facebook

4 Kuliner Thailand Paling Populer di Indonesia, Adakah Favoritmu?

Xandra Junia Indriasti
4 Kuliner Thailand Paling Populer di Indonesia, Adakah Favoritmu?
Mango Sticky Rice (pixabay)

Thailand merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang juga dikenal kaya akan cita rasa kuliner. Rasa dari makanan khas Thailand ini cenderung asam, tetapi tetap disukai banyak orang karena menyegarkan.

Jumlah menu yang ditawarkan sangat banyak. Namun, berikut ini 4 kuliner Thailand paling populer di Indonesia.

1. Tom Yum

Tom Yum (pixabay)
Tom Yum (pixabay)

Makanan satu ini menjadi yang paling populer baik di negara aslinya, Indonesia, dan berbagai belahan dunia. Tom Yum merupakan kuliner khas Thailand yang menyerupai sup. Namun, rasanya lebih asam dan menyegarkan.

Kuahnya sendiri cenderung oranye kuning yang berasal dari beragam rempah. Isiannya berupa aneka sayuran, seperti sawi, pokcoy, dan jamur enoki.

Lalu, dilengkapi dengan daging ayam, ikan, atau produk laut (seafood). Mulai dari udang hingga cumi-cumi.

2. Pad Thai

Pad Thai (pixabay)
Pad Thai (pixabay)

Selanjutnya, ada kuliner Thailand yang juga memiliki rasa asam dan populer, Pad Thai. Makanan ini merupakan mie beras yang ditumis dengan telur dan tahu. Biasanya, sering dijumpai di pinggir jalan atau berbagai restoran lokal setempat.

Pad Thai juga bisa dicampur menggunakan sayuran, seperti tauge, kucai, dan lobak. Varian lainnya dilengkapi dengan ayam serta produk laut (udang, cumi, atau kepiting). Rasa asamnya berasal dari daging buah asam dan irisan jeruk nipis.

Begitu matang, Pad Thai ditaburi kacang tanah dan disantap bersama saus yang terbuat dari cabai merah. Para vegetarian bisa mengganti kecap asin sebagai pengganti kecap udang saat menumis makanan tersebut.

3. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice (pixabay)
Mango Sticky Rice (pixabay)

Bagi kamu pencinta, dessert mungkin sudah tidak asing dengan kuliner khas Thailand satu ini. Mango Sticky Rice terdiri dari beras ketan yang dicampur santan serta potongan buah mangga. Biasanya disantap saat musim panas sekitar bulan April dan Mei.

Cara membuatnya, ketan dimasak dengan cara dikukus seperti kamu menanak nasi. Seringkali, jenis yang dipakai adalah dengan gluten karena memiliki tekstur lebih baik.

Untuk mangga, biasanya dipilih yang berasa manis, seperti nektar bunga (Nam Doc Mai dalam bahasa Thailand). Makanan ini semakin nikmat jika sebelumnya disimpan terlebih dahulu pada lemari pendingin.

Satu varian lain mencampurkan setengah ketan hitam agar tampilannya lebih cantik dengan warna ungu. Apakah kamu pernah mencobanya?

4. Khao Pad

Khao Pad (pixabay)
Khao Pad (pixabay)

Menurut bahasa Thailand, khao adalah nasi dan pad berarti menumis. Dengan kata lain, kuliner satu ini merupakan nasi goreng khas negeri Gajah Putih. Beras yang digunakan biasanya berjenis melati dan memakai kecap asin atau nam pla.

Berbagai bahan yang dimasukkan untuk melengkapi Khao Pad adalah ayam, kepiting, udang, telur, dan tomat. Kemudian, disajikan bersama potongan mentimun, jeruk nipis, dan daun bawang yang ditaburi diatasnya. Variasi lain dari kuliner ini adalah menggunakan kemangi, nanas, babi, dan kelapa.

Nah, dari keempat kuliner Thailand yang dianggap paling populer di atas, adakah salah satu favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak