facebook

Belajar 3 Hal Penting Melalui Film Miracle: Letters to the President

M. Fuad S. T.
Belajar 3 Hal Penting Melalui Film Miracle: Letters to the President
Joon Kyung dan Ra Hee dalam film Miracle: Letters to the President (IMDb)

Sudah menonton film Miracle: Letters to the Presidents yang rilis pada tahun 2021 lalu? Bagi teman-teman yang belum mengetahui alur cerita film ini, saya akan sedikit mengulasnya di sini. Film Miracle: Letters to the President berkisah tentang keinginan sederhana Joon Kyeong yang hidup di sebuah desa kecil di Korea Selatan pada tahun 1980-an. Joon Kyeong ingin desanya memiliki stasiun kereta api sendiri. Sebab, saat itu warga di desanya harus menempuh perjalanan berkilometer dengan penuh risiko untuk bisa mencapai stasiun kereta api terdekat.

Maka dari itu, Joon Kyeong berinisiatif untuk menuliskan surat permohonan kepada Presiden Korea Selatan saat itu, meskipun tak pernah mendapatkan balasan. Nah, sekarang, kita akan belajar 3 hal penting dari film yang rilis pada tahun 2021 lalu tersebut. Apa sajakah itu? Berikut 3 pelajaran penting dari film Miracle: Letters to the President.

1. Jangan Mudah Menyerah

Hal pertama yang bisa kita pelajari dari film ini adalah tentang sebuah semangat untuk tak mudah menyerah. Setidaknya, ada dua hal di sini yang bisa kita nilai. Pertama, meskipun surat-surat yang dikirimkan Joon Kyeong kepada Presiden tak pernah mendapatkan balasan. Namun, dirinya tak pernah menyerah untuk kembali menulis surat dan mengirimkannya kembali. Bahkan, Joon Kyeong yang tak mendapatkan kepastian dari pemerintah tentang cita-cita agar desanya memiliki stasiun kereta api sendiri, berinisiatif untuk membangunnya dengan kekuatan yang seadanya.

2. Jangan bergantung pada pihak lain

Pelajaran kedua yang dapat kita petik dari film ini adalah mengenai ketergantungan pada pihak lain tak akan membuat kita maju. Hal ini terlukis dari semangat Joon Kyeong yang semula begitu berharap perhatian dari pemerintah untuk membangunkan stasiun kereta api bagi warga desanya, tetapi tak pernah mendapatkan respon dari pemerintah. Hingga akhirnya, Joon Kyeong dan para warga setempat membangun stasiun dengan kekuatan sendiri.

3. Niat baik, pasti akan selalu ada jalan

Pelajaran ketiga yang bisa kita dapatkan dari film Miracle: Letters to the President ini tentu saja sebuah pembuktian nyata, bahwa niat baik pasti akan selalu mendapatkan jalan. Ketika berada di bangku sekolah menengah, Joon Kyeong yang sering berkirim surat kepada Presiden untuk meminta bantuan pembangunan stasiun kereta api, mendapatkan atensi dari Ra Hee (diperankan oleh Yoona SNSD) dan berusaha membantunya. Pun demikian ketika Joon Kyeong memutuskan untuk membangun sendiri stasiun kereta api di desanya, seluruh warga akhirnya turun tangan dan bahu membahu mewujudkan impian mereka. 

Nah, itu dia 3 pelajaran yang dapat kita petik dari film Miracle: Letters to the President. Sudah menonton filmnya atau belum nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak