facebook

5 Jajanan Kaki Lima Jepang Ini Populer di Indonesia, Pernah Coba?

Xandra Junia Indriasti
5 Jajanan Kaki Lima Jepang Ini Populer di Indonesia, Pernah Coba?
Onigiri khas Jepang (pixabay)

Seperti halnya Korea, negeri sakura, Jepang juga berpengaruh besar dalam dunia kuliner lokal. Keberadaan beberapa jajanannya dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, bahkan bisa menjadi begitu populer.

Disadur dari fun! japan dan antavaya.com, berikut 5 jajanan kaki lima Jepang yang dianggap paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

1. Takoyaki

Takoyaki (pixabay)
Takoyaki (pixabay)

Takoyaki bisa dibilang sangat populer di Indonesia. Keberadaannya paling mudah ditemukan diantara jajanan kaki lima Jepang lainnya. Bahan dasarnya adalah tepung terigu yang dibentuk bulat dengan panci khusus.

Isian takoyaki orisinil adalah gurita, namun saat ini banyak yang menggantinya dengan makanan laut lain, keju, ayam, dan lain-lain. Penyajiannya ditaburi katsuobushi, parutan ikan kering berwarna cokelat, yang terlihat seperti serutan kayu.

Kemudian, dilengkapi dengan mayones serta saus okonomiyaki yang memiliki rasa manis khas dan bertekstur sedikit lengket. Para penjual biasanya menawarkan porsi yang berisi 5, 6, 8, dan 10 buah takoyaki.

2. Mochi

Mochi Orisinil Jepang (pixabay)
Mochi Orisinil Jepang (pixabay)

Mochi menjadi jajanan khas negeri sakura yang juga populer di Indonesia. Kue ini berbahan utama beras ketan yang kemudian ditumbuk hingga lengket dan lembut. Bentuknya bulat dan versi orisinil diisi oleh adonan kacang.

Namun, kini mochi telah berinovasi dengan isian es krim. Warnanya juga semakin beragam, sehingga tidak terlihat monoton (dulu hanya putih saja). Biasanya, jajanan ini disantap saat perayaan tahun baru Jepang atau beberapa acara tradisional lainnya.

3. Onigiri

Onigiri khas Jepang (pixabay)
Onigiri khas Jepang (pixabay)

Onigiri memiliki kemiripan dengan kimbap, sebuah jajanan kaki lima khas Korea Selatan. Bahan dasarnya berupa nasi yang dicampur dengan berbagai macam daging cincang, mulai dari ayam, sapi, hingga tuna. 

Namun, kebanyakan onigiri tidak menggunakan sayuran seperti halnya kimbap yang diisi timun dan wortel. Bentuknya juga cenderung menyerupai segitiga dan karung beras (lonjong mirip lemper).

Nasi pada onigiri dikepal dan kemudian dibungkus menggunakan rumput laut kering. Jajanan ini tergolong ke dalam kategori camilan berat. Namun, banyak orang yang menjadikannya teman makan mie instan. Apakah kamu juga demikian?

4. Dorayaki

Dorayaki (freepik)
Dorayaki (freepik)

Kamu pecinta anime Doraemon pasti tidak asing dengan Dorayaki. Jajanan ini menjadi makanan favorit robot kucing tersebut dan sejak saat itu keberadaannya kian populer, termasuk di Indonesia. Beberapa orang mengatakan bahwa camilan ini mirip kue khamir.

Dorayaki merupakan kue panekuk yang ditumpuk menggunakan selai kacang merah. Bentuknya bulat tebal dan berwarna cokelat, karena proses pembuatannya yang dipanggang. Jajanan ini memiliki tekstur lembut dan terasa seperti castella berkat madu yang dimasukan ke dalam adonannya.

Seiring perkembangan zaman, dorayaki menjadi lebih bervariasi. Ada yang diisi cokelat, keju, dan perasa buah-buahan yang tentu mampu menggugah selera. 

5. Gyoza

Gyoza (pixabay)
Gyoza (pixabay)

Gyoza adalah jajanan berupa pangsit yang sebetulnya berasal dari Cina. Versi Korea-nya dinamakan mandu. Kulit gyoza terbuat dari tepung yang kemudian diisi oleh potongan kucai, kubis, dan bawang putih, serta daging babi atau ayam cincang. 

Biasanya, gyoza dimasak dengan cara digoreng dengan sedikit minyak. Kemudian, disantap menggunakan saus raayu yang merupakan campuran dari kecap asin, minyak cabai, dan cuka. Jajanan ini cocok disantap pada musim dingin.

Nah, dari kelima jajanan kaki lima Jepang populer di atas, mana yang pernah kamu coba? Apakah salah satunya ada yang menjadi favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak