facebook

Ulasan The Journey, Anime Berkisah Jazirah Arab

Iin Atiqotul Mirah
Ulasan The Journey, Anime Berkisah Jazirah Arab
Poster anime The Journey.[IMDB]

Membahas anime pasti yang ada dipikiran pada umumnya adalah buatan Jepang, tapi tidak dengan yang satu ini. The Journey merupakan anime kolaborasi Jepang dan Arab Saudi. Jadi jangan bingung kalau anime ini punya 3 sebutan yaitu Ar-Rihlah (Arab), Taiko Arabia Hantou de ni Kiseki to Tatakai no Monogatari (Jepang) dan The Journey (Inggris). Digarap oleh studio Manga Productions (Arab Saudi) dan Toei Animation (Jepang) yang dibuat movie dengan durasi 1:49 menit, rilis pada bulan Juni 2021.

Sangat berbeda dari anime pada umumnya karena menyediakan dubing dalam bahasa Arab dan Jepang. Dulu pertama kali rilis saya sangat excited nonton anime ini dengan dubing bahasa Arab. 

Bukan cuma dubing dan grafisnya saja yang keren, ceritanya juga cukup menarik. Kenapa saya bilang ceritanya cukup menarik? Karena anime jepang pada umumnya menceritakan kisah seperti bajak laut, ninja, pertarungan, isekai dan fantasi-fantasi lainnya. Namun anime ini mengambil kisah dari peristiwa perang gajah di Jazirah Arab, yang mana ini akan menjadi anime bertema agama, jadi ingat pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI (Madrasah Ibtidaiyah). Tapi memang tidak semua yang diceritakan di anime adalah cerita aslinya, pasti sudah ada bagian-bagian yang disesuaikan dengan cerita dari sang penulis. Salut banget sama tim dari kedua negara yang sudah bekerja sama mulai dari menulis cerita, membuat karakter, background, storyboard, dan yang lainnya hingga selesai.

Tokoh utamanya seorang pemuda tampan pembuat tembikar bernama Aws, dia ini punya masa lalu yang kelam pada akhirnya dia memutuskan untuk mengikuti pertempuran dalam rangka melindungi kota Makkah dari serangan pasukan Abrahah. Bukan maen pasukan Abrahah membawa seluruh pasukannya beserta gajah, jumlah pasukan Makkah bahkan tidak ada setengah dari pasukan Abrahah. Namun tidak ada yang tidak mungkin dengan kuasa Tuhan, Mukjizat-Nya datang di akhir pertempuran membuat pasukan Abrahah luluh seketika.

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari anime ini, mukjizat – mukjizat yang diberikan Tuhan kepada hambanya yang terus berjuang, pantang menyerah dan tetap beriman. Dikisahkan juga mukjizat yang diperoleh pengikut Nabi Musa dan Nabi Hud yang berjuang bangkit melawan perbudakan yang sangat kejam.

The Journey merupakan anime bertema agama khususnya islam yang pertama kali saya tonton selama menjadi insan wibu, sehingga memberikan kesan baru yang sangat unik di dunia per-anime-an. The Journey bisa menjadi pilihan untuk insan-insan yang baru pertama kali mencoba nonton anime atau mereka yang tidak suka anime seri (banyak episode) karena anime ini hanya ada satu episode. Bisa ditonton di aplikasi Bilibili dengan dubing bahasa Jepang dan subtitle Indonesia. Dulu pada awal rilis saya menonton yang dubing bahasa Arab. Mungkin teman-teman yang tau nonton The Journey dubing arab dimana bisa tulis di kolom komentar yah. Selamat menonton.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak