facebook

Mengenal Sosok Ibu Kasur, Pejuang Pendidikan Anak Indonesia

Annisa Zahrotun Nafiah
Mengenal Sosok Ibu Kasur, Pejuang Pendidikan Anak Indonesia
Google Doodle Ibu Kasur (youtube.com/Doodle Catalog)

Nama asli Ibu Kasur adalah Sandiah. Nama Ibu Kasur disematkan karena beliau adalah istri dari Pak Kasur (Soerjono). Diambil dari kata Soer pada Soerjono. Kak Sur adalah panggilan masa muda Pak Kasur. Hari ini adalah tepat hari kelahiran Ibu Kasur. Ibu Kasur lahir tanggal 16 Januari 1926 di Batavia, Hindia Belanda. Pada tahun 1930-an, beliau berhasil menamatkan pendidikan di MULO (Meer Uirgetreid Lager Onderwijs). 

Semasa hidupnya, Ibu Kasur telah banyak berpartisipasi dalam menunjang pendidikan anak-anak. Mulai dari mengisi acara anak, mendirikan TK dan menciptakan lagu anak-anak. Pada tahun 1962, Ibu Kasur membawakan acara anak di TVRI, seperti Arena Anak-anak dan Mengenal Tanah Airku. Bu Kasur juga menjadi pengasih acara Taman Indira pada tahun 1970-an.

Setelah kemunculan RCTI sebagai TV swasta, beliau juga ikut mengisi di acara Hip Hip Ceria. Bukan hanya di dunia pertelevisian, beliau juga ikut andil dalam pembuatan buku seri dongeng bersama Ibu Kasur yang berjudul Air Mata Sang Pohon Purba. Bu Kasur juga sempat menjadi pengasuh rubrik di majalah Bocil

Bersama dengan suaminya, Ibu Kasur mendirikan TK Mini tahun 1965 di kawan rumahnya di Jakarta. Beberapa tokoh Indonesia seperti Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman dan Ateng adalah lulusan TK Mini Bu Kasur. Setelah Pak Kasur meninggal pada 1992, lembaga pendidikan anak itu berubah menjadi TK Mini Pak Kasur dan memiliki beberapa cabang di Jakarta.

Selain itu, Ibu Kasur bersama Pak Kasur juga menciptakan lagu bersama. Beberapa lagu ciptaan Ibu Kasur yang terkenal adalah Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi. Pasangan ini bisa menjadi teladan bagi pasangan lain untuk terus ikut andil dalam pendidikan anak-anak di Indonesia.

Ibu Kasur mendapat banyak penghargaan atas semua jasanya. Pada tahun 1992 Ibu Kasur mendapat penghargaan Bintang Budaya Para Dharma. Pada tahun 1988, beliau juga mendapat penghargaan dari Presiden dalam rangka Hari Anak Nasional. Tidak hanya dari dalam negeri, pada tahun 1976,Ibu Kasur juga mendapat penghargaan Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari Pemerintah Italia. 

Pada usia 76 tahun, tepatnya 22 Oktober 2022, Ibu Kasur menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cikini, Jakarta akibat stroke. Beliau dimakamkan di Banyumas, Jawa Tengah di samping makam Pak Kasur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak