facebook

5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Anak, Menarik dan Mendidik!

Mutami Matul Istiqomah
5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Anak, Menarik dan Mendidik!
Ilustrasi menonton video (pexels.com/mamafilo)

Mendidik anak dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang membuatnya menjadi semakin mudah. Salah satu cara mendidik anak dengan bantuan teknologi adalah melalui video edukasi.

Saat ini, sangat mudah untuk mendapat video edukasi yang dapat digunakan untuk mendidik sekaligus memberi pengetahuan baru bagi anak. Kita cukup membuka youtube dan cari kata kuncinya, banyak video-video edukasi yang bisa dipilih.

Kanal youtube yang menyediakan video eduasi untuk anak juga sudah sangat banyak. Channel-channel tersebut memiliki ciri khas kontennya masing-masing, mulai dari tokoh hingga jenis video. Namun, banyak diantaranya menggunakan bahasa Inggris. Hal tersebut bagus untuk melayih anak menggunakan kosakata bahasa Inggris, namun sulit bagi anak untuk menerima pesan yang disampaikan didalamnya.

Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 rekomendasi channel Youtube edukasi anak berbahasa Indonesia:

1. Yufid Kids

Channel Yufid TV memang terkenal dengan konten dakwah islami. Untuk segmen anak-anak, ada channel Yufid Kids yang memuat berbagai macam video edukasi. 

Video edukasi yag dimuat di channel ini beragam, mulai dari pengenalan benda-benda, hingga kisah-kisah islami. Menariknya, pengisi suara dalam video edukasi mengisi suara dengan diselingi kalimat-kalimat thoyibah seperti alhamdulilah, subhanallah, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat emancing anak agar memiliki cara bicara yang demikian.

2. Cerita Bunda Hilya

Cerita Bunda Hilya merupakan salah satu channel Youtube yang memuat video edukasi untuk melatih anak berbicara. Dalam video, ditunjukkan gambar sebuah benda atau binatang, lalu Bunda Hilya mengajak anak untuk menyebutkan namanya pelan-pelan. Video ini cocok untuk anak-anak yang sedang berlatih berbicara.

3. Super Jojo Bahasa Indonesia - Lagu Anak

Channel ini berisi video-video edukasi terjemahan dari channel Super Jojo yang berbahasa Inggris. Meskipun terjemahan, namun channel ini sangat menarik karena memberikan pesan mendidik melalui lagu.

Pesan-pesan seperti jangan membuka pintu untuk orang asing, jangan berisik saat di meja makan, dan lain sebagainya disampaikan melalui lagu yang mudah diikuti oleh anak kecil.

4. Little Angel Bahasa Indonesia - Lagu Anak

Seperti channel sebelumnya, channel ini juga merupakan terjemahan dari channel berbahasa Inggris. Menceritakan kegiatan Baby John dengan dua kakaknya, Jack dan Jill, beserta ayah dan ibunya, channel ini memberikan pesan-pesan yang mendidik untuk anak.

5. Pinkfong dan Baby Shark! Lagu Anak

Kita tentu tidak asing dengan lagu Baby Shark dari channel Pinkfong. Ternyata, channel ini ada versi bahasa Indonesia. Lagu-lagu yang menarik sekaligus mudah diingat bagi anak-anak memberi nerbagai macam pengetahuan baru, misalnya tentang nama-nama alat berat.

Demikianlah 5 rekomendasi channel edukasi anak berbahasa Indonesia. Tetap batasi anak dalam menonton ya, tetap ajak anak melakukan aktivitas lainnya. Karena kalau tidak dibatasi, menonton video bukannya dapat mendidik justru menghambat perkembangan anak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak