facebook

5 Rekomendasi Makanan Tradisional Pengganti Kue Tart untuk Hari Ulang Tahun

Xandra Junia Indriasti
5 Rekomendasi Makanan Tradisional Pengganti Kue Tart untuk Hari Ulang Tahun
Ilustrasi getuk (resepkekinian)

Hari ulang tahun merupakan momen yang seringkali perlu diperingati karena dianggap indah. Biasanya, perayaan seperti ini identik dengan kue tart yang diberi lilin. Namun, banyak dari kamu yang mungkin bosan dengan kue tart. Sebagai solusi, kamu bisa menggantinya dengan kue tradisional khas nusantara.

Nah, berikut ini 5 rekomendasi kue tradisional yang bisa menggantikan kue tart dan mewujudkan momen ulang tahunmu agar terasa lebih lokal.

1. Bolu Kukus

Bolu Kukus (freepik)
Bolu Kukus (freepik)

Pertama, kamu bisa mengganti kue tart dengan bolu kukus saat perayaan ulang tahun. Jajanan tradisional ini berbahan dasar terigu, berbentuk mekar, bertekstur lembut, serta memiliki rasa manis. 

Wanginya yang khas seringkali diperoleh dari daun pandan. Untuk warnanya sendiri beragam, mulai dari putih, cokelat, merah, hijau, dan masih banyak lagi. Kamu bisa pilih sesuai selera atau yang menjadi favoritmu.

2. Lapis Legit

Lapis Legit (cookpad)
Lapis Legit (cookpad)

Kalau yang satu ini memiliki bahan dasar dan bentuk paling mirip dengan kue ulang tahun. Pembuatannya sama-sama menggunakan tepung terigu, tapi lapis lebih legit dan aromanya sangat harum.

Untuk membuatnya, kamu perlu ketelitian dan kesabaran karena tiap lapisan memiliki cara masak yang berbeda. Saat dijadikan kue ulang tahun, cukup tambahkan lilin diatasnya.

3. Kue Mangkok

Kue Mangkok (piknikdong)
Kue Mangkok (piknikdong)

Selain lapis legit, kamu juga bisa mengganti tart dengan kue mangkuk agar momen ulang tahunmu terasa lebih lokal. Kue ini berbentuk layaknya mangkuk atau bunga mekar yang tidak jauh berbeda dari bolu kukus. Namun, terasa lebih asam karena menggunakan tapai singkong sebagai bahannya.

Kue mangkok biasa diberi warna-warna cerah, sehingga cocok untuk kamu jadikan pengganti tart. Penampilannya ini dapat mencerminkan kebahagiaan dan semangat tinggi.

4. Getuk

Getuk (resepkekinian)
Getuk (resepkekinian)

Getuk adalah kue khas masyarakat Jawa yang dikenal dengan keramaian si penjual. Pasalnya, saat berkeliling menjajakan jajanan ini, mereka memutar musik dengan volume yang sangat keras.

Bahan utama getuk adalah singkong yang dilembutkan bersama gula dan pewarna makanan. Kemudian, dicetak berbentuk kotak dengan sedikit gerigi. Penyajiannya sendiri ditambahkan parutan kelapa.

Warna-warni dari getuk ini membuatnya cocok untuk dijadikan kue ulang tahun sebagai pengganti kue tart agar terasa lebih lokal. Warna-warni dari kue getuk juga bisa memberi kesan keceriaan serta kesenangan pada hari kelahiranmu.

5. Cucur

Kue Cucur (resepkoki)
Kue Cucur (resepkoki)

Terakhir, ada kue cucur yang terbuat dari tepung terigu dan gula merah. Bentuknya bulat melebar dengan ketebalan di bagian tengah, sedangkan sisinya lebih tipis. 

Dengan warna cokelat, kue cucur ini memiliki rasa cenderung manis. Untuk dijadikan kue ulang tahun, kamu bisa menumpuknya hingga mirip pai, lalu taruh lilin di bagian atas dan kue tart lokalmu sudah bisa dihidangkan.

Kue cucur sendiri biasanya disantap di pagi atau sore hari. Lebih terasa nikmat apabila dilengkapi dengan minuman hangat, seperti teh atau kopi.

Itulah kelima rekomendasi kue tradisional yang bisa menggantikan tart di hari ulang tahunmu agar terasa lebih lokal. Nah, dari kelima kue tradisional di atas, mana yang akan kamu jadikan saat perayaan ulang tahun?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak