facebook

6 Rekomendasi Film Horor Diadaptasi dari Kisah Nyata, Berani Nonton saat Malam Jumat?

Xandra Junia Indriasti
6 Rekomendasi Film Horor Diadaptasi dari Kisah Nyata, Berani Nonton saat Malam Jumat?
Chucky pada Child's Play (twitter/chuckyisreal)

Sudah sampai di hari Kamis atau malam Jumat, nih. Waktu ini identik dengan hal-hal yang berbau mistis, sehingga cocok kamu isi dengan menonton film horor.

Total tontonan horor yang telah dirilis berjumlah tak terhingga. Namun, beberapa diantaranya konon merupakan hasil adaptasi dari kisah nyata. Apa saja? Ini dia rekomendasi film horor diadaptasi dari kisah nyata.

1. The Conjuring

The Conjuring (instagram/theconjuring)
The Conjuring (instagram/theconjuring)

The Conjuring memulai kisahnya pada tahun 2013 dan menjadi film horor seri yang selalu ditunggu penonton. Musim ketiganya baru saja dirilis pada 2 Juni 2021 lalu, dengan judul The Devil Made Me Do It.

Penghasilan tiap filmnya selalu mencapai angka ratusan juta dollar, dengan durasi sekitar 112 menit. Tak hanya yang berjudul sama, The Conjuring Universe juga meliputi Annabelle dan The Nun.

Semua film yang termasuk ke dalam The Conjuring Universe merupakan hasil adaptasi dari kisah nyata Ed dan Lorraine Warren terkait dunia supranatural. Pasangan paranormal ini diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga.

Sebagai tambahan informasi, boneka Annabelle yang asli disimpan oleh Ed dan Lorraine pada sebuah museum khusus sebelum mereka meninggal. Bentuknya juga berbeda dengan apa yang selama ini ditampilkan pada film.

2. The Exorcist

The Exorcist (catchplay)
The Exorcist (catchplay)

The Exorcist merupakan salah satu film horor terbaik sepanjang masa. Rilis pada 26 Desember 1973 dengan durasi 122 menit, karya ini berhasil meraih pendapatan sebesar $441 juta!

Ceritanya diadaptasi dari novel best seller dengan judul sama karya William Peter di tahun 1971. Konon, kisah ini didasarkan oleh kasus pengusiran setan nyata yang dialami anak laki-laki bernama Roland Doe di Washington D.C pada 1949.

Dalam film, Regan MacNell (Linda Blair) dirasuki roh jahat usai dirinya memainkan Ouija, sebuah permainan huruf yang dikenal dapat memanggil arwah. Kondisinya semakin memburuk setelah berkali-kali dilakukan pengusiran.

3. The Amityville Horror

The Amityville Horror (imdb)
The Amityville Horror (imdb)

Kamu pecinta horor pasti tidak asing dengan salah satu kasus terkeji di Amerika Serikat ini. Ronald Defeo membunuh seluruh keluarganya yang saat itu tinggal di kawasan Amityville.

Kasus ini terjadi pada 13 November 1974 dengan enam korban ditembaki hingga tewas. Kemudian, kisahnya ini diangkat menjadi buku dan film yang bertajuk The Amityville Horror, tayang sejak 27 Juli 1979.

Namun, ceritanya tidak membahas tentang pembunuhan yang dilakukan Defeo. The Amityville Horror menyajikan kisah penghuni rumah usai kejadian tersebut, George Lutz (James Brolin) beserta istri dan anak-anaknya.

Durasi film ini mencapai 118 menit dengan keuntungan lebih dari $80 juta. Sepanjang menontonnya, kamu akan diselimuti situasi yang mencekam serta rasa tegang.

4. Child's Play

Chucky pada Child's Play (twitter/chuckyisreal)
Chucky pada Child's Play (twitter/chuckyisreal)

Child's Play yang tayang pada 9 November 1988 ini merupakan kisah pertama dari serial boneka pembunuh berantai, Chucky. Durasinya mencapai 87 menit dengan pendapatan di atas $44 juta.

Sejak awal perilisannya, suara karakter Chucky diisi oleh Brad Douriff. Boneka berjenis good guy ini merupakan hasil pemasukan jiwa Charles Lee Ray dengan proses voodoo. Ia pertama kali dimiliki oleh Andy Barclay (Alex Vincent).

Disebutkan bahwa Child's Play berasal dari kisah nyata. Pada tahun 1903, terdapat boneka laki-laki bernama Robert yang dianggap menjadi dalang berbagai kasus pembunuhan. Sejak itu, ia disimpan di dalam sebuah museum.

5. The Possesion

The Possesion (rottentomatoes)
The Possesion (rottentomatoes)

Selanjutnya, ada The Possesion yang diangkat dari cerita nyata kotak dybbuk berhantu. Film ini dirilis pada 31 Agustus 2012 dengan durasi 92 menit. Mereka meraih keuntungan hingga lebih dari $60 juta.

The Possesion menceritakan putri bungsu Clyde (diperankan oleh Jeffrey Dean Morgan) yang membeli kotak kayu antik dari sebuah pameran. Segala kejadian buruk bermula dari sini. 

Ia merasa sang anak berperilaku aneh dan menduga dipengaruhi oleh roh kotak tersebut. Ia kemudian menemukan ukiran aneh serta mencari cara untuk menyelamatkan putrinya.

6. Open Water

Open Water (netflix)
Open Water (netflix)

Open Water merupakan film horor berlatar tempat laut yang dirilis pada 26 Oktober 2003. Isinya menceritakan tentang pasangan yang menyelam guna memicu pertolongan karena tidak sengaja ditinggal oleh awak kapal.

Namun, aksi tersebut membuat keduanya dikelilingi oleh sekumpulan hiu ganas. Dengan durasi mencapai 79 menit, film ini dibintangi Blanchard Ryan, Daniel Travis, dan Saul Stein. 

Open Water merupakan adaptasi dari kisah nyata Tom dan Eileen Lonergan. Pada tahun 1998, mereka mengalami cerita yang sama dengan film. Lokasi tepatnya berada di Great Barrier Reef.

Itulah keenam rekomendasi film horor diadaptasi dari kisah nyata. Apakah kamu berani untuk menontonnya di malam Jumat nanti? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak