facebook

5 Alasan Mengapa Tokoh Kartun Berwarna Kuning Lebih Menarik Perhatian

Eki Rofiq Almujahid
5 Alasan Mengapa Tokoh Kartun Berwarna Kuning Lebih Menarik Perhatian
Ilustrasi Kartun Spongebob. (pixabay.com)

"Kenapa kamu suka Spongebob? Karena Spongebob warnanya kuning." Itulah kutipan dari tayangan iklan Spongebob yang sempat viral pada masanya. Seorang anak kecil mengungkapkan bahwa ia menyukai Spongebob karena karakternya berwarna kuning.

Siapa sangka ternyata kepolosan anak tersebut mengungkap sebuah fakta bahwa warna kuning itu adalah daya tarik yang banyak digunakan sebagai warna tokoh kartun.

Kartun adalah salah satu tayangan yang kerap menghiasi layar kaca, dari dua dimensi sampai tiga dimensi. Kartun hadir sebagai hiburan seru yang bisa dinikmati semua usia, meskipun sebenarnya ditargetkan untuk anak-anak. Selain memiliki karater yang lucu dan cerita yang menarik, kartun juga biasanya memiliki tampilan yang colorful.

Namun sadarkah kamu jika banyak karakter kartun berwarna kuning?

Beberapa kartun seperti Pokemon, SpongeBob, Minions sampai The Simpsons adalah contoh kartun yang tokohnya berwarna kuning.

Ternyata itu dilakukan bukan tanpa sengaja. Tokoh kartun berwarna kuning dibuat karena beberapa alasan khusus. Tokoh kartun berwarna kuning dianggap lebih menarik daripada yang lainnya. Apa sih alasannya?

Seperti yang dikutip dari Mentalfloss, inilah 5 alasan mengapa tokoh kartun berwarna kuning dianggap lebih menarik perhatian penonton.

1. Kontras

Perlu kamu ketahui bahwa warna primer di televisi adalah merah, hijau dan biru. Kuning dan biru disebut sebagai warna yang ada di sisi berlawanan dari spektrum sehingga membuat satu sama lain menonjol.

Kuning dipilih karena warna di seberangnya, biru sering digunakan untuk latar belakang, seperti laut dan langit. Tokoh kartun warna kuning dengan biru sebagai background adalah kombinasi yang sempurna, agar point utama yaitu tokoh kartunnya menjadi highlight.

2. Mencolok

Kuning adalah salah satu warna yang paling mencolok. Warna ini bisa dengan mudah terlihat saat siang dan malam hari. Kuning bisa sangat bersinar ketika disandingkan dengan warna-warna lainnya terutama warna yang cukup gelap.

3. Tinjauan Psikologi

Siapa sangka kalau pemilihan tokoh kartun warna kuning ada hubungannya dengan psikologi. Menurut psikologi, kuning dianggap sebagai warna kebahagiaan. Dalam sebuah penelitian, 72 persen partisipan memilih kuning sebagai warna yang positif.

Sedangkan yang menyebut kuning sebagai warna negatif hanya 0,5 persen.

Tokoh kartun berwarna kuning dianggap bisa membawa keceriaan bagi penonton yang melihatnya.

4. Segmentasi khusus untuk Anak-anak

Target market kartun adalah anak-anak. Nah, warna kuning ini termasuk warna yang menarik minat anak-anak. Terbukti dengan banyaknya brand mainan yang menggunakan warna kuning karena dianggap spesial bagi anak-anak.

Logo pada Lego, Hot Wheels hingga Crayola juga menggunakan warna kuning karena poin-poin di atas.

5. Pusat Perhatian

Pembuat kartun tentu ingin karyanya disaksikan lebih banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan membuatnya lebih menarik. Pemilihan warna yang baik juga akan membuat sebuah karya menjadi lebih stunning dan mudah diingat.

Kuning adalah warna yang dianggap mampu menarik perhatian. Oleh karena itu warna kuning juga digunakan untuk lampu lalu lintas, rambu jalan dan banyak hal lainnya. Tak bisa dipungkiri, alasan tokoh kartun dibuat warna kuning adalah agar si tokoh lebih menarik perhatian.

Itulah 5 alasan mengapa tokoh kartun berwarna kuning lebih menarik perhatian. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak