facebook

Di Balik Buku Raumanen dan Efek Hubungan Seks di Luar Nikah

Maya Anggita Suryafitri
Di Balik Buku Raumanen dan Efek Hubungan Seks di Luar Nikah
Buku Raumanen (Goodreads)

Raumanen adalah buku yang menceritakan tentang kehidupan seorang gadis berdarah Manado. Ia dikenal sebagai seorang gadis cantik, independent, dan merupakan seorang aktivis di kampusnya. Suatu waktu, ia jatuh hati kepada seorang pria dengan watak yang bersebrangan dengan Raumanen. Pria itu memiliki niat yang kurang baik, untuk menaklukan dan mendapatkan Raumanen. Pendekatan pun digencarkan untuk mendapatkan Raumanen. Hingga akhirnya, Raumanen pun takluk dan menjadi miliknya. 

Raumanen dengan cinta yang bergejolak mendorongnya jatuh kedalam sebuah hubungan bebas. Di mana ia dan prianya melakukan hubungan seks tanpa adanya ikatan secara sah. Mereka melakukan seks bebas, atau seks di luar nikah

Bagi beberapa orang, melakukan hubungan intim sebelum menikah merupakan hal wajar. Namun, dalam budaya timur, seperti Indonesia, hal tersebut tabu dan dihindari. Hal ini dikarenakan oleh efek dari hubungan tersebut bagi kesehatan. 

1. Berdampak pada emosi 

Ketika seseorang melakukan hubungan seksual di luar nikah atau melakukan seks bebas, terkadang hal ini akan menimbulkan rasa bersalah yang amat luar biasa besar. Rasa bersalah ini muncul karena adanya bayang-bayang dosa, orang tua, ataupun rasa bersalah kepada diri sendiri. Emosi yang dirasakan ini akhirnya akan membawa kepada tingkat yang lebih serius, seperti stres bahkan depresi. 

2. Bahaya penyakit kelamin yang mengintai 

Ketika melakukan hubungan seks di luar nikah, kita tidak mengetahui apakah pasangan kita merupakan seorang yang bersih dan bebas dari penyakit kelamin. Tidak tahunya kita akan tersebut akan membuat kita berada dalam sebuah jurang berisikan berbagai penyakit kelamin yang membahayakan diri. Berbagai penyakit kelamin seperti gonore, serta HIV mungkin dan dapat saja ditularkan melalui perilaku seks bebas. 

3. Mempengaruhi perkembangan karakter

Ketika seseorang melakukan hubungan seks di luar nikah maka terkadang sudut pandangnya terhadap beberapa hal akan berbeda dengan orang yang belum pernah melakukan hubungan seks di luar nikah. Mereka yang sudah melakukan seks di luar nikah akan kehilangan rasa hormat, terutama terhadap dirinya sendiri. Selain itu, tak jarang mereka akan memikirkan dirinya sendiri untuk mendapatkan lebih dari hubungan seksnya tersebut. 

Itulah ulasan buku Raumanen dan efek seks di luar nikah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak