facebook

Mengenal 5 Filum Kingdom Animalia Pada Serial Spongebob Squarepants

Fahmi Nurdian Syah
Mengenal 5 Filum Kingdom Animalia Pada Serial Spongebob Squarepants
Ilustrasi Serial Animasi Spongebob Squarepants (twitter/spongebob)

Spongebob Squarepants merupakan sebuah serial yang diciptakan oleh Stephen hillenburg.Hillenburg mulanya mengemban pendidikan biologi kelautan. Setelah lulus, hillenburg sempat menjadi seorang guru biologi kelautan, kemudian ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di California Institute of the Arts, mengambil jurusan animasi. Hillenburg sangat mencintai kehidupan di laut, jadi tidak heran jika serial Spongebob ini berada di dasar laut.

Pada kali ini, saya akan membahas 5 karakter pada serial Spongebob Squarepants dari segi filum kingdom animalia.

 1. Porifera

Kata porifera berasal dari bahasa Latin yaitu porus (pori) dan fer (membawa). Porifera ini merupakan hewan multi seluler atau bersel banyak yang paling sederhana, dikarenakan pada hewan ini belum mempunyai organ tubuh yang khusus, seperti kepala, mulut, dan anggota tubuh lainnya. 

Hewan pada filum porifera ini mempunyai pori-pori yang berfungsi untuk menangkap makanan berupa plankton atau bakteri. Jadi meskipun porifera ini tidak mempunyai mulut, namun dia masih bisa untuk mendapatkan makanannya.

Dalam serial animasi Spongebob, hewan inilah yang menjadi tokoh utamanya. Dalam filum porifera terbagi menjadi tiga kelas; yakni Calcarea, Hexactinellida, dan Demospongiae. Porifera merupakan hewan yang harus dijaga keberadaannya lantaran menjadi hewan yang menyusun terumbu karang. Terumbu karang sangat penting bagi keseimbangan di dasar laut.

 2. Ubur-ubur

Ubur-ubur merupakan hewan yang masuk ke dalam filum Coelenterata. Coelenterata sendiri berasal dari Bahasa Yunani “coelom” yang berarti berongga dan “enteron” yang berarti perut. Jadi, Coelenterata merupakan hewan dengan rongga pada tubuh. Mulut hewan ini dikelilingi dengan tentakel yang memiliki sel penyengat. Di dalam tentakelnya terdapat kapsul knidoblas yang di dalamnya terdapat sel nematokis. Sel penyengat ini berfungsi sebagai bentuk pertahanan diri jika ubur-ubur merasa terancam dengan keberadaan hewan lain atau bahkan manusia.

3. Squidward

Squidward merupakan seekor gurita. Gurita adalah hewan yang masuk ke dalam filum mollusca yang merupakan hewan dengan tubuh yang lunak. Mollusca ada yang mempunyai cangkang dan ada yang tidak mempunyai cangkang. Mollusca termasuk hewan yang tidak memilki tulang belakang.

Filum mollusca terbagi menjadi lima kelas yaitu Amphineura, Gastropoda, Cephalopoda, Scaphopoda, dan Pelecypoda. Gary si siput laut peliharaan Spongebob dan Squidward itu masih satu kerabat, Gary si siput laut tergolong ke dalam kelas Gastropoda. Hewan pada kelas ini bergerak menggunakan perut dan mempunyai cangkang sebagai pelindung. Sedangkan Squidward tergolong ke dalam kelas Cephalopoda. Hewan yang termasuk di dalam kelas ini memiliki kaki yang berada di kepalanya.

4. Tuan krab

Tuan Krab tergolong ke dalam filum arthropoda. Arthropoda adalah hewan yang memiliki tubuh serta kaki yang beruas-ruas. Arthropoda ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di laut. Alat pernapasannya pun berbeda, arthropoda yang hidup di darat bernapas menggunakan paru-paru buku atau permukaan kulit. Sedangkan yang hidup di laut bernapas menggunakan insang.

Tuan Krab ini termasuk ke dalam filum arthropoda dengan kelas Crustacea. Pada kelas ini anggota tubuhnya terdiri dari sefalotoraks dan abdomen. Mempunyai sepasang kaki di setiap ruas eksoskeleton. Contohnya seperti udang windu dan kepiting. Selain Crustacea, di dalam Filum arthropoda terdapat kelas yang lain. Seperti Arachnoida, Myriapoda, dan Insecta.

5. Patrick

Sahabat Spongebob yang satu ini masuk ke dalam kelas Asteroidea pada Filum Echinodermata, iya dia adalah Patrick si bintang laut berwarna merah muda. Asteroidea merupakan hewan dengan permukaan tubuhnya yang memiliki duri-duri pendek dan kaki yang berbentuk seperti tabung. Tubuhnya berbentuk simetri radial pentameral atau terbagi lima.

Selain kelas Asteroidea, di dalam filum Echinodermata terdapat kelas yang lain yaitu seperti kelas Ophiuroidea, kelas Echinoidea, kelas Crinoidea, dan kelas Holothuroidea. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak