facebook

Merasa Cemas dengan Finansial? Ini 3 Cara Menangani Money Anxiety

Intan NI
Merasa Cemas dengan Finansial? Ini 3 Cara Menangani Money Anxiety
Ilustrasi kecemasan finansial. (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Berbagai jenis kecemasan mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya. Namun, apakah kamu tahu bahwa ada yang namanya ‘money anxiety’ atau kecemasan finansial? Masalah uang dan keuangan bisa menyebabkan seseorang stres yang berkelanjutkan. Kecemasan ini akhirnya dapat berdampak negatif pada kualitas hidup seseorang.

Oleh karena itu yuk, simak hal-hal yang perlu diketahui tentang jenis kecemasan satu ini dirangkum dari Healthline pada Jumat (20/5/22) berikut ini.

Tanda-tanda

Menurut Healthline, money anxiety pada dasarnya terjadi ketika seseorang khawatir tentang penghasilan atau takut sesuatu yang buruk bisa terjadi dengan keuangan mereka. Dengan kata lain, ini adalah suatu respons emosional terhadap situasi keuangan seseorang.

Akan tetapi, money anxiety tidak berarti seseorang tidak memiliki uang sama sekali. Meskipun punya penghasilan yang sangat cukup, seseorang yang mengalami kecemasan ini masih merasa khawatir tentang biaya hidup atau khawatir akan kehilangan semua tabungannya karena tagihan medis yang tidak terduga atau pengeluaran besar lainnya.

Cara Menangani Money Anxiety

Ketika kamu memiliki kekhawatiran terhadap uang secara terus menerus, insting yang pertama keluar mungkin akan mengarahkan seseorang untuk mendorong pikiran itu dan mengabaikan masalah tersebut. Perlu diingat, bahwa cara ini tidak membuat ketakutan yang dirasakan hilang begitu saja. Oleh karena itu, ada beberapa strategi yang dapat membantu seseorang mengatasi kecemasan dan masalah keuangan mendasar yang dapat memicunya.

1. Tenangkan Diri

Jika kamu merasa sulit untuk fokus, cobalah untuk mengambil waktu istirahat selama sekitar 10 menit untuk menenangkan diri sekaligus meningkatkan suasana hati saat mengalami kecemasan terhadap uang. Misalnya, mendengarkan musik atau mencoba beberapa latihan pernapasan. Setelah suasana hati lebih stabil dan bisa fokus, akan lebih mudah untuk memikirkan soal laporan keuangan dengan pikiran yang lebih jernih.

2. Cari Dukungan Sosial

Banyak orang menyembunyikan masalah keuangan karena mereka merasa malu atau menyalahkan diri sendiri atas situasi tersebut. Tetapi, banyak orang yang memiliki masalah dengan uang justru seringkali bukan karena kesalahan diri sendiri. Ingatlah bahwa siapa pun dapat mengalami money anxiety meskipun ia adalah seseorang yang kaya raya.

Masalah dalam bentuk apa pun cenderung tidak terlalu menakutkan ketika menghadapinya sebagai sebuah kelompok. Maka dari itu, cobalah untuk mencari dukungan sosial dari teman dan orang-orang yang dicintai. Ini akan memberi kamu kesempatan untuk melampiaskan ketakutan yang dialami dan menerima bantuan dari orang lain.

3. Tetapkan Budget

Budget atau anggaran dapat membantu seseorang merencanakan kemana uang tersebut akan dikeluarkan setiap bulannya. Kamu dapat menetapkan batas tegas untuk setiap pengeluaran tanpa menghabiskan terlalu banyak uang secara berlebihan. Menurut sebuah studi tahun 2022, perencanaan adalah strategi paling efektif yang digunakan pekerja untuk mengurangi stress terkait uang.

Pilihan terakhir, kamu dapat pergi untuk meminta bantuan ke tenaga profesional jika money anxiety sudah tidak bisa dikendalikan oleh diri sendiri. Jangan takut untuk berkonsultasi dengan ahlinya untuk kehidupan yang lebih baik ya.

Nah itulah cara menangani money anxiety. Segera terapkan jika sudah merasakan gejalanya ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak