facebook

Tidak Disangka, 9 Barang Buatan Era Nazi Ini Masih Dipakai Sampai Saat Ini

Ary Yulianto
Tidak Disangka, 9 Barang Buatan Era Nazi Ini Masih Dipakai Sampai Saat Ini
Ilustrasi bendera Nazi (Pixabay.com/ WikimediaImages)

Pernah mendengar kata Nazi? Mayoritas dari kita setelah mendengar kata Nazi akan muncul kesan yang negatif. Fakta sejarah memang menceritakan bahwa Nazi merupakan partai politik dengan pemimpin Adolf Hitler yang sering melakukan kejahatan perang. Di luar sejarah kelam Nazi, banyak barang-barang yang sampai saat ini masih digunakan, merupakan hasil penemuan dari era Nazi.

Tidak hanya berkaitan dengan perang, barang peninggalan Nazi yang masih digunakan sampai saat ini ada yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Melansir laman Worldatlas, berikut adalah sembilan produk peninggalan era Nazi yang masih digunakan sampai saat ini.

1. Volkswagen Beetle

Pertama kali diproduksi pada tahun 1930-an, Volkswagen Beetle merupakan sebuah mobil hasil rancangan Ferdinand Porsche, yaitu seorang Insinyur otomotif Austria-Jerman atas instruksi Adolf Hitler. Mobil yang juga dikenal dengan mobil kodok ini diperuntukkan sebagai mobil rakyat. Adolf Hitler memerintahkan Ferdinand agar Beetle dirancang sedemikian rupa agar dapat dijual dengan harga yang dapat terjangkau oleh keluarga Jerman pada waktu itu.

Mobil dengan bentuk yang ikonik ini diproduksi selama tiga puluh tahun, yaitu mulai 1938 hingga 1970-an. Setelah berhenti produksi pada tahun 1970-an, Beetle kembali diproduksi pada tahun 1998. Namun, karena terjadi penurunan penjualan, Volkswagen menghentikan produksi Beetle pada tahun 2019. Setidaknya mobil peninggalan Nazi ini masih diproduksi dan digunakan hingga tahun 2000-an.

2. Ubin Anechoic

Kapal selam merupakan salah satu kendaraan perang yang menjadi andalan setiap negara dalam pertempuran laut. Kapal selam dirancang agar sulit dideteksi oleh musuh. Oleh karena itu, banyak kapal selam saat ini yang dilapisi dengan ubin anechoic. Penggunaan ubin achenoic pada kapal selam mampu menyerap dan mendistorsi gelombang sonar serta mampu meredam kebisingan.

Namun, tahukah kalian bahwa ubin achenoic pertama kali dirancang oleh Angkatan Laut Jerman yang saat itu dikuasai Nazi. Tepatnya pada masa Perang Dunia II, ubin achenoic ini dirancang dengan tujuan untuk digunakkan sebagai lapisan kapal selam. Ubin achenoic pertama kali diaplikasikan sebagai lapisan kapal selam adalah pada tahun 1940, yaitu untuk melapisi U-Boat milik Jerman.

3. Rudal antikapal

Pada tahun 2020, Rusia melakukan uji coba terhadap rudal antikapal hipersonik milik mereka. Rudal antikapal hipersonik milik Rusia ini diketahui memiliki kecepatan sembilan kali kecepatan cahaya dan mampu mencapai target dengan jarak 1000 kilometer. Selain Rusia, banyak negara di dunia ini yang mengembangkan rudal antikapal milik mereka.

Namun, tahukah siapa yang mengembangkan rudal antikapal yang pertama di dunia? Fakta sejarah mengatakan bahwa rudal antikapal pertama kali dikembangkan oleh Nazi pada era Perang Dunia II. Rudal antikapal yang dibuat oleh Nazi bisa dikatakan berhasil, karena rudal antikapal Nazi saat itu berhasil menghalau kapal Sekutu saat Perang Dunia II.

4. Torpedo akustik

Pada tahun 1943, Angkatan Laut Jerman yang saat itu dikendalikan oleh Nazi, mengembangkan torpedo akustik. Saat itu, Nazi menjadi yang pertama dalam mengembangkan torpedo akustik ini. Hal ini dilakukan Nazi untuk memperkuat pertahanan Angkatan Laut mereka dalam menghadapi Perang Dunia II. Selanjutnya, banyak negara selain Jerman yang juga mengembangkan torpedo mereka masing-masing.

Torpedo akustik adalah torpedo yang mampu mengenai target  tembak dengan cara mengidentifikasi karakter suara atau dengan menggunakan sonar. Torpedo dikenal luas sebagai senjata yang dibawa dan ditembakkan dari sebuah kapal selam, namun faktanya torpedo bisa juga dibawa dan ditembakkan dari helikopter, kapal perang, dan pesawat tempur.

5. Helikopter

Helikopter tidak sepenuhnya diciptakan secara langsung oleh Nazi untuk pertama kalinya. Sebenarnya pengembangan teori tentang helikopter  sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu. Berawal dari sketsa yang dibuat oleh Leonardo da Vinci, yaitu berupa perangkat terbang dengan tenaga penggerak rotor spiral. Kemudian pada era Nazi berkuasa, terciptalah helikopter praktis pertama di dunia yang diberi nama Focke-Achgelis Fa 223 Drache. Helikopter buatan Nazi inilah yang selanjutnya menjadi acuan pengembangan helikopter yang ada pada saat ini.

6. Jerigen

Apakah pernah terpikirkan bahwa jerigen yang saat ini digunakan secara luas untuk menampung air maupun bahan bakar adalah produk peninggalan era Nazi? Ya, faktanya jerigen pertama kali dikembangkan dan dibuat pada era Nazi. Muller seorang Insinyur Jerman mendesain suatu wadah yang efisien untuk kebutuhan sistem distribusi bahan bakar militer Nazi pada tahun 1937 atas perintah Adolf Hitler.

Meskipun pengembangan jerigen dirahasiakan oleh pihak Nazi, namun desainnya berhasil diketahui oleh pihak Amerika pada tahun 1939. Amerika tidak berhasil mendesain ulang jerigen milik Nazi. Kemudian pada tahun 1940 Inggris mempelajari desain jerigen dan menduplikasi desain, selanjutnya Inggris memproduksi jerigen secara massal pada tahun 1944. 

7. Sarin

Pada Konvensi Senjata Kimia yang diadakan pada tahun 1993, menyatakan bahwa Sarin dianggap sebagai senjata pemusnah massal dan dilarang penggunaannya. Namun, Angkatan Udara Suriah menggunakan gas Sarin tersebut untuk menghadapi pemberontak di provinsi Idlib, Suriah.

Sarin sendiri adalah senyawa yang merupakan racun saraf yang sangat mematikan. Sarin pada awalnya dikembangkan oleh ilmuwan Nazi yang semula hanya ingin membuat pestisida yang lebih murah untuk membasmi kumbang. Nazi telah memproduksi Sarin sebanyak 12.000 ton pada tahun 1945. Sarin tidak pernah digunakan oleh Nazi sebagai senjata kimia selama Perang Dunia II berdasarkan pengakuan pihak Nazi.

8. Metadon

Pada tahun 1939 Jerman mengembangkan metadon sebagai alternatif pengganti opium yang yang pada saat itu Jerman kekurangan opium. Sama seperti opium, metadon merupakan sejenis obat yang digunakan sebagai pereda rasa nyeri dan juga digunakan untuk pengobatan pada kecanduan opioid lain. Sekutu menyita hasil penelitian Jerman terkait metadon setelah perang usai. Selanjutnya metadon diperkenalkan di Amerika pada tahun 1947.

9. Fanta

Fanta merupakan salah satu produk minuman dari perusahaan Coca-Cola. Coca-cola sangat populer pada era Perang dunia II, bahkan pihak Coca-Cola Company mensuplai tentara Amerika dengan minuman Coca-Cola yang sedang bertugas di medan perang. Namun, akibat embargo Amerika terhadap Jerman, perusahaan Coca-Cola kesulitan mendapatkan bahan baku untuk membuat Coca-Cola, sehingga cabang perusahaan Coca-Cola di Jerman tidak dapat memproduksi Coca-Cola.

Sebagai alternatif pengganti Coca-Cola, Coca-Cola Company di Jerman membuat resep baru dan terciptalah Fanta. Setelah sempat berhenti produksi pasca perang berakhir, pada tahun 1955 Fanta diperkenalkan kembali dan dengan sangat cepat menyebar ke pasar seluruh dunia. Meskipun bukan secara langsung hasil produksi pihak Nazi, Fanta terlahir dari era Nazi.

Itulah sembilan produk dari era Nazi yang masih digunakan sampai saat ini. Diluar sisi kelam Nazi, ternyata masih ada peninggalan Nazi yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak