facebook

Ulasan Aku Berkarya dengan Cinta: Kiprah Ivan Gunawan dalam Dunia Fashion

Untung Wahyudi
Ulasan Aku Berkarya dengan Cinta: Kiprah Ivan Gunawan dalam Dunia Fashion
Buku Ivan Gunawan Aku Berkarya dengan Cinta (dok.pribadi / whyudiuntung)

Selama ini, selain dikenal sebagai seorang entertainer, Ivan Gunawan juga seorang desainer andal. Kiprahnya dalam dunia mode tak bisa diragukan. Karya-karyanya banyak diminati. Bahkan, tak sedikit artis tanah air yang memakai jasanya untuk pembuatan baju show, pengantin, dan baju-baju lainnya.

Terjunnya lelaki yang akrab disapa Igun ini dalam dunia fashion tak lepas dari bakat seorang pamannya yang mengalir pada diri Ivan. Pamannya seorang fashion desainer yang cukup terkenal. Berkat pamannya, Ivan mendalami dunia mode hingga sekarang.

Aku Berkarya dengan Cinta adalah buku yang memuat perjalanan Ivan selama sepuluh tahun berkarya dalam dunia fashion. Memuat pahit-manis perjalanannya selama menjadi seorang desainer hingga ia sukses hingga saat ini.

Sebenarnya, Ivan tak pernah direstui orangtuanya terjun ke dunia mode. Ayahnya ingin Ivan kuliah di jurusan yang “jelas-jelas saja” sehingga masa depannya jelas. Ia tak direstui ketika ingin kuliah di jurusan fashion.

Namun, Ivan berhasil membuktikan tekad dan keinginannya menjadi seorang desainer yang membuat orangtuanya bangga. Menurut ayahnya, Ivan memang ada bakat seni sejak kecil. Ia punya bakat menari dan melucu untuk anak seusianya. Tak heran, jika Ivan kerap menjadi host acara entertaint di televisi. Kekocakannya dalam membawakan acara kerap mengundang tawa para penonton.

Adjie Notonegoro, pamannya, menjelaskan, Ivan sejak lulus SMA sudah mulai membantunya di butik dan sekolah model yang didirikannya. Ivan membantu pamannya karena Ivan memiliki bakat catwalk dan membantu makeup di workshopnya.

Pamannya senang saat Ivan benar-benar serius terjun ke dunia fashion yang digelutinya. Meski sempat terbersit rasa khawatir, pamannya yakin bisa mengarahkan Ivan ke tujuannya menjadi desainer. Menurutnya, penting untuk tetap memegang idealisme, tapi juga penting untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan para wanita Indonesia pada umumnya (hlm. 17).

Hingga saat ini karya Ivan Gunawan sudah dikenal masyarakat luas. Statusnya sebagai seorang selebriti juga turut mengangkat namanya untuk dikenal sebagai seorang desainer. Pamannya terus berpesan agar Ivan tidak pernah lelah belajar dan berkarya. Ia harus bisa menunjukkan dedikasinya untuk masyarakat Indonesia dan bertanggung jawab dengan apa yang menjadi jalannya saat ini. Yakni sebagai seorang desainer. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak