facebook

Yuk, Berkemah Bersama Rin dari Anime Yuru Camp

Iin Atiqotul Mirah
Yuk, Berkemah Bersama Rin dari Anime Yuru Camp
Poster Yuru Camp. (imdb/iinatiqotulmirah)

Biar tidak cuma nonton anime di rumah aja, saya mengajak temen-temen menikmati keindahan alam di Jepang dari anime yang berjudul Yuru Camp. Yuru Camp mengajak penonton untuk keluar rumah menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

Seri manga Yuru Camp yang ditulis oleh Afro telah diterbitkan sejak tahun 2015 melalui majalah Manga Time Kirara Forward dan mendapatkan seri anime-nya dengan 12 episode pada tahun 2018 yang dikerjakan oleh studio C-Station.

Tak hanya sampai disini, pada tahun 2020, Yuru Camp dibuat Live Action series, loh. Selain itu studio C-Station mengeluarkan Spin-Off: Heya Camp “Sauna to Gohan to Sanrin Bike” dengan 12 episode yang berdurasi 3 menit 30 detik serta 1 episode spesial dengan durasi 11 menit.

Kemudian pada tahun 2021 merilis episode pertama dari season 2 dan juga Live Action-nya. Dari seri-seri yang di keluarkan ini, bisa diketahui bahwa Yuru Camp memang banyak peminatnya.

Di season 1 anime ini menceritakan Shima Rin seorang gadis SMA yang suka berkemah sendirian bertemu dengan Kagamihara Nadeshiko yang tak tau cara bertahan hidup dialam bebas namun tertarik dengan dunia perkemahan. Awalnya Rin tidak suka berkemah bersama orang lain karena merepotkan dan dia hanya ingin menghabiskan waktu sendirian, namun kedatangan Nadeshiko membuat Rin ingin mencoba berkemah bersama klub aktivitas luar ruangan. Ceritanya lebih fokus kepada tokoh utama Rin dan Nadeshiko.

Spin-off: Heya Camp sendiri merupakan anime pendek yang di ambil dar seri anime Yuru Camp namun dengan tema yang berbeda. Sedangkan Yuru Camp Season 2 lebih fokus pada klub aktivitas luar ruangan.

Di episode 1 menceritakan awal-mula Rin suka berkemah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan anggota klub aktivitas luar ruangan yang sangat seru. Disini perkembangan karakter Rin cukup cukup terlihat, karena dia sudah mau bergabung dengan teman-temannya.

Anime ini  sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai dunia perkemahan. Menampilkan bagaimana cara berkemah yang aman dan benar, dengan alat-alat yang memadai. Penonton juga diajarkan bagaimana cara membangun tenda dan informasi mengenai macam-macam tenda, cara membuat api unggun, cara memasak ketika berkemah, barang-barang yang perlu dibawa ketika berkemah dan juga tips-tips sepele yang yang sebenarnya sangat bermanfaat.

Rencana berkemah tidak selalu berjalan mulus, pasti akan ada kendala-kendala tidak terduga yang terjadi pada pemula ketika berkemah. Selain itu, tempat-tempat yang ditunjukkan pada Yuru Camp merupakan tempat asli didunia nyata yang memang recommended buat berkemah, bisa jadi referensi juga kalau mau berkemah di Jepang. Ditunjukkan dari seri live action-nya yang tidak kalah seru karena lebih realistis.

Menurut saya anime maupun Live Action Yuru Camp sangat cocok ditonton ketika sedang stres ataupun setelah melewati hari yang melelahkan karena anime ini ber-genre Slice of Life dan komedi sehingga ceritanya sangat ringan dan sederhana bahkan bisa dibilang hampir tidak ada konflik sama sekali. Cocok juga buat temen-temen yang baru ingin terjun di dunia anime, untuk memberikan kesan bahwa tidak semua anime bercerita tentang pertarungan dan fantasi.

Yuru Camp bisa ditonton di Channel YouTube Ani-One Asia, maupun di web seperti Oplovers, Anoboy, Otakudesu, Lendrive, Nimegami, Cathplay, dll.

Selamat Menonton.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak