facebook

Mengungkap Strategi Menjadi Karyawan Profesional dan Anti-PHK

Sam Edy Yuswanto
Mengungkap Strategi Menjadi Karyawan Profesional dan Anti-PHK
Buku "33 Strategi Paling OK Menjadi Karyawan Kebal PHK" (Doc/Samedy)

Buku berjudul 33 Strategi Paling OK Menjadi Karyawan Kebal PHK merupakan karya duet Franz Dirgantoro dan S.I. Pranoto, diterbitkan oleh penerbit Tangga Pustaka tahun 2011 silam. Menguraikan tentang seputar strategi menjadi karyawan profesional yang bisa menjadi rujukan berharga buat para karyawan di berbagai perusahaan

Dalam perusahaan, setiap orang memiliki fungsi dan perannya sendiri yang saling terikat satu sama lain. Seorang karyawan pemasaran tentunya memiliki peran berbeda dengan karyawan keuangan. Keduanya sangat vital dan memerlukan orang yang tepat untuk memimpinnya.

Bila sulit menjadi bintang (paling menonjol) di bidang pekerjaan yang kita geluti, cobalah menggunakan strategi posisi pendukung. Posisi pendukung dalam hal ini adalah menjadi orang pertama yang mendukung kinerja para ujung tombak perusahaan. Langkah ini akan membuat atasan kita memiliki alasan cukup kuat untuk mempertahankan kita di perusahaan.

Tak perlu terlalu ingin terlihat menonjol, selama kita melakukan semua pekerjaan dengan baik, pelan tapi pasti perusahaan akan melirik dan menganggap kita menonjol di perusahaan. Semua ini hanyalah masalah waktu dan kesabaran (33 Strategi Paling OK Menjadi Karyawan Kebal PHK, halaman 38).

Setiap karyawan, saya yakin ingin mendapat kepercayaan dari pimpinannya. Kepercayaan tersebut sangat diperlukan agar ia bisa terus bertahan dalam perusahaan tersebut. Tanpa kepercayaan dari atasan, bisa jadi nasibnya akan berada di ujung tanduk; putus hubungan kerja alias PHK. Selain kepercayaan, kinerja yang bagus juga menjadi hal yang niscaya bagi seorang karyawan. Karyawan yang terlihat malas dan tak semangat saat menunaikan tugasnya tentu sangat menjengkelkan bila sampai ketahuan oleh pimpinannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari pimpinan atau atasan. Pertama, perhatikan dan pahami karakter dan cara kerja atasan. Kedua, bantu atasan untuk memahami proses kerja yang berlaku. Ketiga, terbuka untuk menerima hal baru. Keempat, bangun dan dapatkan kepercayaan dari atasan mulai dari hal yang sederhana (33 Strategi Paling OK Menjadi Karyawan Kebal PHK, halaman 78-80).

 Buku 33 Strategi Paling OK Menjadi Karyawan Kebal PHK layak dibaca oleh para pekerja atau karyawan untuk membantu meningkatkan kualitas kerjanya sehingga dapat terus bertahan di perusahaan tersebut. Selamat membaca

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak