facebook

4 Fakta Jalur Pantura, Transformasi Jalan Raya Pos yang Dibangun Semasa Daendels

Fatson Tahya
4 Fakta Jalur Pantura, Transformasi Jalan Raya Pos yang Dibangun Semasa Daendels
Jalur Pantura (Twitter/@kotaindramayu)

Jalur Pantai Utara atau yang lebih dikenal dengan nama Jalur Pantura, adalah salah satu jalan utama yang ada di Pulau Jawa. Jalur Pantura juga disebut Jalan Nasional Rute 1. Nama lain dari Jalur Pantura adalah Jalan Raya Pos (De Grote Postweg), atau bisa juga disebut sebagai Jalan Daendels. Nama ini identik pada masa penjajahan Belanda. Berikut 4 fakta Jalur Pantura!

1. Dibuat pada zaman penjajahan Belanda

Jalur Pantura dibangun pada masa penjajahan Belanda. Alasan Belanda membuat jalur ini adalah untuk memperlancar distribusi kebutuhan Belanda di sepanjang pulau Jawa. Ada juga yang menyebutkan alasan Belanda membangun jalur ini adalah untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris. Pada saat itu, pembangunan jalur ini dipimpin oleh Herman Willem Daendels, seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Maka dari itu, Jalur Pantura juga disebut sebagai Jalan Daendels.

2. Terbentang dari barat sampai timur Pulau Jawa

Jalur Pantai Utara atau Jalur Pantura memiliki panjang jalan sekitar 1.300 km yang terbentang dari barat sampai timur Pulau Jawa. Tepatnya dari Pelabuhan Merak sebagai ujung barat dari jalur ini sampai ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, sebagai ujung paling timur dari Jalur Pantura ini.

3. Dibuat dengan sistem kerja paksa

Penjajah Belanda membangun Jalur Pantura dengan sistem kerja paksa. Pada waktu itu, pembuatan jalur ini dipimpin oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yaitu Herman Willem Daendels. Pada proses pembanguna jalur ini, banyak para pekerja yang meninggal karena sistem penjajah Belanda dirasa cukup berat. Jalur pantura menjadi saksi bisu bagaimana kekejaman sistem kerja paksa pada waktu itu.

4. Melewati 5 provinsi

Jalur Pantura melewati 5 provinsi di sepanjang pesisir pantai utara Jawa. 5 provinsi yang dilalui jalur pantura adalah Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dengan Provinsi Banten sebagai ujung paling barat dari Jalur pantura. Sedangkan sebegai ujung paling timur dari Jalur Pantura adalah Provinsi Jawa Timur. Bisa dibayangkan bagaimana panjangnya Jalur Pantai Utara ini.

Itulah fakta Jalur Pantura yang perlu kamu ketahui.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak