facebook

Tak Hanya Seru, Ini 5 Nilai Hidup dari Serial Animasi Upin dan Ipin

Xandra Junia Indriasti
Tak Hanya Seru, Ini 5 Nilai Hidup dari Serial Animasi Upin dan Ipin
Upin dan Ipin (instagram/upinipinofficial)

Upin dan Ipin merupakan salah satu serial animasi populer yang berasal dari Malaysia. Penayangannya di saluran televisi Indonesia sendiri sudah cukup lama. Kamu bisa menontonnya melalui MNCTV.

Serial ini menceritakan kehidupan dua anak laki-laki kembar, Upin dan Ipin bersama keluarga, teman-teman, tetangga, dan kerabat dekat lainnya. Selain seru, kamu juga bisa memperoleh berbagai pesan dari kartun tersebut.

Nah, di bawah ini ada 5 diantaranya, nilai hidup dari serial animasi Upin dan Ipin.

1. Mandiri

Nilai hidup pertama dari serial Upin Ipin adalah mandiri. Sikap ini ditunjukkan oleh semua tokoh anak-anak yang tidak jarang mampu melakukan sesuatu tanpa bantuan orang dewasa.

Terlebih, Upin, Ipin, dan Kak Ros yang sudah tidak lagi memiliki orang tua. Meski ada Opah yang berkewajiban sebagai wali, ketiganya tetap dapat mengerjakan sesuatu secara mandiri.

2. Bekerja Keras

Banyak serial animasi yang menunjukkan kerja keras para karakternya, termasuk Upin dan Ipin. Di antaranya ditampilkan oleh Kak Ros, Opah, Upin, Ipin, Mail, Tok Dalang, dan lain-lain.

Kak Ros menitip nasi lemak jualannya pada warung Paman Muthu, guna membantu Opah dalam menafkahi keluarganya. Upin dan Ipin pun sering ikut mendistribusikan dagangan sang kakak. Di salah satu episode, mereka bahkan berjualan es potong.

Selanjutnya, Tok Dalang melakukan segala pekerjaan demi menghidupi dirinya sendiri. Tak peduli usia yang semakin renta, ia memanfaatkan tenaga dan keahliannya untuk mengerjakan sesuatu.

Sementara itu, Mail dikenal sebagai karakter anak yang paling aktif dan terampil dalam bekerja. Ia berjualan ayam bakar siap makan di pasar bersama sang ibu. Jiwa bisnisnya tersebut sudah muncul sejak dini.

3. Saling Menyayangi

Melalui serial animasi ini, kamu juga akan menemukan pesan bahwa tiap manusia perlu saling menyayangi. Sikap ini dibuktikan oleh keluarga Upin Ipin yang terdiri dari Opah serta Kak Ros.

Kak Ros dan adik-adiknya seringkali bertengkar, tetapi tidak mengurangi rasa sayang yang tumbuh pada keluarga tersebut. Opah juga dikenal sangat menyayangi dan menjaga ketiga cucunya, meski ia sudah berusia senja. 

4. Setia Kawan

Selanjutnya, sikap setia kawan diperlihatkan oleh Upin, Ipin, bersama teman-teman sekolah yang juga menjadi tetangganya. Mereka seringkali berbeda pendapat dan bertengkar. Namun, tetap memilih untuk selalu berteman baik.

Maknanya, serial animasi ini mengajarkan penonton bahwa teman baik tidak akan memutuskan hubungan hanya karena masalah yang bahkan mungkin sepele. Mereka hanya perlu waktu untuk saling menenangkan diri dan kemudian kembali melakukan hal bersama.

5. Peduli dengan Sesama

Upin dan Ipin juga memberikan pesan bahwa kamu sebagai manusia perlu peduli dengan sesama. Perilaku ini dimulai dari orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, serta para tetangga. Dengan begitu, dapat memicu kententraman.

Kepedulian ditampilkan oleh hampir keseluruhan tokoh. Di antaranya, keluarga Upin dan Ipin melakukannya pada Tok Dalang, yang tinggal sendirian. Begitu pun dengan kakek bernama asli Alang tersebut yang juga sering membantu mereka.

Itulah lima nilai hidup yang bisa dipetik dari serial animasi populer Upin dan Ipin. Apakah kamu salah satu yang sering menontonnya di waktu luang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak