facebook

5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa, Cocok untuk Para Traveler!

Jessie YiCha
5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa, Cocok untuk Para Traveler!
Hungaria, salah satu negara dengan biaya hidup termurah di Eropa. (Unsplash/ErvinLukacs)

Dijuluki sebagai Benua Biru, Eropa memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan mancanegara. Kamu bisa menemukan banyak warisan budaya dan seni dari abad pertengahan dan menikmati work-life balance yang sangat terjaga di berbagai negara di benua ini. Selain itu, lapangan pekerjaan untuk berbagai sektor industri barang mewah dan teknologi juga sangat menjanjikan. Hal-hal inilah yang membuat banyak orang tertarik berwisata atau merantau ke Eropa. 

Sayangnya, tak dapat dimungkiri bahwa rata-rata negara di benua Eropa memiliki biaya hidup yang relatif tinggi. Meskipun harga hampir selalu sepadan dengan berbagai fasilitas publik yang bisa kita nikmati, tetapi hal ini cenderung memberatkan orang-orang yang baru bermigrasi ke Eropa. Namun, sebenarnya biaya hidup di beberapa negara bisa rendah dibanding negara lainnya di Eropa, loh. Berikut ini 5 negara dengan biaya hidup termurah di Eropa, cocok bagimu yang ingin merantau atau sekadar traveling

1. Hungaria

Ilustrasi Kota Budapest, Hungaria (Pixabay/Bergadder).
Ilustrasi Kota Budapest, Hungaria (Pixabay/Bergadder).

Negara pertama dengan biaya hidup termurah di Eropa, yakni Hungaria. Hungaria adalah suatu negara yang terletak di Eropa Tengah dan beribukota di Budapest. Negara ini menjadi pertemuan berbagai kebudayaan historis di Eropa. Kamu bisa menemukan banyak istana dan deretan ruko dengan gaya Gothic yang memanjakan mata.

Tak semua orang bisa berbahasa Inggris di sini karena bahasa nasional utamanya adalah bahasa Hungaria. Namun, jika kamu beraktivitas di area universitas atau perusahaan, kemungkinan kamu bisa menemukan cukup banyak penutur bahasa Inggris.

2. Romania

Ilustrasi Peles Castle di Romania (Pixabay/gavia26210).
Ilustrasi Peles Castle di Romania (Pixabay/gavia26210).

Romania merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Tenggara dan berada di sekitar Semenanjung Balkan. Beribukota di Bukares, Romania dikelilingi oleh Pegunungan Karpatia. Romania termasuk salah satu negara teraman di dunia dengan tingkat kriminalitas yang rendah.

Selain itu, negara ini juga memiliki berbagai sejarah dan legenda menarik. Romania dikenal sebagai asal legenda Drakula dan pusat perkumpulan hipster terbesar di dunia dan tentu saja menjadi salah satu negara dengan biaya hidup termurah di Eropa.

3. Portugis

Ilustrasi Kota Lisbon di Portugal (Pixabay/franky1st).
Ilustrasi Kota Lisbon di Portugal (Pixabay/franky1st).

Jika kamu penggemar seafood dan menyukai wisata-wisata di pantai dengan suasana yang berbeda, Portugis adalah negara yang tepat untukmu merantau dan berlibur. Portugis memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Kebanyakan lapangan pekerjaan yang tersedia di Portugis berhubungan dengan pariwisata dan pelayanan publik.

Namun, mencari pekerjaan di negara ini bisa dibilang lebih kompetitif dibanding negara Eropa lainnya. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Portugis, sehingga sangat penting bagimu untuk menguasai bahasa lokal ini jika berencana menetap dalam waktu lama.

4. Bulgaria

Ilustrasi Kota Sofia di Bulgaria (Pixabay/5163451).
Ilustrasi Kota Sofia di Bulgaria (Pixabay/5163451).

Bulgaria adalah negara yang terkenal dengan keberagaman budaya karena terpengaruh budaya Yunani, Ottoman, dan Persia. Negara ini terletak di sekitar Semenanjung Balkan dan memiliki bermacam-macam kesenian tradisional yang terkenal di mata dunia, terutama di bidang musik, opera, dan kerajinan.

Bulgaria memiliki tingkat kesempatan kerja yang tinggi dan perekonomian yang stabil, sehingga bisa menjadi opsi terbaikmu jika ingin merantau ke negara Eropa.

5. Polandia

Ilustrasi Kota Wroclaw di Polandia (Pixabay/pedro_wroclaw).
Ilustrasi Kota Wroclaw di Polandia (Pixabay/pedro_wroclaw).

Polandia beribukota di Warsaw, di mana kamu bisa menikmati berbagai aktivitas malam yang fantastis karena pemandangan lampu di gedung-gedung ibukota begitu futuristik. Polandia memiliki berbagai bangunan klasik, istana, museum, dan pasar malam yang bisa memuaskan kehidupanmu.

Di kota-kota lain seperti Gdansk, kamu bisa menemukan deretan pusat perbelanjaan, butik mewah, dan barang-barang lainnya dengan harga terjangkau.

Itulah 5 negara dengan biaya hidup termurah di Eropa yang bisa menjadi destinasimu untuk traveling, studi, maupun bekerja. Negara mana yang paling menarik perhatianmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak