facebook

Mengunjungi Pantai Sebagai Sarana Merenungi Kemahabesaran Ciptaan Tuhan

Sam Edy Yuswanto
Mengunjungi Pantai Sebagai Sarana Merenungi Kemahabesaran Ciptaan Tuhan
Pantai Bopong Puring Kebumen (Dokumen pribadi/Sam Edy)

Wisata yang menurut saya sangat murah tapi tidak murahan adalah laut atau pantai. Sebagai orang yang bermukim di sebuah desa yang lokasinya lumayan dekat dengan pantai selatan (sekitar tiga kilometer dari rumah), tentu saya tak melewatkan kesempatan untuk sesering mungkin mengunjunginya. Terlebih bila pantai yang dikunjungi masih alami, masih dikelola oleh warga setempat, atau bahkan belum dikelola sama sekali.

Ada banyak sekali nama-nama wisata pantai di daerah saya, yang sebenarnya semuanya bermuara pada satu pantai yang sama. Di antara pantai yang kerap dikunjungi warga misalnya Pantai Petanahan, Pantai Suwuk, Pantai Lumut, Pantai Suwuk, Pantai Karangbolong, Pantai Menganti, Pantai Mliwis, Pantai Bopong, dan masih banyak yang lainnya.

Tadi pagi, Kamis (19/5/2022) seusai mengirim paket buku-buku pesanan teman via kantor pos di kecamatan Puring Kebumen, saya langsung meluncur menuju Pantai Bopong. Kebetulan jarak antara kantor pos dengan pantai tersebut cukup dekat, sekitar tiga kilometer, dengan kondisi jalan yang sudah cukup bagus dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. 

Setiba di pantai, suasana begitu sepi, sementara langit agak tersaput oleh mendung. Maklum, saya ke pantai bukan pas hari libur, sehingga hanya segelintir orang, termasuk para pemancing ikan, yang mengunjungi laut. Enaknya, saya tak perlu membayar karcis masuk, alias dibebaskan. Saya hanya membayar parkir sepeda motor sebesar dua ribu rupiah. Sangat murah bukan?

Karena suasananya sepi, maka saya pun bisa bebas jalan-jalan bahkan berlarian di tepi pantai. Enaknya kalau pantai sedang sepi kita bisa sepuasnya mengambil foto dengan beragam pose, tanpa merasa sungkan atau risih, karena tak ada orang-orang yang memperhatikannya, hehehe.

Saya sengaja tak bermain air laut, hanya berjalan-jalan dan berfoto saja. Selain malas anggota tubuh menjadi basah, ombak laut juga sedang kurang bersahabat. Ombaknya cukup tinggi, sehingga harus ekstra waspada bila ingin bermain air laut. Meskipun tadi saya sempat melihat ada orang yang sedang mandi di laut, tapi saya tidak merekomendasikan para pengunjung untuk mandi di sana. Mengingat ombak pantai selatan selama ini dikenal berbahaya. 

Itulah sedikit pengalaman saya berkunjung ke wisata Pantai Bopong hari ini. Menurut saya, mengunjungi pantai bisa menjadi sarana refreshing yang murah meriah, sarana melepas penat sejenak, sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai sarana merenungi kemahabesaran ciptaan Tuhan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak