facebook

Gunung Tertinggi di Jawa Barat, Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai!

Fatson Tahya
Gunung Tertinggi di Jawa Barat, Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai!
Gunung Ciremai terlihat dari Ladang Penduduk (Twitter/@blankoncoklat)

Gunung Ciremai adalah gunung yang secara administratif berada di wilayah dua kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, Gunung Ciremai mempunyai ketinggian 3.078 mdpl, perlu diketahui juga Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Provonsi Jawa Barat.

Karena itu Gunung Ciremai adalah salah satu gunung favorit bagi para pendaki, berikut 4 jalur pendakian yang ada di Gunung Ciremai:

1. Jalur Linggarjati

Jalur pendakian ke puncak Gunung Ciremai melalui Jalur Linggarjati adalah jalur yang paling diminati bagi kalangan pendaki, Jalur Linggarjati mempunyai jalur yang dari awal pendakian akan menguras tenaga lalu jalur ini juga hanya mempunyai sumber air yang berada di Pos 7 itupun hanya kubangan sungai kecil jadi setiap pendaki yang akan melalui Jalur Linggarjati untuk mencapai puncak Gunung Ciremai harus mempersiapkan mental serta fisik secara tepat, karena pendaki akan membawa bekal yang cukup, terutama air.

Secara sekilas Jalur Linggarjati ini memiliki keadaan dengan jalur pendakian ke puncak Gunung Slamet melalui Jalur Guci. Estimasi waktu pendakian menuju puncak Gunung Ciremai jika melakukan pendakian lewat Jalur Linggarjati adalah sekitar 7-9 jam.

2. Jalur Apuy

Jalur Apuy berada di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, jika pendaki melakukan pendakian ke puncak Gunung Ciremai melalui Jalur Apuy, maka pendaki akan menemui jalur pendakian yang mana jalur ini merupakan jalur pertemuan dengan Jalur Palutungan, pertemuan kedua jalur ini biasanya disebut dengan Simpang Ayu.

Jika para pendaki melalui Jalur Apuy untuk menuju puncak Gunung Ciremai maka dibutuhkan estimasi waktu sekitar 6-8 jam untuk mencapai puncak Gunung Ciremai.

3. Jalur Palutungan

Jalur pendakian ini adalah salah satu jalur pendakian ke puncak Gunung Ciremai yang terkenal karena di daerah Jalur Palutungan terdapat banyak obyek wisata, salah satu obyek wisata yang terkenal di daerah Jalur Palutungan adalah air terjun yaitu Curug Putri dan landung.

Jika pendaki akan mendaki ke puncak Gunung Ciremai melalui Jalur Palutungan membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam. Jalur Palutungan mempunyai 8 pos pendakian.

4. Jalur Linggasana

Jalur Linggasana termasuk jalur pendakian yang baru untuk mendaki ke puncak Gunung Ciremai. Jalur Linggasana terletak tidak jauh dari Jalur Linggarjati.

Dibutuhkan waktu sekitar 7-9 jam pendakian.

Itulah 4 jalur pendakian yang bisa dicoba bagi para pendaki untuk mendaki ke puncak Gunung Ciremai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak