facebook

Embung Bansari Temanggung: Rekomendasi Camping Di Kaki Gunung Sindoro

Anisa Rachma Agustina
Embung Bansari Temanggung: Rekomendasi Camping Di Kaki Gunung Sindoro
Embung Bansari (Dokumen Pribadi/Anisa Rachma Agustina)

Camping atau berkemah adalah liburan termurah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi liburan terbaik. Saat camping kamu tidak perlu menyewa hotel karena kamu akan tidur di tenda, selain itu kamu juga tidak perlu membeli makan karena kamu dan rombongan akan akan memasak hidangan kalian sendiri. Siapkan pula bakso tusuk atau buatlah sate ayam dan beberapa sosis yang ditusuk lidi supaya kamu dan rombongan bisa melakukan aktivitas barbequan, atau bakar-bakaran di tempat camping. Hal ini akan menambah kedekatan kalian.

Untuk kamu yang tiggal di Temanggung dan sekitarnya kamu harus mencoba untuk mengadakan camping di Embung Bansari. Berlokasikan di Desa Bansari, Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung. Embung ini dibangun dengan luas 2453 m2. Mafaat dibangunnya embung ini adalah sebagai daerah konservasi, irigasi tetap perkebunan, penyedia air baku, serta untuk sarana mengatasi kekurangan air saat kemarau. Selain sebagai sarana irigasi Embung Bansari juga terkenal dengan keelokannya.

Tempat ini juga dijadikan sebagai objek wisata yang sangat menarik. Cobalah untuk mengadakan camping di Embung Bansari bersama rombongan. Nikamti sensasi hawa dingin khas pegunungan serta view gunung Sindoro Sumbing dari sana. Jika kamu dan rombongan menyukai kedamaian pilihlah hari selain weekend karena di hari tersebut sangat jarang wisatawan yang mengadakan camping, jadi kamu dan rombongan akan merasakan sensasi private camping.

Kamu bisa membawa alat camping dari rumah atau menyewa alat yang sudah pengelola siapkan. Dengan menyewa alat di pengelola, kamu tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan camping, kamu hanya tinggal membawa logistik untuk konsumsi. Jangan khawatir, di Embung Bansari terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan seperti mushola, toilet, dan terdapat beberapa tempat duduk untuk kamu bersantai, terdapat pula pendopo untuk kamu yang hendak mengadakan acara disana. Beberapa warung juga tersedia, namun mereka hanya buka saat waktu-waktu tertentu, tidak setiap malam buka. Maka dari itu list semua logistik yang kamu dan rombongan perlukan, karena jarak embung dengan pedesaan lumayan jauh, jadi ketika kamu sudah berada di embung kamu akan malas turun ke bawah hanya untuk membeli sesuatu.

Saat pagi hari, saat kamu membuka pintu tenda tubuhmu akan ditusuk hawa dingi dan suasana yang sangat epic, bangunlah sebelum matahari terbit, nikmati secangkir kopi sambil menunggu matahari terbit dengan view gunung yang begitu indah. Embung Bansari adalah salah satu tempat camping terbaik di Temanggung yang harus kamu coba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak