facebook

Seorang Netizen Ungkap Alasan Idol SM Entertainment Memperbarui Kontrak Mereka

Intan NI
Seorang Netizen Ungkap Alasan Idol SM Entertainment Memperbarui Kontrak Mereka
SNSD, idol K-Pop asal SM Entertainment. (Allkpop/Twitter.com/GirlsGeneration)

Dalam industri musik K-Pop, para idol dibentuk oleh perusahaan hiburan sebagai agensi di balik perencanaan, training, hingga debut sebuah grup. Setelah itu, terserah pada grup dan masing-masing anggota untuk bekerja keras dalam membangun nama atau branding diri mereka sendiri serta mendapatkan popularitas. Hal ini juga turut diterapkan oleh salah satu agensi dunia hiburan terbesar di Korea Selatan, yakni SM Entertainment.

Biasanya, para idol K-Pop ini dikontrak selama tujuh tahun oleh agensi yang menaungi karier musik mereka dan dibiarkan untuk membuat keputusan dalam hal memperbarui kontrak dengan agensi tempat mereka debut atau justru mencari agensi lain yang menawarkan kesepakatan lebih baik.

Allkpop melansir pada Rabu (11/05/22), seorang netizen memulai diskusi di Nate Pann baru-baru ini. Nate Pann sendiri merupakan komunitas online Korea yang populer di sana. Netizen tersebut membagikan sejumlah alasan mengapa para idol asal SM Entertainment selalu memperbarui kontrak mereka.

Menurutnya, agensi SM Entertainment adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang mengizinkan dan mendukung artis untuk kepentingan berbagai karier mereka.

“Girl’s Generation misalnya. Para anggota memiliki banyak kasih sayang terhadap grup, tetapi ingin pergi ke perusahaan lain dan mereka membiarkannya. (SM) juga membiarkan mereka menyebut anggota lain dan tidak menghentikan mereka untuk melanjutkan aktivitas grup. Meskipun jangka waktunya panjang, para anggota tampil di program hiburan bersama dan melakukan segalanya bersama. Contohnya, tampil di ‘You Quiz’ bersama,” kata netizen itu dikutip dari Allkpop.

“Yoona atau Yuri dari SM, fokus menjadi aktris dan SM mengakuisisi Keyeast Entertainment yang merupakan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mengelola aktor, jadi (SM) mendukung mereka sepenuhnya jika mereka ingin berakting,” sambungnya.

Selain itu, netizen juga menyebutkan bagaimana SM Entertainment juga memberikan dukungan penuh kepada artis yang ingin fokus tampil di program hiburan dan variety show seperti Heechul dan Shindong ‘Super Junior’.

“Idol yang debut juga dapat berpromosi sebagai artis solo jika mereka ingin seperti BoA, Taeyeon, Taemin, Baekhyun, Hyoyeon, Joy, Kai, Suho, dan lainnya,” tutur netizen.

Dengan demikian, menurut netizen yang menulis postingan tersebut, para idol dari SM Entertainment diberikan lebih banyak kesempatan untuk mencoba berbagai bidang di industri hiburan serta diberikan dukungan penuh oleh perusahaan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak