dibesar-besarkan. Namun, tetap saja perlu waspada saat berenang di sungai yang penuh dengan piranha. Hindari berenang ketika sedang musim makanan sedikit atau sedang musim kawin. 

Piranha diketahui juga dapat mengeluarkan suara, lho! Piranha akan mempunyai tiga suara khas untuk memperingatkan lawannya. Jika merasa terancam oleh makhluk hidup lain, ia akan mengeluarkan suara yang mirip dengan gonggongan anjing. Sedangkan ketika bertarung dengan ikan lain, ikan piranha akan mengeluarkan suara mendengus atau bunyi gedebuk yang dihasilkan oleh organ swimbladder. Ia juga akan menggertakkan gigi-giginya ketika si lawan tak kunjung mundur. 

Tahukah kamu, jika piranha dapat dimakan? Sup piranha menjadi salah satu makanan populer di kawasan Pantanal, Brazil. Di beberapa komunitas di Amazon mengatakan bahwa piranha termasuk dalam afrodisiak atau makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual. 

Gimana nih, apakah kamu berani coba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak