Rizky Melinda Sari
Rizky Melinda Sari
Ilustrasi ruang kelas (pexels)

Masa remaja merupakan masa yang tidak mudah untuk dilupakan oleh sebagian besar orang, terkhusus masa-masa di Sekolah Menengah Atas atau SMA. Namun, karena adanya pandemi beberapa tahun terakhir ini, menyebabkan beberapa remaja atau anak sekolah tidak bisa merasakan pahit manisnya kehidupan SMA. Untuk kamu yang rindu masa-masa SMA atau yang belum sempat merasakan serunya masa SMA, salah satu cara untuk mengobati rindunya adalah dengan membaca buku-buku dengan tema anak sekolahan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca dengan tema anak SMA.

1. Hi-Fi - Bayu Permana

Novel terbitan Penerbit Clover ini merupakan salah satu rekomendasi yang cocok untuk kamu yang merindukan masa SMA. Selain ceritanya yang relate dan sangat remaja, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi manis yang membuat pembaca semakin hanyut pada ceritanya. 

Bercerita tentang Stefi dan Dimas, murid SMA yang awalnya berkonflik karena Stefi yang terus-terusan memakai wi-fi milik Dimas tanpa sepengetahuan Dimas. Interaksi keduanya yang polos akan membuat pembaca merasa gemas!

2. Bukan Dylan - Naya A.

Novel dengan cover hijau mint ini mengisahkan tentang dua orang murid SMA tingkat akhir yang harus menghadapi pusingnya ujian masuk perguruan tinggi yang semakin dekat serta permasalahan lainnya yang sangat khas remaja.

Menggunakan bahasa santai dan tidak kaku, serta alur yang tidak terlalu rumit tetapi tetap menarik, buku ini sangat cocok dibaca sebagai bentuk refreshing sebelum ujian atau saat-saat santai.

3. Arial dan Adara - Hellobagas

Salah satu karya pemilik akun instagram @hellobagas ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang merindukan bacaan dengan tema anak SMA. Tampilan cover yang manis ini ternyata tidak semanis kisah di dalamnya.

Tidak hanya bercerita tentang permasalahan seputar anak SMA yang kebanyakan melibatkan rasa suka dan friendzone serta dari musuh berakhir pacar, kisah dalam novel ini sarat akan makna kehidupan. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari tokoh Arial.

4. Gustira - Katakokoh

Rekomendasi novel berikutnya, yakni karya salah satu penulis laki-laki Indonesia berujudul Gustira. Novel satu ini juga mampu mengembalikan kenangan semasa duduk di bangku SMA, lho. Berlatar di Bandung, kota yang kata sebagian orang romantis, kisah ini dimulai.

Interaksi antara Gusti dan Ira, dua tokoh utama dalam kisah ini, benar-benar lucu dan menggemaskan. Tingkah keduanya sangat khas remaja. Namun, sepertinya kamu harus menyiapkan hati untuk membaca bab-bab menjelang ending dari novel ini.

Itulah empat rekomendasi novel dengan tema anak SMA atau sekolah yang dapat mengobati rasa rindumu pada kehidupan SMA. Selamat membaca dan menyelami kembali masa-masa indah di sekolah.

Komentar