alexametrics

Takut Kolesterol? Ini 3 Tips Sehat Konsumsi Seafood

Hayuning Ratri
Takut Kolesterol? Ini 3 Tips Sehat Konsumsi Seafood
Ilustrasi seafood (Pixabay/ShenXin)

Anda tetap dapat mengonsumsi seafood secara aman dan sehat dengan memperhatikan beberapa catatan berikut ini.

Suara.com - Banyak orang menghindari seafood karena beberapa seafood mengandung kolesterol yang tinggi. Meski demikian, seafood adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, Anda tetap dapat mengonsumsi seafood dengan memperhatikan beberapa catatan berikut ini.

Inilah ketiga tips untuk mengonsumsi seafood secara aman dan sehat, mengutip dari Hellosehat.

1. Memilih teknik memasak yang menyehatkan

Seafood dapat diolah melalui beragam cara, namun tak semuanya menyehatkan. Salah satu cara yang sebaiknya dihindari adalah teknik menggoreng. Teknik tersebut dapat membuat lemak trans menumpuk dalam tubuh. Kadar lemak trans yang tinggi dapat memicu penyakit kolesterol.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengolah seafood secara sehat diantaranya memanggang, merebus, mengukus, atau menumis dengan minyak yang sedikit. Melalui teknik tersebut, beberapa pilihan menu yang dapat dicoba diantaranya kerang rebus, pepes ikan, dan udang panggang.

Selain itu, untuk teknik memanggang, pastikan agar alat masak yang digunakan dapat membuat lemak dari makanan dapat menetes, sehingga tidak mengendap di bawah daging seafood.

2. Memperkaya rasa dengan rempah-rempah

Beragam rempah dan bumbu dapat memperkaya cita rasa dari masakan seafood. Beberapa jenis rempah dipercaya mampu menurunkan kolesterol. Contohnya bawang putih yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Bawang putih juga mengandung zat anti-radang dan anti-bakteri yang baik bagi tubuh.

3. Menambahkan makanan berserat

Kandungan serat mampu untuk menurunkan kolesterol dengan cara mengikat asam dalam organ empedu. Oleh sebab itu, disarankan untuk menambahkan makanan berserat seperti sayuran dan kacang-kacangan sebagai pendamping masakan seafood.

Selain itu, tahu dan tempe juga dapat menjadi satu pilihan yang tepat sebagai pendamping hidangan seafood. Pasalnya, tahu dan tempe mengandung protein dari kacang kedelai yang bermanfaat membuat kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh menurun, sehingga mencegah penyakit jantung koroner.

Nah, itulah beberapa tips aman dan sehat yang dapat diterapkan saat mengonsumsi hidangan seafood agar tak khawatir kolesterol melejit. Semoga bermanfaat ya.